TUNAIKU.COM – Memilih jurusan kuliah bisa dibilang adalah salah satu keputusan terbesar dalam hidup. Karena, pada fase inilah kamu membentuk pilihan karir dan kesuksesan hidupmu. Makanya sebisa mungkin jangan anggap enteng mau kuliah apa.

Ngomong-ngomong, apa sih alasanmu saat milih jurusan kuliah? Apakah sudah jadi cita-cita sedari kecil atau terinspirasi satu tokoh tertentu?

Yup, enggak ada salahnya kok milih jurusan kuliah dengan alasan ini. Karena toh sudah terbukti kan kesuksesan mereka? Asal kamu juga terinspirasi dengan kerja keras mereka, pasti bisa deh sama suksesnya! Oleh karena itu, kali ini mari kita mengenal jurusan kuliah yang ditempuh 5 tokoh sukses di Indonesia. Semoga kamu terinspirasi!

 

1. Presiden Indonesia ke-16, Joko Widodo

Presiden Jokowi dulunya berkuliah di Fakultas Kehutanan Jurusan Teknologi Kayu, Universitas Gadjah Mada (UGM) Indonesia. Ketertarikannya dengan dunia perkayuan semakin ia asah dengan dengan menimba ilmu selama menjadi karyawan di PT Kertas Kraft Aceh.

Dari sinilah kelak beliau memulai bisnis di dunia furnitur, CV Rakabu yang ia geluti selama belasan tahun. Kesuksesannya sebagai pengusaha inilah yang menjadi pintu pertamanya memasuki dunia politik.

 

Artikel terkait: Jurusan kuliah yang berpotensi gaji tinggi!

  1. 10 Jurusan Kuliah Sepi Peminat yang Lulusannya Bergaji Besar
  2. 10 Jurusan Kuliah dengan Lulusan Bergaji Tertinggi
  3. 9 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Gampang Cari Kerja

 

2. Bapak Teknologi, BJ Habibie

BJ Habibie menunjukkan cintanya di dunia teknologi dirgantara dengan mengambil jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik ITB. Selang setahun, ia memutuskan terbang ke Aachen, Jerman untuk menjadi mahasiswa Studi Teknik Penerbangan dengan spesialisasi Konstruksi Pesawat Terbang di  RWTH Aachen University. Sepuluh tahun kemudian, Ia lulus sebagai doktor ingineur dengan predikat summa cumlaude!

Tahun 1965, Habibie memulai karirnya di Messerschmitt-Bölkow-Blohm, perusahaan penerbangan di Hamburg, Jerman hingga mencapai puncak karier sebagai  Direktur Teknologi. Pada tahun 1978, beliau akhirnya resmi pulang ke tanah air untuk menuntaskan janjinya pada Ibu Pertiwi membangun negeri.

 

3. Menteri Ekonomi RI, Sri Mulyani

Sri Mulyani memilih mengenyam pendidikan di Fakultas Ekonomi UI jurusan ISP (Ilmu Studi Pembangunan) Universitas Indonesia. Akhir tahun 1990, ia menamatkan pendidikan master sekaligus PhD di University of Illinois Urbana-Champaign (UI-UC) dengan spesialisasi “Public Finance dan Urban Economy.”

Prestasi Sri Mulyani tak berhenti di atas kertas. Reputasinya sebagai ekonom sekaligus negarawan begitu cemerlang, hingga mencuri perhatian dunia. Terbukti, pada 1 Juni 2010, Bank Dunia resmi meminang Sri Mulyani untuk menduduki kursi Managing Director yang kemudian membawa namanya dalam jajaran 100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia.

 

4. Martha Tilaar

Sariayu Martha Tilaar. Siapa yang enggak kenal brand ini? Di baliknya ada sosok Martha Handana dengan kisahnya yang begitu inspiratif! Ketertarikan Martha dengan dunia kecantikan dan kosmetik semasa ia remaja memotivasinya untuk mengambil pendidikan di Academy of Beauty Culture, Indiana, Amerika Serikat. Tak berhenti di situ, awal 1970an, ia kembali menggali passion-nya ini dengan mempelajari ilmu meramu kosmetik langsung ke pabrik-pabriknya di Eropa, Yves Rocher di Prancis, Mary Quant di Inggris, dan Hartleben di Jerman Barat.

Pada 22 Desember 1981, ia mendirikan pabrik kosmetik PT Sari Ayu, Martha Kosmetika Indonesia. Pada 1984, berkat kiprahnya ini, Martha memperoleh Doktor Kehormatan di bidang Fashion Artistry dari The World University Tucson, Arizona, Amerika Serikat. Dan pada 2008, Martha terpilih sebagai Most Admire Enterprise di ASEAN. Hingga saat ini, Sari Ayu Martha Tilaar menjadi brand kosmetik legendaris Indonesia dengan kualitas dunia!

 

Artikel terkait: Oh, dunia kerja yang menantang

  1. Ini Dia 5 Sektor Industri yang Diprediksi Bakal Populer di Tahun 2017 Menurut Para Jobseeker!
  2. 5 Tipe Orang yang Pasti Bisa Sukses di Dunia Modern
  3. Adaptasi di Lingkungan Kerja Memang Tantangan bagi Para Fresh Graduate, tapi Ini Hanya Masalah Waktu, Kok!

 

5. Chef Ari Munandar

Untuk nama yang satu ini mungkin kamu tak terlalu sering mendengar. Lain halnya di kalangan kuliner dunia, nama Ari Munandar sudah sangat dikenal sebagai satu-satunya Executive Chef dari Asia di Eropa. Kepiawaian Pria kelahiran Purwokerto, Jawa Tengah ini di dunia kuliner, bersumber dari sang Ibu yang dulunya adalah pemilik usaha katering. Ia kemudian memilih jurusan yang tak jauh-jauh dari dunia kuliner, pilihannya jatuh di Sekolat Tinggi Pariwisata Bandung, Jurusan Hospitaliti.

Selepas kuliah, Ari sempat magang selama 1 tahun di Hotel Hilton di London dan berlanjut dengan menjadi koki di Sun City, Afrika Selatan. Dan, sejak 2006 hingga kini Ari menjadi  Executive Chef Hilton Prague Old Town, Praha.

Hm, setelah dilihat-lihat, tokoh-tokoh sukses jurusan kuliahnya enggak melulu jurusan ‘favorit’ ya, Kawan Tunaiku? Nah, ini berarti sebenarnya kamu pun bisa sukses jika mengikuti passion dan bakatmu! Tentunya harus diikuti dengan kerja keras dan ketekunan luar biasa.

Jadi, gimana? Sudah menentukan mau kuliah apa?

 

Ada keperluan mendadak dan butuh pinjaman tunai yang cepat dan mudah? Ajukan ke Tunaiku saja, Kawan Tunaiku!