Beranda > Karier Sukses > Ini Tips Sukses Beradaptasi di Tempat Kerja Baru Bagi Anak Rantau

Ini Tips Sukses Beradaptasi di Tempat Kerja Baru Bagi Anak Rantau

RISANG PRATAMARisang Pratama
Ini Tips Sukses Beradaptasi di Tempat Kerja Baru Bagi Anak Rantauwatermark

TUNAIKU.COM – Kerja paling nyaman, mungkin memang di kampung halaman sendiri. Sayangnya, ada kalanya kota tempat kamu tumbuh nggak memberikan banyak pilihan karier. Makanya, nggak sedikit teman saya yang memutuskan untuk merantau, demi mendapatkan pekerjaan dambaan.

 

Nggak perlu segan untuk bekerja di daerah lain. Soalnya, merantau mengajarkan kamu banyak hal. Nggak menutup kemungkinan, pasti ada saja tantangan yang bakal kamu temui. Ini mulai dari perbedaan karakter masyarakat, budaya, hingga hal remeh seperti mencari kosan dan tempat makan.

 

Itu belum soal homesick perasaan kangen rumah. Nggak jarang, hal-hal tadi jadi sumber stres yang menjegal produktivitas di tempat kerja.

 

Nah, biar survive di tanah rantau, mau nggak mau kamu mesti beradaptasi dengan hal-hal di atas. Belum lagi, soal lingkungan kantor yang mungkin penuh tekanan. Yuk, simak beberapa tips sukses beradaptasi di tempat kerja baru bagi anak rantau.

 

Artikel Terkait: Tips agar Kamu Semangat dan Sukses Mengejar Karier

  1. 6 Nasihat Karier Ambisius Tingkat Medium yang Harus Diketahui Usia 23 Zaman Seka…
  2. Hindari Kebiasaan Buruk yang Bisa Menunda Kesuksesan Berdasarkan Golongan Darahm…
  3. 7 Sosok Sukses di Bawah 30 Tahun dengan Profil LinkedIn yang Paling Banyak Dilir…

 

1. Sebelum hari pertama kerja, pastikan kamu menghafal rute menuju kantor

Di awal kerja, ada baiknya kamu nggak terlalu pusing memilih kos untuk tempat tinggal. Seadanya saja dulu. Toh, nanti kamu bisa mencari tempat lain kalau sudah bisa beradaptasi. Fokuskan energimu untuk mepersiapkan diri di tempat kerja. Salah satunya, dengan menghafal rute menuju kantor, plus tingkat kepadatannya. Pastikan juga, kamu nggak terlambat di hari pertama kerja.

 

2. Prioritaskan untuk mempelajari seluk-beluk pekerjaanmu

Perhatikan dan pelajari seluk beluk pekerjaan di hari pertama. Bagaimana job desc-mu digarap dan diselesaikan?

 

Sebelum mulai bersosialisasi dengan rekan kerja, ada baiknya prioritaskan waktumu untuk mengerjakan tugas yang masih asing. Jangan terbalik, ya. Soalnya, kamu pasti diawasi oleh atasan dan rekan setim.

 

Untuk memberikan kesan yang baik, fokuslah untuk menyelesaikan tugas semaksimal mungkin. Soal adaptasi dengan lingkungan, bisa dipikirkan belakangan.

 

3. Tetap tenang, amati budaya dan alur kerja perusahaan

Sebagai anak baru, kamu mungkin sangat antusias dengan kantor. Namun, sebaiknya tahan sedikit semangatmu yang menggebu-gebu dan tetaplah tenang. Soalnya, salah-salah kamu malah dicap lebay.

 

Jadilah pengamat dan perhatikan alur kerja dan budaya yang ada di kantor. Misalnya, bagaimana cara karyawan saling berinteraksi satu sama lain, termasuk dengan atasan atau bawahan.

 

4. Jalin pertemanan dengan warga kantor

Jangan malu untuk menyapa dan menjalin pertemanan dengan seluruh warga kantor. Ini mulai dari rekan kerja, atasan, hingga OB dan petugas parkir. Kalau rekan-rekanmu mengajak makan siang, terima saja. Bercengkerama dengan mereka adalah salah satu kesempatan berharga untuk mencari teman serta mengenal kantor dan lingkungan sekitar.

 

Dari mereka, kamu mungkin nggak cuma memperoleh informasi terkait budaya perusahaan, tapi juga info seputar kos-kosan yang lebih baik, tempat makan yang enak, maupun kultur masyarakat di kota yang baru. Dengan informasi di atas, tentu kamu bakal lebih gampang beradaptasi, deh.

 

Artikel Terkait: Biar Sukses Saat Wawancara Kerja

  1. Kamu Orang Pemalu? Ini Tips Sukses dan PD Jalani Wawancara Kerja
  2. Ingin Sukses Wawancara Kerja? Kenakan 3 Warna Pakaian Ini!
  3. 3 Cara Bikin Wawancara Kerjamu Lebih Berkesan di Mata Perekrut

 

5. Temukan teman sesama perantau dari kota asalmu

Awal-awal di tanah perantauan, kamu pasti bakal merasakan homesick. Perasaan kangen sama masakan Ibu dan ingin pulang itu hal yang wajar, sih. Untuk mengobatinya, kamu bisa mencoba mencari teman atau komunitas yang sama-sama berasal dari kampung halaman. Lewat kopi darat dan ngobrol bareng, mungkin saja perasaan kangen akan rumah bisa tersalurkan.

 

Berkarier di tempat yang asing memang memaksa kamu membuang zona nyaman. Namun, bukankah rezeki memang harus dikejar?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp 2-15 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-15 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

pinjaman tanpa agunan

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett