Beranda > Karier Sukses > Ini Dia Rekomendasi Kampus Art & Design Terbaik di Dunia

Ini Dia Rekomendasi Kampus Art & Design Terbaik di Dunia

TUNAIKU
Ini Dia Rekomendasi Kampus Art & Design Terbaik di Duniawatermark

TUNAIKU.COM-Walaupun kampus art & design terbaik di dunia belum dicapai Indonesia, tetapi kita tetap harus bangga. Soalnya Fakultas Seni Rupa dan Desain dari ITB telah masuk rangking 51—100 di Asia. Saya sangat menyukai dunia seni. Jadinya, cita-cita sebagai desainer pun sudah ada sejak kecil. Berdasarkan data peringkat teratas di dunia, inilah kampus yang masuk lima besar.

 

Artikel terkait: pilihan jurusan kuliah dengan gaji tinggi

  1. 7 Jurusan Kuliah dengan Potensi Gaji Besar tapi Sepi Peminat
  2. 10 Jurusan Kuliah Sepi Peminat yang Lulusannya Bergaji Besar
  3. 10 Jurusan Kuliah dengan Lulusan Bergaji Tertinggi

 

Royal College of Art di Inggris

Meskipun kampus terbaik untuk jurusan art & design didominasi oleh Amerika Serikat, saat ini yang nomor satu tetap Inggris. Kiprah perguruan tinggi ini sudah dimulai sejak tahun 1837. Cukup lama, ya? Program yang ditawarkan meliputi MA, M. Phil, dan PhD. Sedangkan jurusannya cukup banyak yang bisa kamu pilih.

 

Mulai dari arsitektur, keramik dan kaca, produk desain, mode pakaian pria, fotografi, dan lain-lain. Syarat pertama yang harus kamu penuhi adalah lolos seleksi berdasarkan kemampuan berbahasa Inggris lewat IELTS. Biaya kuliah per tahun kira-kira EUR30 ribu. Sedangkan biaya hidup dan sewa akomodasinya kira-kira EUR20 ribu.

 

Massachusetts Institute of Technology di Amerika Serikat

Sebagai peringkat kedua untuk kampus dengan jurusan art & design terbaik di dunia, sejarah perguruan tinggi ini sudah dimulai sejak lama, yakni di tahun 1865. Jurusan yang bisa kamu pilih di sana meliputi arsitektur, desain produk, fotografi, multimedia, dan lain-lain. Di MIT ada enam akademi yang bisa kamu tempati tanpa harus menyewa tempat tinggal.

 

Setiap mahasiswa yang menempuh pendidikan di MIT seakan-akan merasa di rumah sendiri. Hal itu disebabkan fasilitas di sana sangat lengkap. Orang-orangnya juga sangat ramah. Kalau dari Indonesia sendiri belum banyak yang mengambil jurusan ini di MIT. Untuk menempuh program pendidikan S1, kamu perlu biaya sekitar USD49 ribu.

 

Parsons School of Design at The New School di Amerika Serikat

Sejak awal, perguruan tinggi ini memang didedikasikan untuk seni dan desain. Kalau merujuk dari pengalaman para mahasiswanya, biaya kuliah kampus art & design terbaik di Parsons ini sekitar USD40 ribu. Untuk biaya hidup serta akomodasi per tahun kira-kira USD14 ribu. Memangnya apa saja jurusan yang disediakan di Parsons?

 

Totalnya cukup banyak. Sebut saja seni rupa, ilustrasi, studi lingkungan, fotografi, dan masih ada beberapa lagi. Perguruan tinggi ini sudah berjalan cukup lama, yakni mulai tahun 1896. Fokus penjurusan seni dan desain ada di lima sekolah. Mulai dari Sekolah Strategi Desain, Sekolah Mode, Sejarah Desain dan Teori, Sekolah Seni, dan di gedung lainnya.

 

Artikel terkait: kenali seluk-beluk STAN hingga prospek kerja selepas lulus

  1. Kenali Seluk-Beluk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)
  2. Ini Dia Jurusan yang Ada di STAN yang Wajib Kamu Tahu
  3. 8 Peluang untuk Bekerja di Kementerian dan Lembaga Bagi Lulusan STAN

 

Rhode Island School of Design di Amerika Serikat

Apabila meminati perguruan tinggi ini, minimal biaya yang kamu persiapkan sekitar USD40 ribu. Itu sudah termasuk biaya hidup dan akomodasi. Perguruan tinggi khusus seni ini sudah didirikan sejak tahun 1877. Setiap tahun hampir selalu meluluskan 2.000 lebih mahasiswa. Di Rhode Island School of Design terdapat macam-macam fokus jurusan seni & desain.

 

Mulai dari fotografi, seni pahat, seni logam dan perhiasan, desain grafis, seni kaca & keramik, dan masih banyak lagi. Sebagai peringkat empat dunia, tentu kita wajib memandang secara istimewa terhadap RISD ini. Di RISD, enggak hanya ada program S1 saja. Ada pula program pascasarjana dengan tingkat fasilitas yang lebih komplet.

 

Semua kampus art & design terbaik di atas memiliki standar kualifikasi berbeda. Misalnya RISD. Jadwal penerimaan mahasiswa baru dimulai sejak bulan November hingga Februari. Saat mendaftar, harus membayar biaya tes ACT atau SAT sebesar USD60. Persiapkan diri kamu mulai sekarang. Soalnya persaingan dari tahun ke tahun selalu tinggi.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett