Beranda > Karier Sukses > Ini 6 Perbedaan Pendidikan Tinggi College dan University di US, Wajib Baca!

Ini 6 Perbedaan Pendidikan Tinggi College dan University di US, Wajib Baca!

Artikel ini ditulis oleh:
Ini 6 Perbedaan Pendidikan Tinggi College dan University di US, Wajib Baca!watermark

TUNAIKU.COM – Mengenai perbedaan college di US dengan university bukanlah hal yang besar. Tapi kalau kamu mau menyesuaikan dengan kultur mereka, maka wajib terjun ke hal-hal kecil dan sederhana seperti ini. Biar waktu diajak ngobrol orang sana, kamu nyambung, gitu. Kira-kira apa yang membedakan kedua istilah ini? Coba simak hal-hal berikut ini.

 

Artikel terkait: Pilihan Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

  1. 5 Universitas Swasta di Yogyakarta dengan Akreditasi A
  2. 5 Universitas Swasta Terbaik di Jakarta dengan Akreditasi A
  3. 7 Universitas Terbaik dengan Jurusan Perhotelan di Indonesia

 

1. Perbedaan gengsi

Soal kualitas pada waktu belajar di college maupun university dikembalikan pada mahasiswa yang menempuhnya. Di Amerika Serikat terkenal sebagai negara kapitalis mutlak. Isinya 100% persaingan antara satu dengan yang lainnya. Tapi soal kesantunan, mereka tetap menjaga hubungan dengan baik. Termasuk ketika menyebut college maupun university.

Ada gengsi tersendiri ketika orang United States ini menyebut university. Soalnya pendidikan yang ditempuh oleh mahasiswanya cenderung khusus. Hanya kalangan tertentu yang bisa mencapainya. Sedangkan untuk college cenderung umum. Kalau di Indonesia agak mirip dengan penyebutan perguruan tinggi dengan universitas, institut, atau akademi.

 

2. College itu program, sedangkan University tempatnya

Ada pula penamaan college didasarkan pada program pendidikan. Tapi kalau di United States hanya terbatas oleh pendidikan S1 saja. Sedangkan untuk S2 hingga S3 memiliki istilah lainnya. Meskipun ada yang turun agar mendapatkan kesan umum dari masyarakat. Jadi memang enggak terlalu besar perbedaannya.

 

3. College itu fakultas, sedangkan University tempatnya

Beberapa perguruan tinggi terkenal, seperti Universitas Michigan memberikan kesan yang berbeda ketika menggunakan istilah college. Tujuannya agar seolah-olah college juga memiliki peranan khusus seperti university. Hanya karena istilah college sering digunakan. Di beberapa perguruan tinggi tersebut, college lebih dekat dengan nama fakultas.Misalnya untuk Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Literasi, dan lain-lain.

Pembahasan college dan university di US sangat problematis kalau dibahas secara mendalam. Kadangkala perbedaan makna kedua istilah tersebut disebabkan oleh para pendatang yang belum mengenal kultur United States. Kemudian membudaya.  

3

Mobile Site CTA

4. College nama gelar, sedangkan University tempatnya

Di beberapa negara serikat (US), seperti Inggris, Australia, maupun Kanada, college justru menjadi nama gelar. Bukannya kampus atau apa. Dengan kata lain, peristilahan college lebih spesial daripada university. Tapi keduanya bisa berjalan beriringan. Mirip dengan yang ada di Indonesia. Hanya saja penamaan gelar di Indonesia lebih banyak.

Di Inggris, menyebut university sama dengan ketika kita menyebut perguruan tinggi. Entah itu berupa institut, akademi, maupun yang bernama universitas secara langsung. Penamaannya sama-sama university. Di sana nggak ada gelar diploma. Tapi secara umum menyebut semua gelar itu dengan istilah college. Di US lain mungkin beda lagi.

 

5. Masa tempuh pendidikan College lebih pendek daripada University

Amerika Serikat juga membedakan college dan university dari lama pendidikan yang ditempuh. Umumnya di sana itu, seseorang yang belajar di college memiliki masa pendidikan selama 2 tahun. Sedangkan untuk university minimal 4 tahun. Mirip dengan perbedaan durasi akademi dan universitas di Indonesia.

 

Artikel terkait: Tips untuk Kuliah Pascasarjana di Universita Swasta

  1. Lanjut S2 Hukum di Universitas Swasta di Indonesia? Ini Rincian Biayanya
  2. Kuliah Sambil Kerja, Ini Program Pasca Sarjana Terbaik Plus Rincian Biayanya di Universitas Swasta
  3. Tips Mempersiapkan Gelar Master di Kampus Swasta Jakarta

 

6. Biaya belajar College disebut lebih murah daripada University

Masih bicara tentang Amerika Serikat. Soalnya pendidikan di Amerika Serikat sering menjadi acuan. University di Amerika Serikat memiliki kedudukan khusus sehingga segala yang ada di dalamnya punya keistimewaan. Sedangkan college yang umum-umum saja. Kalau university butuh biaya lebih dari 20.000 Dolar, sedang college di bawah 10 ribu. 

Kenapa college di US itu berbeda-beda? Tergantung kebijakan pemerintah atau kultur sana, sebetulnya. Masyarakat hanya mengekor, terutama para pendatang. Dulu saya juga sempat bingung dengan istilah itu. Tapi yang terpenting itu adalah fokus saja dengan pendidikan yang tengah kamu jalani. Orang di negara-negara US selalu memaklumi para pendatang kok.

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett