SWARA – Setelah menjalani ujian akhir, siswa SMA biasanya mulai mencari pilihan universitas. Terkadang bahkan pencarian itu dimulai jauh-jauh hari sebelum ujian akhir dimulai. Bagaimanapun, kehidupan kuliah bakal berpengaruh banget buat kariermu ke depan. Jadi, tentu kamu nggak boleh sembarangan memilih kampus.

 

Setiap orang pasti mau yang terbaik dan harganya terjangkau. Jadi, pilihannya jatuh pada universitas negeri. Selain dua alasan di atas, lulusan universitas negeri cukup dilirik oleh para perusahaan. Berikut adalah daftar universitas negeri terbaik di Surabaya yang bisa kamu jadikan pilihan.

 

Artikel Terkait: Persiapan Pendidikan

  1. Cermati 8 Risiko Asuransi Pendidikan Ini yang Jarang Diketahui
  2. Rencanakan Pendidikan Anak dengan Investasi Unit Link, Simak 4 Keunggulannya!
  3. Ini Dia 5 Jenis Investasi yang Tepat Untuk Biaya Pendidikan Anak

 

1. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Universitas ini berdiri pada 19 Desember 1964. UNESA, yang awalnya bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surabaya (IKIP Surabaya), saat ini memiliki 7 fakultas yang berada di dua lokasi. Pertama adalah yang terletak di kompleks Ketintang, yakni, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum. Sedangkan tiga fakultas lainnya terletak di Lidah Wetan, yakni, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Bahasa dan Seni. Biaya kuliah di UNESA mulai dari Rp500 ribu hingga Rp6 juta setiap semester. Alamatnya di Jalan Raya Kampus Unesa, Lidah Wetan, Lakarsantri.

 

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Visi awal ITS adalah untuk mendidik mahasiswanya di bidang sains dan teknologi. ITS memiliki tiga kampus yakni Kampus ITS Sukolilo, Kampus Manyar untuk program D-3 dan D-4 Teknik Sipil, serta Kampus ITS Cokroaminoto untuk Magister Manajemen dan Lembaga Kerja Sama.  Biaya kuliah di sini mulai dari Rp500ribu sampai Rp7,5 juta, tergantung kemampuan orang tua. Alamatnya di Jalan Raya ITS, Keputih, Sukolilo, Keputih, Sukolilo.

 

3. Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Airlangga (disingkat UNAIR) memiliki fakultas yang cukup lengkap yang bisa kamu pilih sesuai minat. Universitas ini berdiri pada 10 November 1954. Memiliki tiga kampus yang masing-masing beralamat di: Kampus A berada di Jl. Mayjen. Prof. Dr. Moestopo No. 47 Surabaya, Kampus B di Jl. Airlangga No. 4-6 Surabaya dan kampus C Mulyorejo, Surabaya. Kisaran kuliah di universitas ini mulai dari dari Rp500 ribu hingga belasan juta rupiah.

 

4. Universitas Trunojoyo (UNIJOYO)

Universitas ini terletak di Kabupaten Bangkalan (Madura). Universitas ini juga memiliki pilihan fakultas yang cukup lengkap dengan luas kampus 28,5 hektare yang terletak sekitar lima kilometer dari Pelabuhan Kamal Madura. Kampus ini menerapkan biaya kuliah yang terjangkau yakni mulai dari Rp500ribu hingga Rp3 juta.

 

5. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UIN Sunan Ampel)

Universitas ini menyelenggarakan pembelajaran ilmu-ilmu keislaman multidisiplin juga sains dan teknologi. Nama universitas ini sendiri diambil dari salah satu Walisongo, yang menyebarkan agama Islam di Indonesia. UIN Sunan Ampel terletak di Jalan Ahmad Yani No. 117, Jemur Wonosari dengan biaya kuliah Rp400 ribu – Rp2,9 juta.

 

6. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

Universitas ini menerapkan pendidikan vokasi yang mengkhususkan pengajaran di bidang teknik elektro. Keunggulannya di bidang robotika banyak dilirik karena sudah berhasil membuktikan diri dengan memenangkan Kontes Robot Indonesia selama 12 kali berturut-turut. PENS beralamat di Kampus ITS Sukolilo, Jalan Raya ITS, Surabaya. Uang kuliah di sini mulai dari Rp500 ribu sampai Rp8,5 juta per semester.

 

Artikel Terkait: Mengenal Surabaya

  1. Kuliah Sambil Kerja, Ini Rekomendasi Kelas Karyawan Terbaik di Surabaya
  2. 5 Resto Terfavorit untuk Venue Bridal Shower Murah di Surabaya
  3. Paket Pernikahan Murah di Surabaya Untuk 150 Undangan, Ini Rincian Biayanya!

 

7. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS)

Universitas ini mengkhususkan diri pada pendidikan vokasional perkapalan dengan pengutamaan marine manufacture. PPNS mengembangkan diri dengan menjalin kerja sama dengan banyak pihak. Contohnya di bidang produksi kapal kecil, desain, inspeksi, pengujian bahan DT&NDT, dan lainnya. PPNS berlokasi di Kampus ITS Sukolilo, Jl. Teknik Kimia, Keputih, Sulolilo. PPNS menerapkan biaya kuliah Rp500 ribu sampai Rp5 juta setiap semester.

 

Semoga informasi ini membantu, ya!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

1

 

Mobile Site CTA


KENNY CAROLINE   KENNY CAROLINE