Peminat jurusan kuliah double degree atau gelar ganda tampaknya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tapi tahukah kamu sebenarnya apa artinya double degree?

 

Apa Itu Kuliah Double Degree?

 

Kuliah double degree adalah program kuliah yang memungkinkan kamu untuk kuliah dengan dua jurusan. Program ini identik dengan kuliah di luar negeri, namun sebenarnya bisa juga dilakukan di Indonesia. 

 

Biasanya, program double degree memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk belajar di dua tempat, yaitu dalam dan luar negeri. Kamu bisa dapat dua gelar sekaligus setelah lulus.

 

Misalnya, jika mengikuti program double degree di Universitas Indonesia (UI), kamu akan lulus dengan gelar Master of Administrative Science (M.A.) serta Master of Public Policy and Management (MPPM) dari The University of Melbourne Australia. 

 

Kebanyakan program double degree yang diselenggarakan beberapa universitas Indonesia menyasar jenjang pendidikan pasca sarjana yang memiliki dasar ilmu yang sudah kuat.

 

Perbedan Kuliah Double Degree dan Program Lainnya

 

Kamu tentu mengenal program kuliah reguler, yakni 4 tahun masa kuliah untuk program sarjana dan 2 tahun masa kuliah untuk program pasca sarjana. 

 

Nah, kuliah reguler hanya memberikan satu gelar untuk setiap program studi misalnya Sarjana Ilmu Ekonomi untuk mahasiswa yang sudah menyelesaikan studi pada program Ilmu Ekonomi.

 

Di sisi lain, terdapat juga program dual degree yang mana mahasiswa diberikan gelar ganda untuk satu bidang ilmu yang sama di dua perguruan tinggi yang berbeda. 

 

Sementara itu, mereka yang mengambil program kuliah double degree pada program pascasarjana Ilmu Administrasi dan Manajemen dan Kebijakan Publik bisa mendapatkan dua gelar yakni Master of Administrative Science (M.A.) dan Master of Public Policy and Management (MPPM).

 

Jadi, dengan menjalani program double degree kamu bisa mempelajari dua bidang ilmu yang berbeda dalam satu program dan mendapatkan gelar ganda untuk masa kuliah yang sama dengan program reguler.

 

Rekomendasi Kuliah Double Degree di Universitas Indonesia

 

Kalau kamu tertarik untuk mengikuti program double degree dari universitas di Indonesia, berikut ini beberapa universitas yang bisa dijadikan pilihan:

 

1. Universitas Indonesia (UI)

 

Universitas Indonesia, terkhususnya Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), memiliki program double degree untuk jenjang pendidikan pascasarjana bekerja sama dengan beberapa universitas ternama di luar negeri.

 

Adapun, FIA menyediakan program double degree untuk prodi Public Policy and Management berkolaborasi dengan University of Melbourne, Australia dan prodi E-government berkolaborasi dengan Victoria University of Wellington, Selandia Baru.

 

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

 

Universitas Gadjah Mada termasuk perguruan tinggi yang menyediakan program kuliah double degree dari berbagai fakultas mulai dari hukum, ekonomi dan bisnis, teknik hingga Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA).

 

Salah satunya, UGM membuka program double degree berkolaborasi dengan Graduate School of Natural Science and Technology di bidang sains komputasi, Kanazawa University Jepang. 

 

Jadi mahasiswa yang lulus dari program ini berhak mendapatkan gelar Master of Science (M.Sc) dari UGM dan Master of Computational Science dari Kanazawa University Jepang.

 

Pinjaman Mudah Cicilan Ringan Modal KTP

 

3. Universitas Bina Nusantara (Binus)

 

Program double/joint degree di Binus melibatkan beberapa universitas ternama di berbagai negara seperti Australia, Selandia Baru, China, Jerman, Belanda, Inggris hingga Korea Selatan. 

 

Binus termasuk perguruan tinggi yang menyediakan program kuliah double degree untuk mahasiswa pada jenjang sarjana di mayoritas bidang studi bisnis dan manajemen. 

 

Jadi, jika kamu mengambil program double degree di bidang manajemen bisnis, kamu bisa mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi (S.E) dari Binus dan Bachelor of Commerce dari Macquarie University di Australia.

 

Artikel Terkait: Kiat-kiat Memilih Jurusan Kuliah

  1. 4 Kriteria Pilih Jurusan S2 di Luar Negeri
  2. 5 Tips Anti Bingung Memilih Jurusan Kuliah

 

Estimasi Biaya Kuliah Double Degree

 

Biaya kuliah double degree yang diklaim lebih mahal dibandingkan dengan biaya kuliah reguler. Selain karena biaya hidup dan biaya kuliah di luar negeri yang lebih mahal, biaya kuliah di dalam negerinya pun bisa jadi berbeda jauh dibandingkan dengan biaya kuliah reguler.

 

Sebagai contoh, seorang mahasiswa pascasarjana program double degree FIA Universitas Indonesia dengan masa studi 4 semester menghabiskan masa kuliah selama semester 1 dan semester 4 di Universitas Indonesia (UI). 

 

Kemudian, lanjut di semester 2 dan semester 3 di The University of Melbourne, Australia. Nah, untuk program seperti itu, estimasi biayanya adalah sebagai berikut:

 

Komponen

Biaya

Biaya Kuliah di UI

Uang Pangkal Rp30.000.000
Biaya Kuliah (semester 1 dan 4) Rp60.000.000

Biaya di Australia

Biaya Hidup Rp335.000.000
Biaya Kuliah (semester 2 dan 3) Rp396.000.000
Asuransi Kesehatan Rp6.300.000
Total Rp827.300.000

 

Nah, diatas adalah penjelasan serta estimasi biaya double degree yang bisa kamu pertimbangkan.

 

Apapun program yang kamu pilih kelak, ingatlah bahwa tujuan pendidikan itu untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan serta memperhalus perasaan