Beranda > Karier Sukses > 10 Langkah Sukses Membangun Bisnis di Usia 20-an Tahun

10 Langkah Sukses Membangun Bisnis di Usia 20-an Tahun

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
10 Langkah Sukses Membangun Bisnis di Usia 20-an Tahunwatermark

TUNAIKU.COM – Berbisnis kini menjadi salah satu ladang tempat mencari keuntungan yang paling banyak digandrungi masyarakat. Fleksibel dan kebebasan berkreasi menjadi salah satu penyebab orang tak ragu melakoni bisnis. Enggak hanya mereka yang sudah berusia dewasa, bisnis saat ini juga diminati oleh kaum muda yang memiliki mental kreatif dan percaya diri.
Apapun bisnis yang dilakoni, kamu pasti punya keinginan menjadi orang yang sukses di bidangnya. Melakoni bisnis di usia yang masih cukup muda, yakni sekitar 20 tahun, tentu menjadi tantangan tersendiri. Hal ini sangat wajar dan memang harus kamu hadapi. Jangan sekalipun berpikir untuk menyerah. Coba ikuti 10 langkah suksesnya di bawah ini.

 

Artikel terkait: Menerawang kesuksesanmu dengan cara-cara berikut!

  1. Ingin Prediksi Kehidupan di Masa Depan?Coba Jawab 5 Pertanyaan Ini!
  2. Perhatikan, Ini 5 Tanda Orang Sukses Menurut Bill Gates
  3. Apa Faktor Pendorong Kesuksesanmu? Yuk, Lihat Berdasarkan Bulan Kelahiran!

 

1. Awali semuanya dari mimpi

Jangan dikira mimpi itu hanya sekadar angan dan jauh dari kenyataan. Justru berawal dari mimpi ini lah, kamu bisa punya tujuan hidup. Mimpi juga bisa menjadi pemacu untuk mewujudkan apa yang kamu inginkan.

 

2. Rencanakan pendidikan yang matang

Pendidikan enggak harus mahal dan bergengsi, tetapi pilih bidang keilmuan yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Biasanya seseorang bisa sukses karena ia mengerjakan sesuatu yang ia sukai. Kalau sudah expert, tak hanya kamu yang berkembang, tetapi juga dengan bisnis yang sudah kamu bangun.

 

3. Jangan melulu berpikir soal uang, tetapi pengalaman

Di usia 20-an, biasanya akan datang berbagai tawaran bekerja, sampai kamu sendiri bingung untuk menentukan pilihan. Namun, kebingungan tersebut mulai hilang seiring dengan kamu yang mulai mengenal nominal upah atau gaji. Setelah ini kamu akan memilih pekerjaan dengan pertimbangan jumlah upah yang dibayarkan. Nah, ini cara berpikir yang salah. Mumpung masih muda, utamakan pengalaman dulu. Pengalaman apa saja yang sudah kamu peroleh.

 

4. Kerja cerdas

Orang seringkali menganggap kalau kerja keras akan memberikan hasil yang memuaskan. Pola pikir seperti ini sebaiknya kamu ubah. Belum tentu orang bisa sukses dengan kerja keras. Namun, peluang untuk sukses akan semakin besar, apabila kamu bisa kerja cerdas.

 

5. Tetap berhemat

Meraih kesuksesan butuh proses panjang dan enggak mudah juga untuk mencapainya. Kamu perlu bersabar sedikit, tetaplah memegang pola hidup hemat meskipun secara perlahan penghasilanmu mulai bertambah. Belajar menabung sejak dini, agar keuangan tetap stabil di masa depan.

 

6. Mulai belajar investasi

Mencari penghasilan tambahan enggak hanya cuma dengan bekerja, tetapi bisa juga dengan investasi. Ini merupakan salah satu cara agar keuanganmu tetap stabil dan terus berputar. Melakukan investasi memang enggak mudah, jadi sebaiknya banyak lah belajar dari yang berpengalaman. Kendati cukup rumit, apabila kamu paham, investasi bisa memberikanmu keuntungan yang berlipat-lipat.

 

Artikel terkait: Intip peluang sukses dari kepribadian dan potensi dirimu!

  1. Alasan Pentingnya Melakukan Self Assessment untuk Kemajuan Karier
  2. Work Skill yang Harus Dimiliki Perempuan 20 Tahun Agar Sukses di Usia 30 Tahun
  3. Apa Saja Sifat yang Bisa Membantumu Mencapai Kesuksesan? Yuk, Simak Prediksinya Berdasarkan Bulan Kelahiran!

7. Berani untuk memulai

Memutuskan untuk membuka bisnis merupakan suatu keberanian dalam berkarier. Tekad dan keinginan yang kuat harus tumbuh dari dalam diri. Membuka bisnis tanpa disertai rasa percaya diri, tentu enggak akan membuahkan hasil.

 

8. “Melek” teknologi

Satu poin penting yang nggak boleh kamu lupakan dalam membuka bisnis adalah kesadaran mu untuk “melek” teknologi. Enggak bisa dipungkiri, digitalisasi memainkan peran penting bagi pengembangan bisnismu. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk mencoba peruntungan dengan bisnis online. Mempelajari bisnis dan internet marketing di era sekarang sangat perlu.

 

9. Belajar dari pengalaman orang

Ingin sukses berbisnis, belajar secara otodidak saja enggak cukup. Kamu perlu belajar dari pengalaman orang lain, sosok entrepreneur yang menginspirasimu. Syukur bisa punya kesempatan untuk saling berbagi pengalaman secara langsung.

 

10. Perbanyak jaringan/relasi

Terakhir adalah kemampuanmu memperluas jaringan/relasi juga turut mendukung kesuksesan bisnismu. Bergabunglah dengan komunitas atau kelompok entrepreneur, supaya kamu bisa belajar dari pengalaman mereka, menambah ilmu, menambah relasi, bahkan kamu bisa menjalin kerjasama dengan mereka kalau punya visi yang sama.

 

Walau masih muda, enggak ada salahnya mempersiapkan diri sedini mungkin, demi mewujudkan mimpimu.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

 

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett