Beranda > Gaya Hidup > Yuk, Patuhi 3 Prinsip Dasar Ini Agar Motor Selalu Prima!

Yuk, Patuhi 3 Prinsip Dasar Ini Agar Motor Selalu Prima!

Yuk, Patuhi 3 Prinsip Dasar Ini Agar Motor Selalu Prima!watermark

Dari sekian banyak jenis kendaraan di Indonesia, motor masih menjadi primadona. Selain karena dirasa lebih lincah dan ringkas, motor dinilai murah dan terjangkau. Catatan Kantor Kepolisian RI menyebutkan bahwa pertumbuhan motor di Indonesia mencapai angka 12%. Pada 2015, tercatat ada sekitar 97 juta unit motor di jalanan Indonesia.

Seorang pengguna motor wajib mengetahui kiat merawat motor agar selalu prima. Kalaupun belum menguasai  hal-hal yang spesifik, setidaknya pahami pengetahuan yang umum. Untuk kamu pengguna motor, yuk, cek lagi apakah kamu sudah mematuhi 3 prinsip dasar perawatan motor berikut ini:

 

1. Inreyen untuk motor baru

Penting diketahui, meskipun setiap motor telah mengalami proses pengujian kualitas di pabrik, akan ada residu yang menempel. Residu ini harus kamu bersihkan agar tidak menghambat sistem kerja dan komponen terkait. Proses pembersihan inilah yang disebut dengan proses inreyen alias pemanasan. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat proses inreyen misalnya, tidak memperlakukan motor dengan ekstrim seperti menekan gas penuh, mengebut, atau rem mendadak.  

 

2. Manfaatkan fasilitas dari dealer

Jika membeli motor baru di dealer, kamu akan menerima fasilitas servis gratis dan ganti oli berkala. Fasilitas ini diberikan berdasarkan perhitungan jarak tempuh motor atau waktu pemakaian. Beberapa merek   motor juga memberikan garansi rangka, mesin, dan sistem listrik dalam jangka waktu yang bervariasi. Patuhi jangka waktu yang ditentukan dan jangan lupa untuk melakukan tune up secara berkala.

 

3. Kenali bagian-bagian motor dan pahami perawatannya

Meskipun ada servis motor yang siaga 24 jam, bukan berarti kita harus mengabaikan detail   motor sendiri, kan? Nah, untuk menghindari masalah-masalah kecil yang berpotensi menghambat aktivitas, ada baiknya Anda mengecek komponen-komponen yang ada secara berkala. Misalnya, mengganti busi motor apabila speedometer-mu telah menunjukkan angka 10.000 km. Cek kondisi dan tekanan ban saat sedang mengisi bensin dan jangan menunda untuk menggantinya apabila alur ban sudah tidak ‘menggigit’ atau bumping terlalu keras saat melewati tanjakan. Beberapa komponen lain yang juga harus diperhatikan adalah rem, aki, karburator, rantai, dan komponen mesin lainnya.

 

Nah, itu 3 prinsip dasar untuk merawat motor yang patut kamu ketahui. Menjalankan tiga prinsip di atas tentunya berfungsi sebagai antisipasi saat berkendara. Motormu sudah bekerja keras di jalanan lho, maka berilah perawatan yang optimal. Performa motor yang stabil tentunya juga memastikan dompetmu tidak dipusingkan dengan pengeluaran tak terduga. Nah, mulailah segera mungkin. Cek angka speedometer dan kondisi aki motormu sekarang!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett