Beranda > Gaya Hidup > Wajib Tahu, Ini Rincian Lengkap Biaya Persalinan Secara Normal dan Caesar

Wajib Tahu, Ini Rincian Lengkap Biaya Persalinan Secara Normal dan Caesar

PAULUS RISANGPaulus Risang
Wajib Tahu, Ini Rincian Lengkap Biaya Persalinan Secara Normal dan Caesarwatermark

TUNAIKU.COM – Setelah menikah, tentu banyak pengeluaran lanjutan yang harus dipikirkan. Salah satunya adalah biaya persalinan. Saya yakin, kamu yang sudah menikah pasti mendambakan momongan. Biaya untuk menyambut lahirnya si buah hati sebaiknya kamu persiapkan sedini mungkin agar Sang ibu dan anak bisa memperoleh pelayanan terbaik.

 

Saya pun jadi tertarik untuk mencari tahu berapa biaya yang dibutuhkan untuk persalinan. Kelahiran normal dan lewat operasi caesar, biayanya tentu berbeda. Tapi, seberapa jauh sih perbedaannya? Nah, ini dia pos-pos biaya yang mungkin terjadi ketika melahirkan serta rincian biayanya.

1. Mempersiapkan kelahiran

Saat kehamilan sudah diketahui, perlu biaya untuk memeriksakan kandungan secara rutin. Jika memeriksakan kandungan di faskes-1 menggunakan BPJS, biayanya gratis. Tapi, kalau kamu memilih dokter kandungan di rumah sakit atau klinik, biayanya sekali kontrol sekitar berkisar antara Rp 200ribu hingga Rp500 ribu rupiah. Ini biasanya termasuk suplemen dan USG dua dimensi.

 

Jika melakukan pemeriksaan USG tiga dimensi, tes laboratorium, atau diberi suplemen penguat kandungan, harganya bakal lebih mahal lagi. Umumnya pemeriksaan kandungan ini dilakukan satu bulan sekali. Sementara untuk usia kelahiran di atas 7 bulan, frekuensi pemeriksaannya bakal lebih sering.

 

Artikel terkait: Mengelola keuangan saat berumah tangga.

  1. 10 Cara Menghindari Masalah Keuangan Dalam Keluarga Muda
  2. 3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Pengantin Baru dalam Merencanakan Keuangan Rumah Tangga
  3. Sebelum Menikah, Pastikan Mendiskusikan Masalah Keuangan Ini dengan Pasangan

 

2. Masa  Persalinan

  • Persalinan normal

Biaya persalinan normal berkisar antara dua jutaan sampai puluhan juta rupiah, tergantung dari rumah sakit, kelas pelayanan, serta kebutuhan khusus selama persalinan. Melahirkan di rumah sakit umum jelas lebih murah dibandingkan swasta. Buat pemegang kartu BPJS Kesehatan, biaya persalinan normal yang ditanggung adalah sebesar Rp 600 ribu.

 

  • Persalinan secara caesar

Persalinan secara caesar dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Meski alasan utamanya adalah kondisi kandungan yang nggak memungkinkan untuk melahirkan normal, ada juga yang memilih kelahiran caesar karena alasan lain. Biar anaknya lahir di tanggal cantik, misalnya. Biaya persalinan lewat operasi caesar berada di rentang 10 jutaan hingga 30 jutaan. Sementara untuk kelas suite di RS swasta mahal, biayanya bisa menyentuh angka 50 jutaan.

 

Oh iya, kelahiran secara caesar ini juga ada yang ditanggung BPJS. Biaya yang ditanggung berkisar antara 5-11 jutaan, tergantung dari beratnya kasus. Tapi, persalinan tersebut harus memperoleh rujukan dari bidan atau faskes-1.

 

3. Pasca-melahirkan

Kalau melahirkan secara normal, proses pemulihan sang ibu nggak membutuhkan waktu lama. Bahkan, ibu bisa langsung pulang dalam waktu kurang dari sehari. Dari segi biaya, ini jelas lebih ekonomis.

 

Sementara, persalinan caesar membutuhkan perawatan pasca-operasi. Proses pemulihannya pun jauh lebih lama yaitu hingga 6 bulan. Sang ibu bisa dirawat inap antara 3-5 hari seusai melahirkan. Kamu juga harus merawat luka bekas sayatan dan melakukan kontrol setidaknya sekali setelah operasi. Ongkos periksa sekitar Rp 400 hingga sekitar Rp 500 ribu.

 

Manfaatkan KTA Tunaiku untuk menggenapi kebutuhan dana untuk persalinan

Nah, kamu sudah bisa menghitung sendiri berapa kisaran biaya yang dibutuhkan untuk proses kelahiran normal maupun caesar. Itulah sebabnya, dana persalinan perlu kamu persiapkan sejak dini, agar kelak nggak kebingungan menutup kekurangannya.

 

Tapi, bagaimana jika dana yang kamu miliki belum mencukupi, sementara kebutuhan untuk persalinan sudah di depan mata? Tenang, kamu bisa mengandalkan pinjaman KTA dari Tunaiku. Tunaiku melayani pinjaman dengan jumlah antara Rp 2-20 juta. Tenor cicilannya pun bisa disesuaikan dengan kemampuanmu, yaitu antara 6-20 bulan. Yang jelas, prosesnya sangat mudah karena kamu cukup melakukan pengajuan melalui aplikasi di ponsel kamu.

 

Artikel terkait: Manfaat KTA Tunaiku

  1. Butuh Sepeda Motor Untuk Bekerja?Ini Kiat Beli Motor Kredit Pakai Pinjaman Tunaiku!
  2. Tambah Bujet Nikah 20 Juta, Pilih Pinjaman Online Tunaiku!
  3. Apa Itu Kredit Tanpa Agunan (KTA)? Kenali 5 Hal Ini!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

KTA

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett