Beranda > Gaya Hidup > Trik Menata Ruangan yang Sempit agar Terlihat Lebih Luas. Mudah Sekali!

Trik Menata Ruangan yang Sempit agar Terlihat Lebih Luas. Mudah Sekali!

PAULUS RISANGPaulus Risang
Trik Menata Ruangan yang Sempit agar Terlihat Lebih Luas. Mudah Sekali!watermark

TUNAIKU.COM – Tinggal di rumah yang sempit memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing. Keuntungannya adalah saat bersih-bersih rumah atau menata ruangan, waktu, dan tenaga yang kamu keluarkan nggak banyak karena hanya sedikit ruangan yang dibersihkan. Sedangkan kekurangannya adalah dalam meletakan barang-barang, kita jadi nggak bisa meletakan banyak barang dalam ruangan itu.

 

Nah, buat kamu yang punya ruangan rumah sempit tapi ingin tetap bisa menaruh banyak barang dan ingin ruangannya terlihat lebih luas, bisa coba cek tips-tipsnya di bawah ini, ya!

 

1. Memanfaatkan area bawah tangga

Bagi kamu yang memiliki rumah tingkat tapi ukuran ruangannya nggak terlalu besar, bisa memanfaatkan area kosong di bawah tangga untuk menyimpan barang-barang. Area bawah tangga ini bisa kamu kreasikan dengan membuat lemari kayu. Fungsinya, untuk menyimpan barang-barang yang nggak sering dipakai seperti perkakas rumah tangga atau mainan anak. Jadi, ruangan bawah tangga ini bisa dijadikan gudang mini agar nggak memenuhi ruangan lainnya. Ide kreatif lainnya adalah dengan membuat area bawah tangga menjadi tempat menyimpan buku-buku dan area tersebut bisa digunakan sebagai ruang baca.

 

Artikel Terkait: Tips Membeli Rumah

  1. Tips dan Trik Membeli Rumah dengan Bujet Pas-pasan
  2. Simak Perbedaan Membeli Rumah Baru dan Bekas dengan Menggunakan KPR
  3. 5 Trik Menabung Selama Ramadan untuk Tambahan DP Rumah

 

2. Membuat mezzanine di dalam ruangan

Suatu ruangan yang sempit bisa diakali agar menambah space dengan menggunakan mezzanine. Mezzanine sendiri merupakan ruangan di dalam ruangan. Berbeda dengan rumah tingkat yang memiliki lantai atas full sesuai ukuran lantai di bawahnya, mezzanine adalah lantai atas, tapi hanya sekitar sepertiga dari luas bangunan di bawahnya. Mezzanine sendiri bisa difungsikan sebagai ruang kerja, ruang bermain anak, atau ruang menyimpan buku karena sifatnya yang terbuka. Selain untuk menambah ruangan, mezzanine juga menambah unik sebuah ruangan sehingga bisa sekaligus menjadi pemanis ruangan.

 

3. Hindari lemari pakaian besar

Ruangan kamar sempit juga bisa diakali agar terlihat lebih luas dan terhindar dari barang-barang yang menumpuk. Di dalam kamar sempit, sebaiknya hindari menggunakan lemari besar untuk menaruh pakaian, karena baju-baju yang kita miliki terkadang nggak sampai penuh mengisi keseluruhan lemari. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan lemari pakaian terbuka dengan model gantung, sehingga nggak membuang-buang tempat  dalam penyimpanan pakaian. Lemari pakaian terbuka juga lebih memudahkan kamu dalam memilih baju dan nggak bikin ribet saat menyimpan baju karena nggak perlu melipatnya satu persatu.

 

4. Mesin cuci tersembunyi

Daripada selalu mencucikan baju ke jasa laundry, kamu bisa lebih hemat dengan mencuci pakaianmu sendiri menggunakan mesin cuci. Namun, ruangan yang sempit menjadi halangan untuk menaruh mesin cuci. Cara mengakalinya adalah dengan membuat sebuah lemari atau kabinet dinding yang bisa menyembunyikan mesin cuci, sehingga di ruangan terbuka pun kamu nggak perlu bingung menyembunyikan mesin cuci.

 

5. Menggunakan furniture serbaguna

Furniture keluaran sekarang sudah mulai menuju ke arah minimalis dan serbaguna. Nggak hanya bisa digunakan untuk menaruh satu barang, tapi juga bisa diberdayakan untuk menaruh berbagai macam barang. Seperti rak TV serbaguna misalnya. Selain untuk TV, bagian bawah rak ini bisa untuk menyimpan berbagai perlengkapan home audio untuk menunjang sisi hiburan di rumah. Sedangkan bagian samping rak terdapat lubang khusus yang bisa diisi beberapa buku-buku favorit yang terkadang membutuhkan space tempat yang cukup banyak jika nggak diakali dengan furniture serbaguna ini.

 

6. Manfaatkan ruang kosong di dinding rumah

Dalam arsitektur bangunan, terkadang desain dinding rumah dibuat memiliki cekungan atau bagian yang menjorok ke dalam. Nah, bagian dinding ini bisa kamu manfaatkan dengan membuat sebuah lemari penyimpanan tipis yang fungsinya bisa untuk menyimpan barang-barang kebutuhan sehari-hari yang ukurannya kecil-kecil atau juga bisa untuk menyimpan mainan si buah hati.

 

Artikel Terkait: Ide Dekorasi Rumah

  1. 5 Ide Dekorasi Warna Ungu Untuk Interior Rumah, On Point!
  2. Sontek 7 Ide Pasang Cermin untuk Permanis Dekorasi Rumah
  3. Inspirasi Dekorasi Rumah Sempit Tapi Nyaman

 

7. Gunakan compact furniture

Compact furniture seperti meja dan kursi lipat bisa menjadi pilihan untuk mengisi kebutuhan furniture di rumah. Selain menarik, compact furniture seperti ini bisa cukup menghemat tempat karena perabot ini bisa dilipat dan disembunyikan saat nggak digunakan. Saat ini sudah cukup banyak yang menjual compact furniture karena melihat semakin banyak orang yang memilih rumah minimalis untuk ditinggali.

 

Mudah bukan mengaplikasikan tips menata ruangan sempit ini? Jangan khawatir jika memiliki rumah sempit, karena banyak sekali hal-hal yang bisa kita lakukan agar rumah tetap terlihat bagus dan selalu nyaman ditinggali.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

CTABARU1

Tunaiku

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett