Beranda > Gaya Hidup > Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Membahayakan Vagina

Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Membahayakan Vagina

PAULUS RISANGPaulus Risang
Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Membahayakan Vaginawatermark

TUNAIKU.COM – Saya memang nggak punya vagina, tapi kita semua pasti sepakat bahwa kesehatan organ intim itu sangat penting. Dari yang saya ketahui, menjaga kebersihan vagina itu lebih rumit dibandingkan penis. Apalagi karena letaknya yang berada di dalam. Nggak sedikit orang yang masih meremehkan kebersihan organ intimnya. Namun, ada juga yang melakukan perawatan dengan sedikit berlebihan. Keduanya tentu bisa berdampak kurang baik bagi daerah kewanitaanmu.

 

Nah, kali ini saya akan menjabarkan beberapa kebiasaan yang tanpa disadari bisa membahayakan area vagina. Apakah kamu sering melakukannya?

 

Artikel Terkait: Berbagai Kiat Kesehatan Vagina yang Patut Kamu Tahu

  1. 10 Fakta Menarik Berhubungan Seksual Ketika Hamil, Wajib Tahu!
  2. Perempuan, Yuk Cegah Kanker Serviks dengan BPJS Kesehatan!
  3. Ini Rekomendasi Klinik Surabaya untuk Melahirkan dengan Teknik Gentle Birth

 

1. Menggosok vagina terlalu keras

Vagina merupakan area yang sensitif. Makanya, kamu perlu membersihkannya dengan benar. Meski berada di area lipatan, kamu nggak perlu menggosoknya terlalu keras dengan sabun yang keras pula seperti kamu membersihkan daerah ketiak dan kaki. Menggosoknya terlalu keras bisa membuat vulva iritasi.

 

Untuk membersihkan vagina, cukup basuh dengan air bersih. Bila kamu ingin membersihkannya dengan sabun, gunakan sabun lembut tanpa parfum.

 

2. Terlalu lama berendam di bathtub

Jika kamu pernah mengalami infeksi saluran kencing atau masalah jamur, sebaiknya hindari berendam di bathtub. Berendam air hangat di bak mandi memang menenangkan, tapi hal ini bisa mengganggu kesehatan vagina. Jamur bisa dengan mudah menyebar dan bakteri E. coli yang berdiam di area anus bisa menyerang daerah kewanitaanmu.

 

3. Nggak segera ganti pakaian seusai berolahraga

Keringat membuat area lipatan menjadi sarang bakteri. Makanya, seusai berolahraga, sebaiknya kamu segera mengganti pakaian dengan yang kering. Bila tidak, kebiasaan ini bisa menimbulkan masalah jamur pada daerah intimmu.

 

4. Melakukan douching

Douching adalah membersihkan vagina dengan cairan khusus. Cairan ini umumnya disemprotkan dengan alat khusus ke bagian dalam vagina untuk memberi kesan bersih dan segar. Padahal, vagina memiliki cara tersendiri untuk membersihkan dirinya. Douching justru bisa mengganggu keseimbangan pH dan menimbulkan berbagai masalah, seperti infeksi bakteri, radang panggul, hingga kanker serviks.

 

5. Mengenakan celana ketat seharian

Apakah kamu terbiasa mengenakan celana jins plus celana dalam yang ketat sehari-hari? Sebaiknya, kurangi kebiasaanmu itu dan sering-seringlah menggunakan celana yang lebih longgar. Sebab, pakaian ketat bisa menimbulkan masalah jamur dan jerawat pada area kewanitaan akibat kelembapan yang berlebih dan kurangnya sirkulasi udara di daerah tersebut.

 

Artikel Terkait: Menjaga Kebugaran dengan Olahraga

  1. Menurut Ahli, Ini Durasi Olahraga Kardio yang Tepat untuk Tubuh
  2. Libur Panjang, Lakukan 5 Tips Ini Agar Berat Badan Tetap Terjaga!
  3. 4 Olahraga Ringan Praktis yang Bikin Tubuh Lebih Fit, Yuk Cobain!

 

6. Mencukur rambut kemaluan

Vagina memang terlihat lebih bersih tanpa rambut kemaluan. Namun, sebenarnya rambut kemaluan punya manfaatnya tersendiri dalam menjaga kesehatan vagina, lho. Folikel rambut membantu membentuk penghalang antara kulit dan pakaian, sehingga udara lebih bebas bersirkulasi dan mengurangi jumlah bakteri yang umumnya berkembang biak di area lembap.

 

7. Mengenakan celana dalam saat tidur

Kecuali kamu tengah menstruasi, nggak ada manfaatnya mengenakan celana dalam ketika tidur atau berada di rumah sendiri. Ini akan memberi kesempatan bagi vagina untuk bernapas dan menghalau kelembaban yang mungkin menumpuk selama beraktivitas di luar.

 

Setelah mengetahui pemaparan di atas, saatnya kamu kebiasaan-kebiasaan yang merugikan daerah kewanitaan.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

Mobile Site CTA

 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett