Beranda > Gaya Hidup > Pola Asuh yang Tepat untuk Si Anak Tengah

Pola Asuh yang Tepat untuk Si Anak Tengah

KENNY CAROLINEKenny Caroline
Pola Asuh yang Tepat untuk Si Anak Tengahwatermark

TUNAIKU.COM – Saya tumbuh dalam keluarga besar, dengan lima orang kakak dan adik. Tumbuh berenam, saya sering membayangkan bagaimana repotnya ibu dan ayah membesarkan anak-anaknya. Tentu saja karena setiap anak punya karakteristik yang berbeda. Konon, anak sulung, anak tengah, dan anak bungsu punya kepribadian yang berbeda sehingga pola asuhnya juga harus berbeda. Namun, apakah benar begitu?

 

Dari beberapa artikel yang saya baca, memang disarankan supaya orangtua mempraktikkan pola asuh yang menyesuaikan dengan kepribadian si anak. Nah kali ini saya mengulas secara singkat tentang kepribadian anak tengah serta pola asuh yang tepat untuk si anak tengah.

 

Walau nggak bisa disebut pencemburu, anak tengah menganggap anak sulung mendapat hak istimewa serta perhatian yang tidak dia dapatkan. Begitu juga ketika anak bungsu lahir, anak tengah bakal merasa ditinggalkan, karena perhatian orangtua akan segera teralihkan kepada adik kecilnya.

 

Artikel Terkait: Merawat tubuh agar sehat.

  1. Ini Jus Murah dan Sehat Cocok untuk Program Diet, Yuk Bikin Sendiri!
  2. 6 Cara Pemakai Behel Merawat Gigi, Bikin Gigi Makin Rapi dan Bersih
  3. Mengatasi Nyeri Punggung dengan Cepat, Coba Lakukan Posisi Yoga Ini

 

Nah soal kepribadian, beberapa ahli mengatakan bahwa anak tengah terbentuk sesuai dengan contoh yang ditunjukkan oleh kakak sulungnya. Bila kakak sulungnya mandiri maka kemungkinan besar anak tengah juga bakal mandiri. Akan tetapi studi lain juga mengatakan bahwa bisa jadi kepribadian anak tengah  malah berlawanan sama sekali.

 

Karena itu peneliti sulit melabeli anak tengah. Karena kepribadian mereka lebih terbentuk dari respons atau pandangan mereka terhadap kakak yang lebih tua. Bila si kakak tumbuh menjadi anak penurut, bisa saja anak tengah memiliki sifat pemberontak. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian orangtuanya. Akan tetapi mereka juga bisa menjadi mandiri. Karena tidak terlalu diperhatikan, mereka lebih memilih untuk menangani hal sendiri.

 

Secara umum, anak tengah memiliki sifat yang diplomatis, menyenangkan, serta dapat berkompromi. Namun, yang lebih penting dari sifat itu adalah anak tengah memiliki karakter yang mampu mengatasi kekecewaan dengan baik. Jadi nggak gampang down atau merajuk dalam waktu yang lama. Anak tengah memiliki harapan yang biasanya realistis, serta cenderung mandiri. Karena merasa sebagai prioritas ke-sekian, seringkali anak tengah mencari teman bercerita di luar keluarga.

 

Mengasuh anak tengah

Setelah mengetahui karakter anak tengah, kamu sebagai orangtua tentu bertanya-tanya: bagaimana cara mengasuh anak tengah secara tepat agar tumbuh menjadi pribadi yang baik dan nggak merasa tersisih dibandingkan dengan kakak sulung dan adik bungsu?

 

1. Biarkan ia tumbuh

Pada dasarnya, anak tengah memiliki karakteristik alami sebagai pelerai saat saudaranya bertengkar. Karena jiwa diplomasi yang tinggi, anak tengah bisa menjadi pihak yang mendamaikan ketika anak sulung dan anak bungsu bertengkar. Saat proses ini berlangsung, perhatikan dan sebisa mungkin jangan mengambil alih. Biarkan ia tumbuh dan mengembangkan karakter terbaiknya.

 

2. Habiskan waktu khusus bersamanya

Saat anak sulung lahir, tentu kasih sayang tertuju kepadanya seluruhnya. Saat anak tengah lahir, perhatian kamu terbagi antara anak sulung dan tengah. Dan saat anak terakhir lahir, perhatian kamu yang tadinya untuk anak tengah, teralih kepada adik kecil. Karena itu pastikan kamu memberi perhatianmu secara merata. Sisihkan waktu khusus bersama si tengah. Namun, kamu juga harus melakukannya secara adil. Biarkan si sulung dan si bungsu juga mendapatkan perhatian yang sama darimu.

 

Artikel Terbaik: Tips mengelola keuangan keluarga.

  1. Tips Memberikan yang Terbaik Bagi Anak Tanpa Menjadi Orang Tua yang Boros
  2. Ini Tips Kebiasaan Belanja Bulanan yang Baik untuk Diterapkan
  3. 6 Kiat Mudah Ajarkan Anak Supaya Tidak Boros, Begini Memulainya!

 

3. Bangun komunikasi dengannya

Sebagai orangtua, selalu usahakan untuk berkomunikasi dengan anak. Salah satu caranya adalah membangun komunikasi. Kamu bisa bercerita atau mendengarkan ceritanya. Apa hobi anak, dan bagaimana harinya di sekolah. Hal-hal kecil ini bisa mendekatkan kamu dengan anak-anakmu. Baik dengan sulung, tengah, maupun bungsu.

 

Itulah beberapa pola asuh yang bisa kamu terapkan untuk si anak tengah yang bisa kamu praktikkan ke keluargamu.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett