Beranda > Gaya Hidup > Pola Asuh yang Bisa Kamu Terapkan untuk si Anak Sulung

Pola Asuh yang Bisa Kamu Terapkan untuk si Anak Sulung

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
Pola Asuh yang Bisa Kamu Terapkan untuk si Anak Sulungwatermark

TUNAIKU.COM-Memiliki anak lebih dari satu terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Karena ini artinya, orang tua juga perlu membedakan pola asuh antara anak sulung dan adik-adiknya. Karena anak sulung adalah anak pertama maka dia hanya akan meniru dan memerhatikan apa yang diajarkan dan dilakukan orang tuanya. Nggak heran kalau anak sulung cenderung akan lebih percaya diri dan berani memberi perintah pada adiknya.

 

Anak sulung juga mayoritas bersikap perfeksionis karena merasa menjadi yang pertama dan mendapat harapan besar orang tua. Nggak heran kalau mereka takut kalau melakukan kesalahan terlebih di depan adik-adiknya. Maka dari itu, pola asuh antara anak sulung dan adik-adiknya perlu diperhatikan oleh orang tua. Berikut beberapa saran agar kamu bisa memberikan pola asuh yang tepat untuk si anak sulung. Simak ulasannya, ya.

 

Memberikan contoh dan membantunya dalam melakukan sesuatu

Anak sulung akan berusaha melakukan yang terbaik dalam mencoba sesuatu. Dari hal yang terkecil saja misalnya seperti menuangkan susu tanpa tumpah. Karena anak sulung biasanya seorang yang perfeksionis maka sebagai orang tua lebih baik untuk memberikan contoh terlebih dahulu. Biasanya kalau ia merasa kesulitan maka anak sulung nggak akan segan untuk meminta bantuan orang tua. Kamu bisa membantunya kalau ia meminta bantuan atau menawarkan bantuan terlebih dahulu.

 

Artikel terkait: Memberikan Didikan Yang Terbaik Untuk Anak

  1. Tips Memberikan yang Terbaik Bagi Anak Tanpa Menjadi Orang Tua yang Boros
  2. Cara Sederhana untuk Bangun Rasa Toleransi Pada Anak Sejak Usia Dini
  3. Ini Dia Jurus Jitu Untuk Menghadapi Anak Yng Malas Belajar

 

Jangan memberinya beban sebagai kakak

Biasanya, orang tua menganggap anak sulung dapat diandalkan dan bisa memberikan contoh yang baik bagi adik-adiknya. Maka nggak heran kalau kamu nggak sengaja menuntut hal-hal yang membuat ia terbebani seperti memarahi si anak sulung karena lupa mengerjakan PR hanya karena kamu nggak mengingatkan. Perlu diingat meskipun ia anak pertama, tapi si anak sulung juga masih tetap anak-anak yang belum terlalu memahami bagaimana tanggung jawab sebagai contoh yang baik untuk adik-adiknya.

 

Berhati-hati menggunakan kata harus

Sebagai orang tua yang baik akan lebih baik kalau kamu menghindari kata “harus” dalam memberikan perintah ke anak-anak. Kata “harus” akan menjadi beban yang cukup berat bagi anak-anak apalagi bagi si anak sulung. Saat ia akan melakukan perintah orang tua dengan kata harus ia menjadi terbebani dan takut kalau mengecewakan. Jadi, hati-hati dengan kata “harus” ya.

 

Artikel terkait: Hal-hal yang bisa membahagiakan buah hati

  1. 7 Ide Staycation Bersama Anak di Akhir Pekan, Murah dan Bikin Makin Kompak!
  2. Yuk, Lakukan 6 Kegiatan Seru Ini Bersama Si Kecil di Akhir Pekan!
  3. Tips Berkebun Sederhana Bersama Anak untuk Isi Akhir Pekan

 

Berikan hak Istimewa sebagai sulung

Sebagai anak sulung tentunya kamu akan lebih banyak memberikan tanggung jawab padanya. Tanggung jawab tersebut bisa dalam bentuk menjaga adik-adik atau mengajari adik-adik membaca atau mengerjakan PR. Maka dengan tanggung jawab lebih yang mereka miliki alangkah lebih baiknya untuk memberikan hak istimewa padanya. Kamu bisa memberikannya waktu tidur lebih panjang atau hak untuk menetukan menu makan malam.

 

Nah, itu dia beberapa saran yang bisa kamu lakukan dalam menghadapi anak sulung. Dengan memberikan pola asuh yang tepat, anak sulung akan tumbuh menjadi anak sulung yang bisa kamu banggakan dan bisa menjadi contoh yang baik untuk adik-adiknya.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett