TUNAIKU.COM – Lahir dan besar di Indonesia membuat kita tersadar bahwa Indonesia ternyata memiliki keberagaman budaya yang berbeda-beda dan menarik untuk diikuti. Keberagaman budaya tersebut yang membuat Indonesia menjadi sebuah negara yang unik di dunia karena Indonesia kaya akan ragam budaya dan bahasa. Karena hal inilah banyak juga pasangan yang akan menikah berencana ingin menggunakan adat dalam pernikahan mereka sesuai dengan adat yang dianut. Meskipun terkesan sangat sakral, tetapi menggunakan adat dalam pernikahan justru memiliki makna yang lebih mendalam bagi pernikahan itu sendiri karena harus melewati berbagai macam prosesi. 

 

Bicara tentang pernikahan menggunakan adat, berikut ada 4 pernikahan adat yang digadang-gadang sebagai bentuk pernikahan paling mahal di Indonesia. Penasaran apa yang membuatnya mahal? Yuk, simak di bawah ini.

 

1. Pernikahan adat Jawa

Pernikahan adat Jawa cenderung memerlukan banyak biaya karena banyaknya proses yang harus dilakukan dari sebelum acara pernikahan dimulai sampai akad berlangsung. Seperti acara mandi kembang hingga pecah telur yang tentu nggak afdal jika keluarga dekat nggak diundang dalam prosesi tersebut. 

 

Selain itu, banyaknya hal-hal mendetail dalam setiap prosesi pernikahan yang dilangsungkan ternyata bisa menguras dompet juga jika dihitung. Belum lagi saat pesta pernikahannya yang biasanya akan mengundang banyak sekali tamu undangan yang tentunya membuat pernikahan adat Jawa menjadi salah satu pernikahan yang paling mahal untuk dilakukan.

 

2. Pernikahan adat Bali

Bali memang sebuah pulau yang kental akan budayanya di samping objek wisatanya yang memukau. Nggak jarang pula para turis menikmati berbagai prosesi adat yang dilakukan di Bali dan salah satu yang menarik adalah pernikahan menggunakan adat Bali. 

 

Pernikahan adat Bali menjadi mahal karena pengantin harus menyiapkan pakaian pengantin termasuk berbagai aksesorisnya yang cukup menguras dompet. Selain itu, pernikahan adat Bali juga membutuhkan sesajen dari berbagai macam dedaunan yang jika ditotal bisa mencapai belasan juta lho. Nggak heran biaya yang harus dikeluarkan pengantin untuk melangsungkan pernikahan dengan adat Bali bisa mencapai ratusan juta. Wah, banyak juga, nih.

 

Artikel Terkait: Hal yang Harus Kamu Tahu Soal Pernikahan Adat

9 Hiasan yang Biasa Digunakan dalam Pernikahan Adat Jawa Beserta Filosofinya
Kenali Lebih Dalam Prosesi Pernikahan Adat Batak beserta Kisaran Biayanya
Kenali Lebih dalam Prosesi Pernikahan Adat Bali Beserta Kisaran Biayanya

 

3. Pernikahan adat Minang

Salah satu yang membuat pernikahan adat Minang membutuhkan uang banyak adalah adanya keharusan untuk melibatkan warga sekitar dan kepala adat dalam prosesi pernikahannya. 

 

Sebelum pernikahan berlangsung, mempelai wanita harus melangsungkan sebuah prosesi yang dinamakan Malam Bainai, di mana mempelai wanita akan diberi petuah oleh keluarga dan kerabat terdekatnya sambil melakukan beberapa ritual seperti menghias tangan dengan inai dan proses mandi-mandi yang seperti siraman pada adat Jawa namun hanya dengan percikan air, belum lagi perlengkapan prosesi Malam Bainai ini yang juga membutuhkan pakaian khusus. 

 

Selain itu, adanya arak-arakan penjemputan pengantin pria ke tempat pengantin wanita yang juga cukup meriah dan membutuhkan biaya cukup banyak membuat total biaya pernikahan adat Minang bisa sampai ratusan juta, lho.

 

4. Pernikahan adat Karo

Karo adalah salah satu kabupaten di Sumatera Utara yang juga memiliki adat dalam pernikahan yang meriah. Pernikahan dengan adat Karo menguras kantong karena cukup banyak prosesi yang harus dilakukan baik sebelum menikah maupun setelah menikah. 

 

Berbagai tahapan harus dilalui seperti tahapan perkenalan kedua belah pihak keluarga mempelai, tahap mempelai pria melamar mempelai wanita, perencanaan waktu dan tanggal yang baik untuk pernikahan, pelaksanaan pernikahan seharian penuh di kampung tempat mempelai wanita berasal, makan malam secara adat setelah acara berlangsung, acara orang tua pihak laki-laki yang datang ke pihak perempuan beberapa hari setelah acara untuk membawakan sesuatu, hingga tahap pembicaraan uang yang keluar dari acara pernikahan setelah seminggu acara berlangsung. Wah, banyak sekali urutan tahapan yang harus dilalui dan pastinya menguras banyak uang, ya.

 

Itulah 4 pernikahan adat yang paling mahal di Indonesia. Buat kamu yang tertarik untuk melakukan pernikahan dengan salah satu dari 4 adat di atas, tentunya harus menyiapkan uang yang lebih banyak agar bisa melangsungkan setiap proses adatnya.