Beranda > Gaya Hidup > Periksa 7 Komponen Mobil Ini saat Musim Penghujan Tiba!

Periksa 7 Komponen Mobil Ini saat Musim Penghujan Tiba!

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
Periksa 7 Komponen Mobil Ini saat Musim Penghujan Tiba!watermark

TUNAIKU.COM – Umumnya, tingkat kecelakaan di musim hujan selalu meningkat, entah itu karena banjir atau jalanan yang licin. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu memeriksa komponen mobil untuk menjaga keamananmu saat berkendara.

Nah, berikut ini saya sudah merangkum 7 komponen mobil yang harus kamu cek kelayakannya agar terhindar dari risiko mogok dan celaka di jalan.

 

Artikel terkait: Rekomendasi Kendaraan

  1. Mahal, Sih, Tapi 5 Mobil Mewah Ini Tetap Laku di Pasaran
  2. Tertarik Membeli Mobil Keluarga? Simak 7 Rekomendasi Ini!
  3. Minati Moge, Ini 5 Pilihan Moge Keren dan Gagah

 

1. Kampas rem

Jangan pernah menyepelakan kondisi kampas rem, ya. Ingat, rem berfungsi untuk menghentikan kendaraan secara mendadak atau untuk menjaga jarak dengan kendaraan lain. Di musim hujan, rem juga berfungsi untuk mengurangi laju kendaraan.

 

Kalau kampas rem habis, rem mobilmu pun nggak akan berfungsi dengan sempurna sehingga harus segera diganti agar lebih aman digunakan di jalanan yang licin.

 

2. Cairan pembersih kaca (nozzle)

Cairan pembersih kaca berfungsi untuk membersihkan kaca yang kotor karena hujan. Dengan adanya cairan ini, kaca mobilmu pun tampak lebih jernih dan lebih aman digunakan saat berkendara.

 

Mengingat fungsinya yang sangat krusial, wajar kan, kalau kenyamananmu terganggu saat cairan pembersih ini nggak berfungsi. Bahaya sekali lho, kalau kotoran di kaca mobil tidak dibersihkan dan membuat pandanganmu terganggu.

 

3. Kabel

Datangi bengkel untuk mengecek kabel dan sistem kelistrikan di mobilmu. Pastikan semua komponen listriknya aman dan berfungsi dengan baik; jangan sampai mobilmu mogok atau mengalami korsleting saat digunakan di kawasan yang tergenang banjir.

 

4. Air conditioner (AC)

Ketika hujan turun, kemungkinan besar kaca mobilmu akan mengembun karena adanya perbedaan suhu di dalam dan luar mobil. Jika kaca mobilmu mengembun, tentunya kamu akan kesulitan melihat kondisi jalanan. Hati-hati, kondisi tersebut rentan memicu terjadinya kecelakaan, lho.

 

Oleh sebab itu, pastikan AC mobilmu bekerja secara optimal untuk mencegah terjadinya pengembunan pada kaca. Jika perlu, lakukan service AC secara berkala, ya!

 

Artikel terkait: Tips Dunia Otomotif

  1. 3 Kiat Memilih Ban Mobil yang Aman Digunakan Saat Hujan
  2. Lakukan 5 Tindakan Ini Ketika Motor Mogok Karena Banjir
  3. Mengurus Balik Nama Mobil, Berapa Biayanya?

 

5. Tapak ban

Masih ingat salah satu adegan dalam film ‘Twilight’ ketika Bella hampir tertabrak mobil karena jalanan sedang sangat licin akibat salju turun? Selayaknya salju, air yang turun saat hujan juga berisiko membuat mobilmu tergelincir.

 

Untuk mencegahnya terjadi, selalu cek kondisi kelayakan ban. Jika banmu sudah tipis, lebih baik kamu segera menggantinya agar keselamatanmu tidak dikorbankan. Hati-hati, ban yang sudah gundul sangat bahaya digunakan di tikungan karena rawan selip dan tergelincir.

 

6. Air wiper

Tentu kamu sudah tahu mengapa semua orang wajib mengecek komponen ini saat musim hujan tiba. Air wiper berfungsi untuk menyapu air yang melekat di kaca mobil. Kalau nggak berfungsi dengan baik, pandanganmu pun akan terganggu.

 

Ada satu trik mudah yang bisa kamu terapkan untuk mengecek fungsi karet air wiper. Coba deh, kamu siram kaca mobil dengan air secukupnya saat air wiper menyala. Kalau ternyata hasilnya kurang bersih dan ada bekas garis yang tertinggal, tandanya karet air wiper-mu perlu diganti.

 

7. Lampu

Lampu menjadi komponen vital saat berkendara di tengah hujan. Kendaraan yang melaju dari arah berlawanan tentu saja akan lebih mudah mengenali keberadaanmu jika lampu mobilmu berfungsi dengan baik. Jika lampu mobilmu mulai redup, segeralah menggantinya dengan yang baru. Beberapa jenis lampu mobil yang perlu kamu cek adalah lampu sein, lampu rem, lampu depan, dan lampu hazard.

 

Sebisa mungkin, jangan menyalakan lampu hazard ketika sedang melaju di terowongan atau saat hujan lebat. Tindakanmu tersebut bisa membuat bingung pengendara di belakangmu dan memicu terjadinya kecelakaan.

 

CTA1

 

 

 

 

Nah, jika ketujuh komponen di atas sudah kamu cek dengan teliti, artinya mobilmu sudah aman digunakan selama musim penghujan. Selalu berhati-hati dalam berkendara, ya.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!
Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp 15 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett