Beranda > Gaya Hidup > Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Memutuskan Ingin Menginap di Mana

Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Memutuskan Ingin Menginap di Mana

AGUSTO REYNALDOAgusto Reynaldo
Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Memutuskan Ingin Menginap di Manawatermark

TUNAIKU.COM – Zaman sekarang, pilihan menginap yang kamu miliki saat bepergian sangatlah beragam. Kalau dulu rata-rata pelancong hanya bisa menginap di hotel atau losmen, sekarang kamar-kamar di apartemen, homestay, bahkan rumah warga lokal pun disewakan untuk umum.

Saking banyaknya pilihan yang tersedia berikut fasilitasnya yang beragam, terkadang kamu jadi kebingungan sendiri saat akan memilih tempat menginap. Jangan khawatir. Artikel ini berisi kiat-kiat ampuh untuk memilih tempat penginapan bagi kamu yang hobi melancong!

 

1. Perhatikan lokasinya

Kalau kamu bepergian sendirian, pilih lokasi penginapan yang berada di pusat kota dan memudahkanmu mengakses transportasi publik. Selain itu, nggak ada salahnya memilih tempat penginapan yang dikelilingi pertokoan, restoran, dan supermarket. Selain lebih aman, peluangmu untuk bertemu dengan sesama pelancong juga lebih besar.

 

2. Pahami lingkungan sekitar

Bermalam di pusat kota tentunya akan membuat perasaanmu lebih tenang dan nyaman. Namun meskipun penginapanmu berada di daerah turis, pastikan kamu tetap memahami kondisi lingkungan sekitarnya. Cek Google Maps untuk mengetahui lokasi penginapanmu dengan jelas. Perhatikan juga tempat-tempat apa saja yang ada di sekitar tempat menginapmu. Kalau perlu, baca ulasan sesama pelancong yang sudah pernah menginap di sana.

 

3. Cari penginapan dengan staf yang kooperatif

Coba deh, cari tahu informasi ini lewat ulasan pelancong. Staf penginapan yang kooperatif biasanya akan bersedia memberikan rekomendasi mengenai destinasi-destinasi wisata, tempat makan, atau situs budaya yang bisa kamu kunjungi selama berlibur. Selain menambah referensimu, setidaknya mereka tahu kamu bepergian ke mana sehingga bisa membantumu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Memberi tahu tujuan destinasimu kepada pihak penginapan adalah salah satu kunci untuk melancarkan liburanmu, lho!

 

Artikel terkait: Liburan yuk!

  1. 5 Kota Bisnis di Asia Ini Layak Jadi Destinasi Liburan Kamu Berikutnya
  2. Liburan ke Thailand dengan Bujet Minim Tahun Depan? Simak Tips dari 3 Orang Ini!
  3. Jadi Turis yang Baik, Ketahui Etika Memberi Tip Saat Berlibur ke 5 Negara Asia Berikut Ini!

 

4. Cari penginapan dengan staf yang asyik

Berbeda dengan staf yang kooperatif, staf yang asyik ini nggak segan-segan memberikan “info A1” di destinasi liburanmu. Dengan kata lain, mereka nggak akan segan-segan memberikan informasi yang jarang diketahui kebanyakan pelancong. Asal kamu nggak lupa kasih tip, jenis staf yang satu ini biasanya akan terus membantumu, kok.

 

5. Pertimbangkan kondisi kamarnya

Sebagai pelancong solo, kamarmu adalah surgamu. Setelah capek berkeliling kota, tentunya kamu ingin beristirahat di kamar yang nyaman kan? Sebisa mungkin, kamarmu harus punya fasilitas selengkap mungkin dengan bujet seminim mungkin. Nah, biar nggak salah pilih kamar, coba cek dulu foto-foto dan ulasan kamar di lokasi menginapmu. Perhatikan pula ukuran ruangan dan tata letaknya, ya!

 

6. Pertimbangkan lokasi destinasi wisata yang dituju

Kalau ingin berkeliling Jakarta Barat, nggak mungkin kan, kamu menginapnya di Bekasi? Mungkin kamu merasa kurang tertantang kalau memilih lokasi menginap yang terlalu dekat dengan tujuan wisata, tapi memilih lokasi menginap yang terlalu jauh pun nggak direkomendasikan. Selain rawan capek atau terjebak kemacetan, menginap di lokasi yang terlalu jauh sebenarnya juga buang-buang waktu liburanmu, lho!

 

7. Percayai instingmu

Nggak ada salahnya kok, memilih tempat penginapan yang sesuai dengan kata hati. Walaupun nggak memenuhi semua syarat di atas, nggak masalah kok, sejauh tempatnya sreg di hati. Kalau nggak yakin tempatnya benar-benar bagus, coba saja pesan untuk satu atau dua malam dulu. Toh di zaman sekarang, proses memesan penginapan sama sekali nggak rumit.

 

Setelah mengetahui kiat-kiat di atas, sekarang saatnya memilih tipe penginapan yang paling cocok untuk kebutuhan dan bujetmu.

 

Hotel

 

+ Mewah. Cocok untuk kamu yang berbujet tinggi

Sudah tahu dong, keuntungan menginap di hotel? Selain fasilitasnya cenderung lengkap, pelayanan menginap di hotel umumnya juga lebih berkualitas. Toh sekarang kamu memiliki opsi yang beragam, dimulai dari hotel bintang 1 sampai bintang 5. Kalau malas menginap di hotel, masih banyak pilihan yang lain, kok.

 

– Mahal. Nggak cocok untuk kamu yang berbujet kecil
Kalau bujetmu pas-pasan, nggak ada salahnya menginap di tempat selain hotel. Sebenarnya, kamu tetap bisa sih, menginap di hotel bintang 1 atau bintang 2 meski dengan fasilitas dan pelayanan yang juga pas-pasan.

 

Artikel terkait: Untuk kamu yang mau jalan-jalan

  1. 7 Benda Wajib Dibawa Saat Liburan Daripada Beli Mahal di Tempat Tujuan
  2. Liburan ke Thailand dengan Bujet Minim Tahun Depan? Simak Tips dari 3 Orang Ini!
  3. Ini Dia Caranya Bisa Nginap Gratis Selama Traveling

 

Homestay

 

+ Membaur dengan lingkungan sekitar

Sangat cocok untuk kamu yang ingin tahu rasanya menjadi penduduk lokal di daerah yang kamu kunjungi. Dengan memilih homestay, kamu akan tinggal di rumah penduduk setempat, makan bersama mereka, atau bahkan mengunjungi berbagai tempat wisata bersama mereka.

 

– Kurang ada privasi
Buat kamu yang memuja-muja privasi, pilihan ini jelas harus disingkirkan dari daftar opsi tempat menginapmu.

 

Apartemen

 

+ Seperti rumah sendiri

Kalau durasi liburanmu agak lama, coba deh, menginap di apartemen. Selain terasa lebih homey dibandingkan hotel, apartemen juga lebih privat jika dibandingkan dengan homestay.

 

– Terlalu besar kalau sendirian
Kalau kamu sendirian, agak aneh saja sih, tidur di tempat tinggal sebesar apartemen. Namun sekali lagi, kekurangan ini sangat subjektif dan nggak bisa diaplikasikan untuk semua orang.

 

pinjaman tanpa agunan

 

 

 

 

Bagaimana? Sudah mulai ada gambaran mengenai tempat menginap yang paling cocok? Selamat merencanakan liburan!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.
Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar 2-15 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-15 bulan!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett