08 September 2017

TUNAIKU.COM  – Ketika berkelana, ada dua hal paling penting yang haram hukumnya dilewatkan oleh traveler. Apa lagi kalau bukan tiket perjalanan dan akomodasi. Nggak bisa disangkal, dua faktor ini sangat menguras kantong. Terutama kalau kamu tipe traveler dengan budget rendah.

 

Namun, jangan khawatir. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menekan biaya perjalanan. Salah satunya adalah dengan mencari penginapan gratis!

 

Saat ini banyak sekali pilihan yang bisa kamu manfaatkan di dunia komunitas online. Di berbagai situs, kamu bisa mendapatkan informasi penyediaan fasilitas tidur gratis di destinasi tujuan kamu.

 

Berikut rekomendasi yang bisa kamu pertimbangkan untuk solusi nginap gratis.

 

1. Couchsurfing

Buat yang sering berpergian, situs ini pasti sudah tidak asing lagi. Couchsurfing menghubungkan para traveler dengan menawarkan tumpangan tempat tinggal. Cara daftarnya sangat mudah. Kamu tinggal membuat profil lengkap di Couchsurfing. Ingat, di sini kamu bakal numpang di rumah pemilik (host), jadi kamu harus mengisi profil dengan jujur. Para host biasanya menyediakan sofa, matras, atau bahkan garasi untuk kamu tinggal. Oh ya, di sini kamu tidak hanya mendapat tempat tidur gratis, tapi juga kesempatan untuk mempelajari budaya lokal, berbagi keahlian dan pengalaman dengan orang-orang baru, bahkan menjalin pertemanan dengan host-mu.

 

Artikel Terkait: Inspirasi Liburan Murah

  1. Weekend Getaway ke Cirebon, Solusi Liburan Murah Meriah
  2. Sisa Cuti Habis, Bisa Liburan Murah ala ‘One Day Trip’
  3. Jadi Turis yang Baik, Ketahui Etika Memberi Tip Saat Berlibur ke 5 Negara Asia Berikut Ini!

 

2. Bewelcome

Komunitas Bewelcome sangat mirip dengan Couchsurfing. Hanya saja, usianya lebih muda. Caranya juga sama. Kamu tinggal membuat profil di situs, sehingga bisa dilihat oleh para host. Sayangnya, karena relatif baru, Bewelcome memiliki anggota lebih sedikit. Jadi, kesempatan kamu tidak sebesar di Couchsurfing.  

 

3. Global Freeloaders

Seperti komunitas lainnya, Global Freeloaders juga memberikan fasilitas tidur gratis buat kamu. Namun, perbedaannya adalah, setelah kamu menjadi tamu di rumah beberapa penjamu. Nantinya kamu juga harus menjamu pelancong lain. Misalnya, kalau kamu sudah pernah berkunjung dan menginap gratis di rumah 20 penjamu, maka nantinya kamu juga harus menjamu 20 orang.

 

4. Trustroots

Konon, komunitas ini sangat berguna bagi para hitchhikers. Pelancong jenis ini biasanya berkelana dengan menumpang kendaraan yang lewat. Nah, Trustroots memberi kamu tempat menginap gratis sekaligus bakal memberi rekomendasi cara terbaik untuk hitchhiking ke destinasi kamu berikutnya. Mulai dari informasi mengenai lokasi kamu bisa dapat tumpangan yang mudah, atau bisa jadi dia kenal orang yang bisa mengantar ke tempat tujuanmu. Menariknya, ini semua gratis, lho.

 

5. Housesitting

Dibandingkan dengan komunitas sebelumnya, housesitting menawarkan sesuatu yang sangat berbeda. Di sini, kamu bertugas menjaga dan merawat rumah orang ketika mereka sedang berpergian atau tinggal di luar negeri. Pilihan ini sempurna, terutama kalau kamu sedang ingin beristrahat di tengah perjalanan untuk waktu yang cukup lama. Selagi istirahat, kamu bisa merencanakan perjalanan selanjutnya sembari menjelajahi daerah sekitar.

 

Artikel Terkait: Mencari Dana untuk Liburan

  1. Pinjam Uang Cepat untuk Tambah Bujet Liburan di Tengah Tahun
  2. Pengeluaran yang Biasanya Dikeluarkan Generasi Millenial Selama Liburan
  3. Benarkah Masalah Finansial Jadi Penyebab Rencana Liburan Jadi Hanya Sekadar ‘Wacana’?

 

6. Helpx

Untuk para backpacker yang sering berpindah-pindah, pilihan ini sangat cocok. Helpx khusus memberi tempat menginap gratis dalam jangka waktu pendek. Keuntungan lain adalah kamu juga bisa mendapat makanan gratis. Sebagai gantinya, kamu harus menyumbang beberapa jam dalam seminggu untuk membantu pemilik rumah. Oh iya, kamu bisa mendaftar gratis di situsnya. Namun, kalau kamu ingin melihat profil host yang lebih lengkap, kamu harus membayar USD25.

 

7. Worldpackers

Community site ini berfokus pada kemampuan yang kamu miliki. Jadi, saat mendaftar kamu harus memberi informasi mengenai skill dan situs Worldpackers akan memberi informasi calon penjamu dan durasi yang mungkin buatmu. Kamu bisa mendapat makanan gratis. Sebagai gantinya, kamu bisa mempergunakan kemampuan kamu untuk membantu penjamu.

 

Nah, sekarang sudah tahu kan kalau ternyata di luar sana banyak cara untuk menekan biaya perjalanan? Tujuh community site di atas cuma sebagian dari sekian pilihan yang ada di dunia maya. Kamu tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan kamu pada saat perjalanan nanti. Bagaimana? Sudah menentukan pilihan?

 

CAT 3

 

 

 

 


KENNY CAROLINE

KENNY CAROLINE