SWARA – Memasuki musim hujan seperti ini, para pengendara motor harus selalu sedia jas hujan dan perawatan ekstra untuk motornya. Jas hujan berfungsi untuk melindungi diri dari deras hujan yang bisa saja membuat sakit. Sedangkan perawatan ekstra untuk motor sebagai solusi atas permasalahan teknis pada motor yang sering kali terjadi saat motor sering terkena hujan.

 

Masalah-masalah yang sering terjadi pada motor di kala musim penghujan seperti ini diantaranya adalah roda motor yang cepat rusak. Sebenarnya, apa si yang membuat roda kendaraan motor kita cepat rusak di musim penghujan? Berikut penjelasannya.

 

Artikel terkait: Hobi otomotif yang nguras isi dompet

  1. 5 Mobil  jadul yang Cocok bagi Penyuka Gaya Klasik
  2. Ini 7 Mobil Mewah Koleksi Seleb Indonesia, Harganya Wow!
  3. 7 Rekomendasi Mobil Sport di Bawah Rp1 M yang Bisa Kamu Beli

Tersiram air hujan munculkan banyak risiko

Saat musim hujan, motor lebih sering berinteraksi dengan air hujan dan tanah – tanah yang becek. Kalau dibiarkan campuran kotoran dan air hujan yang melekat di kendaraan akan membawa dampak negative pada motormu. Bagian yang paling sering terkena kotoran dan air hujan yaitu kaki – kaki motor, rantai, sokbreker, dan kampas rem. Selain itu ada bagian lain juga yang sering luput perhatian yaitu bering atau laher roda.

 

Saat musim hujan, laher roda yang sering terkena air hujan dan kotoran akan lebih cepat rusak. Biasannya karena genangan air bercampur debu, laher roda motor akan menurun hingga cepat oblak. Hal ini tentunya berbahaya jika terus menerus dibiarkan tanpa dibersihkan atau diganti dengan karet laher yang baru.

Endapan garam pengaruhi bagian roda motor

Mengetahui bagaian laher rusak juga menjadi tanggung jawab kamu sebagai pengguna transportasi. Lalu, bagaimana caranya untuk mengetahui jika laher sudah oblak atau rusak? Ciri – ciri dari rusaknya bearing atau laher roda yaitu munculnya endapan garam besi di bagian as roda motor.

 

Selain itu, putaran roda juga menjadi terhampir dan nggak stabil. Hal ini dikarenakan adanya gesekan antar komponen tanda bahwa komponen – komponen di dalamnya sudah nggak pada posisinya dan mengganggu jalannya motor.

 

Nah kalau sudah begini harus segera dibersihkan atau bahkan diganti dengan yang baru. Kalau kamu terus membiarkannya begitu saja kerusakan yang awalnya hanya ada di laher roda saja akan merembet ke kerusakan fungsi lainnya seperti rem, rantai, sok breker hingga ban motormu yang menjadi cepat gundul atau jadi nggak rata.

 

Artikel Terkait: Untuk kamu yang suka pakai kendaraan matic

  1. Mudik dengan Mobil Matic? Perhatikan Hal Penting Ini Agar Aman di Jalan
  2. Pengendara Matic, Ini Alasan Kick Starter Penting untuk Kamu Gunakan Supaya Performa Motormu Tetap Baik
  3. 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengendara Mobil Matic

 

Rajin bersihkan motor dan tepat waktu untuk service

Untuk mencegah berbagai risiko yang ditimbulkan karena motor sering tersiram air hujan dan kotoran, ya dengan rutin membersihkan. Sebelum roda motor rusak kamu wajib melakukan pencegahannya dengan langkah yang sederhana. Yaitu, selalu membersihkan kaki – kaki motor setelah berkendara di waktu hujan atau motor kehujanan. Lalu segera ganti laher motormu kalau tanda – tanda seperti di atas sudah terlihat. Kalau kamu masih memaksa untuk memakai motormu dengan laher yang lama akan membuat laju motor menjadi kurang stabil saat digunakan, lho.

 

Dari pada kamu membahayakan dirimu sendiri dengan laher roda yang mulai rusak, cegah dangan rajin membersihkannya atau langsung mengganti laher roda yang sudah rusak.

 

Sudah tahu, kan, alasan kenapa roda motor lebih cepat rusak di musim penghujan.Lakukan cara yang tepat seperti ulasan di atas untuk bisa mengatasinya!

 

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!