SWARA – Sepeda lipat tidak hanya digemari oleh para pecinta olahraga. Saat ini sepeda lipat  semakin populer sebagai kendaraan pribadi. Keunggulannya yaitu bisa dilipat sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Di samping praktis, sepeda lipat juga ramah lingkungan.

 

Bahkan tidak sedikit orang di era new normal memutuskan untuk menggunakan sepeda lipat sebagai pilihan berkendara yang aman. Banyak yang beralih menggunakan sepeda lipat untuk pergi ke kantor. Tidak hanya menghemat biaya, bersepeda juga sekaligus berolahraga mengayuh sepeda, sehingga membuat tubuh semakin bugar. Dengan bersepeda kamu menjadi ikut ambil peran untuk mengurangi polusi udara. 

 

Adapun kelebihan sepeda lipat dibandingkan dengan sepeda biasa adalah praktis. Ketika bepergian ke luar kota, kamu dapat membawanya sambil berlibur. Selain praktis, sepeda lipat juga menghemat space, sehingga tidak memakan tempat untuk menyimpannya. 

 

Tips membeli dan merawat sepeda lipat

Tips saat membeli sepeda lipat adalah pilih berdasarkan ukuran. Hal ini perlu kamu pertimbangkan, karena ukuran dan berat sepeda lipat berbeda-beda. Pilih yang praktis dan mudah dibawa ke mana-mana, misalnya yang seberat kira-kira 10kg. Jika kamu ingin yang lebih ringan, bisa pilih yang beratnya kurang 10kg dan jika mudah disimpan atau dibawa dengan mobil, pilih yang beratnya di bawah 15kg.

 

Berat juga memengaruhi harga. Jika kamu ingin sepeda yang beratnya di bawah 10kg, minimal siapkan Rp5 juta rupiah. Sementara untuk sepeda dengan berat di bawah 15kg, minimal siapkan bujet 3 juta rupiah.

 

Tips kedua, perhatikan ukuran ban. Biasanya ukuran 14-16 inci cocok digunakan untuk berkeliling santai. Pada umumnya ban sepeda lipat mempunyai ukuran 12-26 inci. Semakin kecil bannya, maka semakin ringan saat dikayuh. Namun perlu diketahui bahwa ban kecil sulit melaju dengan kencang, dan berlaku sebaliknya.

 

Kamu harus rutin melakukan perawatan, mulai dari mencucinya secara rutin. Siram secara perlahan, gosok bagian yang kotor seperti ban, dan lap sampai kering. Kamu bisa mencucinya dua minggu sekali, tapi sebaiknya disesuaikan dengan tingkat pemakaian.  

 

Kamu juga harus memperhatikan bagian operasional sepeda lipat, seperti kabel shifter, rem dan rantai. Jangan biarkan sampai karatan karena akan membuatnya menjadi kurang berfungsi. Kamu bisa oleskan oli atau minyak pelumas pada bagian operasional. 

 

Baca Juga : Ini 11 Cara Mudah Beli Mobil Walaupun Bergaji Kecil

 

7 Rekomendasi sepeda lipat yang bisa kamu jadikan pilihan 

 

1. Brompton M6R

 

Brompton adalah salah satu merek sepeda lipat yang mendunia. Merek sepeda lipat asal inggris ini selalu menyempurnakan desain selama lebih dari 30 tahun. Jenis sepeda ini mudah dilipat menjadi ukuran yang ringkas. Sepeda Brompton dapat dengan mudah dibawa ke semua bentuk transportasi umum, di bagasi mobil, dan dapat disimpan di bawah meja kantor. Adapun rentang harga sepeda ini mulai dari Rp10- 49 juta.

 

2. 20 Polygon tern link B7

 

Jenis sepeda  ini mempunyai rangka yang kokoh dan ringan. Tampilan desainnya stylish membuat banyak orang tertarik untuk membawanya bepergian keliling kota. Tern Link B7 mudah untuk disimpan karena bagian kerangka, stang, pedal dan roda belakangnya bisa dilipat dengan mudah. Jika kamu tertarik dengan sepeda ini, kamu bisa menyiapkan uang sekitar Rp5,5 juta.

 

3. Dahon Mu Uno 

 

Dahon Mu Uno adalah salah satu merek sepeda lipat yang cukup sempurna dalam hal desain, pengalaman berkendara, daya tahan, mobilitas dan cukup sederhana. Perlu diketahui bahwa sepeda ini menarik perhatian para bersepeda karena desain yang minimalis dan fitur-fitur yang cukup bagus.

 

Dahon Mu Uno hanya memiliki berat 9,9 kilogram. Keuntungan lainnya dari Dahon Mu Uno adalah bahwa sepeda ini mudah dilipat dan mudah dibawa. Harga yang ditawarkan dari sepeda ini mulai dari harga Rp5-30 juta.

 

4. Polygon Urbano 13 

 

Merek polygon mempunyai model yang beragam dan desain yang selalu up-to-date. Salah satunya Urbano 13, seri ini mempunyai desain kasual yang charming dan kukuh. Sepeda ini mempunyai berat 11. 6 kg dengan ukuran roda 20 inci. Jenis sepeda ini juga ringan sehingga mudah dibawa. Harganya sekitar Rp4,6 juta.

 

5. Trifold 7s

 

Sepeda Trifold 7s adalah varian dari United Trifold. Jenis sepeda ini menggunakan roda ukuran 16 inchi. Dengan roda yang tidak terlalu besar, ukurannya juga tidak terlalu besar sehingga nyaman digunakan sehari-hari. Harganya sepeda tersebut sekitar Rp7- 10 juta.

 

6. Folding Bike 20 6S

 

Jenis sepeda  ini dikeluarkan oleh London Taxi dan mempunyai konsep yang klasik dan vintage. Sepeda ini dilengkapi dengan sistem pengereman V-brake, shifter-nya juga dapat mengatur kecepatan sampai enam transmisi kecepatan. Jenis Folding bike ini berukuran 20 inci. Harganya sekitar Rp3, 8 juta.

 

7. Trifold 11

 

Selanjutnya adalah Trifold 11. Untuk Trifold 11 sudah memiliki 11 kecepatan yang diperoleh dari Shimano Alfine 11 speed. Selain itu, seri ini sudah mengaplikasikan rem jenis disk brake. Harga sepeda yang ditawarkan mulai dari Rp18 – 25 juta.

 

Buat kamu yang suka bersepeda, sepeda lipat bisa menjadi salah satu pilihan alternatif  yang dapat kamu pakai untuk berkeliling kota ataupun pergi ke kantor, karena cukup praktis dan mudah dibawa. Selain itu, kamu juga bisa membantu mengurangi polusi udara dengan menggunakan alat transportasi yang ramah lingkungan.