SWARA – Transportasi yang paling irit dan menghemat waktu saat ini adalah sepeda motor. Kalau kamu terlambat bangun dan harus segera mengejar kendaraan umum, memanggil ojek (baik online ataupun pangkalan) adalah solusi terbaik. Pakai taksi? Yang ada kamu akan terjebak macet. Apalagi macetnya jalanan saat jam berangkat kerja sudah bisa diprediksi. Pasti ramai banget! Nah, motor adalah solusi untukmu supaya bisa membelah kemacetan di kala terlambat. Si gesit yang bikin nyaman.

 

Berbagai jenis sepeda motor hadir dengan berbagai keunggulannya, Jika kamu perempuan dengan tubuh yang kecil kamu bisa menggunakan sepeda motor dengan ukuran kecil yang didesain supaya mudah dibawa oleh wanita. Jika kamu adalah anak indie, kamu bisa membeli berbagai skuter matic dengan warna pastel yang menarik.

 

Masih bingung mau membeli motor yang seperti apa? Berikut ini beberapa tips yang harus kamu perhatikan sebelum membeli sepeda motor.

 

 

1. Cari tahu apa tujuanmu membeli motor

Sebelum kamu membeli motor, kamu harus paham apa saja kebutuhanmu dan alasanmu mengapa membeli motor. Jika kamu wanita, kamu mungkin akan lebih memilih untuk membeli motor matic dibandingkan dengan menggunakan motor biasa. Motor yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, akan berbeda dengan motor yang dipakai untuk offroad.

 

 

2. Tentukan tipe sepeda motor

Setelah kamu mengetahui tujuanmu membeli motor, kamu bisa menentukan tipe sepeda motor apa yang akan kamu beli. Jika kamu ingin menghemat, kamu bisa membeli sepeda motor dengan pembakaran bensin yang irit. Uangnya bisa dialokasikan ke yang lain lho!

 

 

3. Area jelajah

Nah, kamu bisa melihat, di daerah tempatmu mengendarai motor nanti, bagaimana kondisi lingkungannya. Kira-kira apakah mesin motor matic bisa tahan banting dipakai di daerah yang penuh dengan bukit? Atau kamu harus mempertimbangkan untuk membeli motor bebek?

 

 

4. Sesuaikan dengan budget-mu

Jangan pernah mau termakan gengsi, yang penting adalah kegunaan. Jika kamu pintar memilih, kamu bisa menemukan sepeda motor yang berkualitas namun tetap ramah kantong. Terkadang iklan bisa membuatmu tidak sadar mana yang benar-benar kebutuhan, mana yang hanya lapar mata. 

 

 

5. Beli di dealer resmi

Kamu bisa mempertimbangkan  untuk membeli motor di dealer resmi karena kerap kali ada diskon ataupun promo bonus merchandise  yang tidak akan kamu dapatkan saat membeli di tempat lainnya. Bisa saja saat kamu membeli motor yang sudah dipasang onderdil palsu. Jika kamu membeli di dealer resmi, kamu bisa mengklaim garansi apabila ada kerusakan. Jauh lebih ekonomis kan?

 

 

6. Harga motor

Setiap dealer bisa saja memberikan harga yang berbeda.  Hal ini tergantung pada bonus yang diberikan, ataupun layanan purna-jual barang. Kamu harus mempertimbangkan hal-hal ini sebelum kamu memutuskan untuk membeli motor di dealer tertentu.

 

 

7. Promo pembelian dan merchandise

Terkadang, keberadaan promo pembelian dan merchandise baru diberitahukan setelah kamu bertanya kepada dealer. Untuk itu, penting untukmu menanyakan hal ini di awal supaya bisa mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai di mana dan tipe motor seperti apa yang akan kamu beli.

 

 

8. Mengecek langsung motornya

Kalau ada layanan test drive, kamu bisa mencoba motor sebelum memutuskan untuk membeli. Kamu bisa langsung datang ke showroom motor tersebut, karena bisa saja warna motor yang ada di brosur tidak sesuai dengan warna asli motor. Lebih baik kamu datang langsung supaya tidak kecewa bila motor tidak sesuai dengan gambar di brosur.

 

 

9. Cek fitur dan kelengkapan

Jangan hanya melihat, kamu juga harus mengecek fitur dan kelengkapan motor sebelum membelinya. Kamu harus melihat apakan motor yang kamu beli memiliki kelengkapan standar seperti helm, manual book, buku servis, jaket, dan juga kunci motor. Barang-barang ini wajib ada karena menjadi standar kelengkapan barang yang akan dipasarkan oleh pabrik.

 

 

10. Garansi motor

Garansi motor adalah hal yang harus diperhatikan. Setelah kamu membeli motor, bukan berarti kamu putus hubungan dengan dealer. Dealer tetap harus bertanggung jawab apabila ada kejadian yang tidak mengenakkan terkait dengan motor barumu. Perhatikan garansi motormu supaya kamu tidak mengalami hal ini ya.

 

 

11. Menanyakan tentang plat putih

Pengurusan plat nomor bisa jadi  memakan waktu yang lama. Supaya kamu bisa memakai motormu di jalan raya, kamu bisa menanyakan apakah akan tersedia plat putih. 

 

 

12. Tempat servis dan sparepart

Carilah merk yang tempat servisnya mudah ditemukan. Pastikan juga sparepart motor yang kamu beli mudah ditemukan di kotamu. Takutnya, apabila terjadi kerusakan motor, maka kamu akan mudah membetulkannya,

 

 

13. Jangan terburu-buru

Jika kamu belum yakin untuk membeli barang di suatu dealer, masih banyak dealer lain yang tersedia. Kamu masih memiliki banyak waktu untuk mencari tahu. Dapatkan harga terbaik dengan layanan purna-jual yang paling menjanjikan!

 

 

14. Jangan mau dipungut biaya apapun sebelum deal 

Dalam membeli motor, jangan mau disuruh menandatangani perjanjian pembayaran apapun jika kamu belum deal. Surat yang kamu tandatangani harus memiliki kop resmi dealer, dan juga cap sebagai tanda legalitas perjanjian. Dengan adanya surat ini, kamu bisa mengajukan klaim apabila terjadi masalah dengan motormu.

 

Bagaimana, kamu sudah tahu kira-kira mau beli motor seperti apa? Eit, cek dulu bujetmu. Apabila ternyata motor impianmu masih belum masuk bujet, kamu bisa mempertimbangkan untuk memakai jasa pinjaman online. Kamu bisa menggunakan aplikasi Kreditpedia untuk memilih penyedia jasa pinjaman online. Tidak hanya itu, dengan Kreditpedia kamu bisa mengetahui simulasi cicilan per penyedia pinjaman online sehingga kamu bisa bebas memilih sesuai dengan kebutuhanmu.

 

Siap berkeliling kota dengan mengendarai motor baru? Ucapkan selamat tinggal pada terlambat karena macet!

 


Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas