Beranda > Gaya Hidup > Ogah Kena Macet Saat Arus Balik Lebaran Nanti? Laksanakan 5 Tips Ini

Ogah Kena Macet Saat Arus Balik Lebaran Nanti? Laksanakan 5 Tips Ini

Ogah Kena Macet Saat Arus Balik Lebaran Nanti? Laksanakan 5 Tips Iniwatermark

TUNAIKU.COM – Baik arus mudik maupun arus balik, kemacetan selalu menjadi rintangan yang bikin sebal di jalan. Hal ini dipicu oleh menumpuknya jumlah kendaraan pemudik pada waktu dan titik tertentu. Kalau cukup parah, antrean kendaraan bisa mengular hingga berkilo-kilometer.

Terus, gimana biar perjalananmu lancar jaya saat menempuh arus balik Lebaran nanti? Nih, Tunaiku sudah merangkum sejumlah triknya buatmu!

 

1. Tentukan hari kepulangan dengan bijak. Hindari pulang saat puncak arus balik

Jangan malas memantau berita tentang arus balik. Lewat berita di berbagai media elektronik, kamu bisa memantau kapan puncak arus balik diprediksi akan terjadi. Pada hari-hari tersebut, jalanan diperkirakan bakal macet-macetnya. Untuk menghindarinya, berangkatlah sebelum atau setelah hari tersebut.

 

2. Jam berangkatnya juga perlu diperhitungkan, lho

Selain harinya, waktu keberangkatan juga perlu diperhitungkan. Daerah yang rawan macet biasanya dibanjiri kendaraan pada jam-jam tertentu. Jadi, bila kamu ingin tetap lewat sana tapi ogah macet, hindarilah jam-jam rawan macet tersebut.

 

3. Manfaatkan teknologi untuk memantau situasi rute yang hendak kamu lalui

Kini kamu dapat memantau situasi rute yang akan kamu lalui dari ponselmu dengan mudahnya. Kamu bisa memperoleh info terkini tentang rute perjalananmu dari akun media sosial satuan lalu lintas wilayah setempat atau aplikasi GPS seperti Google Maps atau Waze.

Waze memanfaatkan real-time update dari sesama pengguna yang sangat membantumu dalam mengecek jalur yang akan kamu lalui. Semakin banyak pengguna Waze di jalur tersebut, umumnya makin update pula informasinya. Nggak hanya itu, Waze juga memberikan opsi jalur alternatif untuk menghindari daerah yang rawan macet. Praktis, ‘kan?

 

4. Sambil bertualang, nggak ada salahnya menikmati jalur alternatif

Kalau kamu bakal melewati daerah yang langganan macet, lebih baik ubah rutemu ke jalur alternatif. Jalur alternatif mungkin nggak senyaman jalur yang biasanya. Selain bisa bikin kamu sedikit memutar, jalur alternatif juga bisa membawamu mendaki bukit dan melewati lembah.

Tapi, nggak ada ruginya dicoba. Hitung-hitung sambil bertualang dan menikmati pemandangan yang nggak biasa.

 

5. Terakhir, selalu patuhi rambu lalu lintas dan arahan petugas selama berkendara!

Pelanggaran saat berlalu lintas seringkali menjadi salah satu penyebab macet, apalagi saat arus mudik dan arus balik. Makanya, pastikan kamu selalu mematuhi peraturan lalu lintas selama berkendara. Jangan sampai jalanan yang sudah macet jadi makin macet gara-gara keegoisanmu di jalan raya!

 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menghindari macet saat arus balik Lebaran nanti. Kalau kamu punya tips lainnya, jangan sungkan untuk membaginya dengan Kawan Tunaiku lainnya di kolom komentar, ya!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett