Beranda > Gaya Hidup > Liburan Naik Gunung, Ini 5 Gunung dengan Pemandangan Alam Indah di Pulau Jawa

Liburan Naik Gunung, Ini 5 Gunung dengan Pemandangan Alam Indah di Pulau Jawa

Artikel ini ditulis oleh:
Liburan Naik Gunung, Ini 5 Gunung dengan Pemandangan Alam Indah di Pulau Jawawatermark

TUNAIKU.COM – Sebagai negara sejuta pesona, Indonesia tentu memiliki banyak gunung dengan pemandangan alam yang indah dan menakjubkan, salah satunya gunung di Jawa. Nah, jadi nggak ada salahnya jika sesekali liburan naik gunung dan merasakan suasana yang berbeda.  Selain kawah, kamu bisa menyaksikan awan-awan berarak ringan di bawah kakimu. Informasi terkait gunung-gunung terindah di Jawa ini saya rangkum dalam ulasan berikut.

 

Artikel Terkait: Tips Liburan Hemat

  1. 8 Cara Bisa Liburan Tanpa Harus Takut Kehabisan Uang
  2. Tips Liburan Mewah tapi Tetap Hemat
  3. 6 Tips Ampuh Liburan lebih Hemat

 

1. Gunung Merbabu

Gunung pertama di Pulau Jawa yang menawarkan pemandangan alam menakjubkan ini berada di ketinggian 3.142 mdpl. Lokasi tepatnya yaitu di Kabupaten Salatiga, Boyolali, Magelang, Jawa Tengah. Pemandangan alam yang menjadi ciri khas Gunung Merbabu adalah sabana hijau yang membentang luas serta 5 kawah yang sangat populer karena keindahannya.

Kamu tentu pernah mendengar nama Kawah Candradimuko, Kombang, Rebab, Kendang, dan Sambernyowo. Selain itu, kedua puncaknya, yakni Syarif dan Songo tidak boleh kamu lewatkan saat berada di Gunung Merbabu.

Berada di puncaknya membuatmu seakan-akan bisa menyaksikan semua kawasan yang menjadi bagian dari Pulau Jawa. Apalagi saat menyaksikan matahari terbit dan terbenam dari sini di pagi dan sore hari serta menyaksikan arak-arakan awan cumulus, dijamin liburan naik gunung akan berkesan dan bikin enggan pulang.

2. Gunung Semeru

Gunung tertinggi di Pulau Jawa sekaligus peringkat ke-3 sebagai gunung berapi tertinggi di Indonesia ini berada di ketinggian 3.676 mdpl. Pemandangan paling eksotis bisa kamu dapatkan saat berada di puncaknya, yaitu Mahameru.

Gunung yang berada di kawasan Malang dan Lumajang, Jawa Timur ini menawarkan hamparan awan. Bahkan, saya sampai ingin berjalan-jalan di atasnya. Pesona alam yang begitu memikat ini juga bisa bikin lupa pada bengkak di kaki selama perjalanan pajang menuju gunung ini.

Tapi, perlu berhati-hati juga dengan asap beracun yang berasal dari kawah Jonggring Saloka. Siapkan masker saat kamu melewati kawah-kawah lainnya di Mahameru. Kemudian, untuk menghilangkan penat, kamu bisa bermalam di tepi danaunya yang begitu cantik, yakni Ranu Kumbolo.

CTABARU4

Mobile Site CTA

3. Gunung Papandayan

Buat kamu yang tinggal di Jawa Barat dan mencari gunung dengan pemandangan terindah, kamu tidak perlu pergi jauh-jauh, karena ada Gunung Papandayan di sini. Medan yang dilalui juga tidak terlalu sulit sehingga cocok untuk kamu yang baru pertama kali mendaki atau liburan naik Gunung.

Gunung yang berada di ketinggian 2.665 mdpl ini dilengkapi dengan banyak kawah. Uap yang ke luar dari kawah-kawah tersebut membuat pemandangan Papandayan makin terlihat menakjubkan. Satu spot yang tidak boleh kamu lewatkan yaitu Tegal Alun yang merupakan tempat strategis buat kamu yang ingin menyaksikan hamparan Padang Edelweiss.

 

4. Gunung Prau

Gunung yang terletak di Wonosobo, Jawa Tengah ini sudah tidak aktif. Meski demikian, lokasi tepatnya yaitu di Kompleks Dieng yang merupakan kawasan gunung berapi besar. Puncaknya berada di ketinggain 2.565 mdpl dan sering dijadikan tempat kemping.

Tidak terhitung alasan jika kamu liburan naik gunung dan memilih datang ke Gunung Prau. Contohnya suasana pagi yang menawarkan pemdangan gunung yang dilingkupi kabut dan matahari yang masih mengintip malu-malu. Selain itu, kamu juga bisa melihat 2 gunung berapi terdekat, yaitu Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro dari sini.

 

Artikel Terkait: Cara Mengurus Visa untuk Liburan ke Luar Negeri

  1. 9 Negara Ini Bisa Kita Kunjungi Tanpa Visa, Lho!
  2. Mau Buat Visa? Siapkan Dokumen-dokumen untuk Berikut, Yuk!
  3. Pengen ke Eropa? Perhatikan 5 Hal Ini Agar Tembus Mengurus Visa Schengen

 

5. Gunung Bromo

Tidak kalah dari keempat gunung sebelumnya, Bromo juga menawarkan pemandangan alam menakjubkan yang bisa kamu saksikan dari puncaknya. Gunung yang terletak di Jawa Timur ini berada di ketinggian 2.845 mdpl.

Liburan naik gunung ke tempat ini kamu bisa menyaksikan gunung-gunung lain yang dilingkupi kabut dan hamparan awan dari puncaknya. Seakan-akan melihat lukisan buatan yang begitu sempurna. Selain itu, kamu bisa melihat Gunung Batok dan Semeru dari sini.

Masih banyak gunung di Jawa yang menawarkan pemandangan indah dan menunggu kedatanganmu. Jadi, segera siapkan rencana liburan naik gunung dan jadwalkan pendakian. Rasakan sensasi terapi alami buat kamu yang selama ini hampir stres karena beban kerja yang begitu berat.

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett