SWARA – Setiap orang perlu memiliki dana darurat untuk memenuhi kebutuhan mendesak, seperti biaya pengobatan. Namun, terkadang dana darurat bisa saja tidak mencukupi kebutuhan tersebut. Di sinilah kamu terpaksa mengajukan pinjaman untuk dana kesehatan. 

 

Keuntungan Mengajukan Pinjaman untuk Dana Kesehatan

 

Membiayai pengobatan memerlukan dana yang besar. Bila kamu tidak memiliki tabungan dana darurat yang cukup maupun asuransi kesehatan, kamu akan kesulitan untuk mencari sumber biayanya. 

 

Saat kamu tidak memiliki dana yang cukup, pengobatanmu terpaksa ditunda. Semakin lama pengobatan ditunda, kondisi kesehatanmu juga akan semakin memburuk. 

 

Mengajukan pinjaman bisa menjadi alternatif solusi untuk masalah ini. Dana pinjaman memungkinkan kamu untuk mendapatkan biaya tambahan dalam kondisi darurat untuk keperluan medis dengan cepat. 

 

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pengobatan tepat waktu. Nantinya, kamu melakukan cicilan pembayaran pinjaman setiap bulan, berdasarkan aturan bunga dan jatuh tempo dari penyedia pinjaman. 

 

Sumber Pinjaman untuk Dana Kesehatan

 

Kamu mungkin sudah memutuskan ingin mengajukan pinjaman untuk dana kesehatan. Namun, ke mana kamu bisa mendapatkan pinjaman tersebut? 

 

Berikut ini ada beberapa rekomendasi sumber pinjaman untuk memenuhi kebutuhan daruratmu:

 

  • Meminjam dari teman atau keluarga

 

Ini adalah cara paling aman untuk mendapatkan pinjaman. Kamu bisa mengandalkan koneksi dengan teman dan keluarga untuk meminjam uang. Tentunya tidak ada bunga besar yang wajib kamu bayarkan ketika meminjam dari teman atau keluarga.

 

Akan tetapi, hal ini juga memiliki kerugian. Sebab, jika kamu gagal melunasi pinjaman, bisa-bisa hubunganmu dengan teman atau keluarga jadi berantakan. 

 

  • KTA di bank

 

Sejumlah bank di Indonesia menyediakan layanan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Layanan ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan pinjaman tanpa perlu menjaminkan aset tertentu. 

 

KTA di bank umumnya tidak menetapkan bunga pinjaman yang terlalu besar. Namun, di satu sisi, proses pencairan dananya juga cukup lama karena harus melalui verifikasi data yang kompleks. 

 

  • Pinjaman online

 

Pinjaman online adalah sumber pinjaman yang dikenal memiliki proses pencairan cepat. Persyaratan yang diperlukan juga cukup mudah, sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk mempersiapkannya. 

 

Hal ini membuat pinjaman online menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan dana darurat. Supaya proses cicilan tidak berat nantinya, pilihlah pinjaman online yang aman, terpercaya, serta menetapkan besaran bunga yang rendah. 

 

Pertimbangan Sebelum Meminjam Uang untuk Kesehatan

 

Meskipun kamu memerlukan dana kesehatan dalam kondisi darurat, kamu tetap harus bijak dalam memilih pinjaman. Jangan terlalu terburu-buru menentukan sumber pinjaman tanpa melakukan pertimbangan yang matang.

 

Sebaiknya, sebelum mengajukan pinjaman untuk keperluan medis, pertimbangkan dulu hal-hal berikut ini:

 

  • Jangka waktu pinjaman

 

Jangka waktu pinjaman akan menentukan berapa lama waktu yang kamu perlukan untuk melunasi pinjaman. Setiap penyedia pinjaman menentukan jangka waktu yang berbeda-beda. 

 

Semakin panjang jangka waktunya, maka semakin rendah nominal cicilan yang perlu dibayarkan setiap bulannya. Tapi, pertimbangkan juga besaran bunga, karena jangka waktu yang panjang membuat tingkat suku bunga juga menjadi lebih tinggi. 

 

  • Bunga pinjaman

 

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, jangka waktu pinjaman berkaitan erat dengan total bunga yang perlu dibayarkan. Pertimbangkan besaran suku bunga pinjaman sebelum memilih sumber pinjaman. 

 

Jika ingin memilih pinjaman online, pilihlah pinjaman online dengan bunga rendah. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menentukan maksimal bunga untuk pinjaman online, yaitu sebesar 24 persen per bulannya. 

 

  • Strategi pelunasan

 

Ketika akan mengajukan pinjaman, pertimbangkan juga cara untuk melunasi pinjaman tersebut. Nantinya, bagaimana caramu untuk bisa melunasi utang pinjaman kesehatan tepat waktu? 

 

Buatlah strategi pelunasan sejak awal, supaya cicilan tidak terasa memberatkan setiap bulannya. Kamu bisa memulai dengan merencanakan berapa persen dari penghasilan bulanan yang akan dialokasikan untuk membayar cicilan.

 

Ingatlah untuk mempertimbangkan hal-hal di atas sebelum memilih sumber pinjaman. Apabila kamu tertarik menggunakan pinjaman online, salah satu pinjaman online yang bisa kamu pilih adalah Tunaiku.

 

Tunaiku bisa membantu kamu untuk memberikan pinjaman darurat dalam waktu yang cepat. Nominal pinjamannya juga cukup besar, sampai dengan Rp20 juta. Selain itu, bunga cicilannya juga sangat rendah, yaitu 3-4 persen saja per bulannya. 

 

Kamu bebas menentukan sumber pinjaman apa yang ingin dipilih untuk mendapatkan dana kesehatan. Namun, yang terpenting adalah menyadari kewajibanmu untuk melunasi pinjaman tersebut.