SWARA – Banyak yang menganggap bahwa pinjaman online memiliki bunga yang tinggi. Padahal, sebenarnya ada juga pinjaman online dengan bunga rendah, selama kamu pandai dalam memilihnya. 

 

Ada banyak pilihan pinjaman online dengan bunga yang beragam. Sebelum memilih, kamu harus memahami besaran bunga pinjaman online berdasarkan ketentuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

 

Besaran Bunga Pinjaman Online Menurut OJK

 

Fintech pinjaman online yang resmi dan terpercaya pasti sudah terdaftar di OJK. Jadi, mereka harus menjalankan kegiatan berdasarkan ketentuan dari OJK. 

 

Di internet, kamu bisa menemukan banyak penyedia pinjaman online yang ilegal atau belum terdaftar di OJK. Pinjaman online yang seperti itu bisa saja menetapkan bunga yang sangat besar per bulannya. 

 

OJK telah mensyaratkan pinjaman online untuk mematok bunga maksimal 0,8 persen per hari. Angka tersebut setara dengan maksimal 24 persen per bulan. 

 

Angka ini tentu sangat tinggi bila dibandingkan dengan pinjaman dari bank. Akan tetapi, pada kenyataannya, banyak pinjaman online yang memberikan bunga jauh di bawah batas maksimal tersebut. 

 

Kalau di pinjaman online ilegal, bunganya bisa mencapai 1 persen per hari, atau sama dengan 30 persen per bulan. Mereka bisa melakukan hal ini karena tidak terdaftar dan tidak diawasi secara resmi oleh OJK. 

 

Pinjaman Online dengan Bunga Rendah

 

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, banyak pinjaman online yang menetapkan bunga di bawah batas maksimal dari OJK. Kamu bisa menemukan pinjaman online dengan bunga yang rendah bila melakukan riset dengan mendalam. 

 

Salah satu pinjaman online bunga rendah yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Tunaiku. Tunaiku menetapkan bunga pinjaman hanya sebesar 3-4 persen per bulannya. Angka ini tentu jauh dari batas OJK yang ada pada angka 24 persen per bulan. 

 

Jadi, ketika memilih Tunaiku, kamu bisa mendapatkan pinjaman dengan cicilan yang sangat ringan. Tidak hanya itu, proses pencairan di Tunaiku pun cepat. 

 

Mengajukan pinjaman di Tunaiku sangat mudah. Kamu hanya perlu mempersiapkan KTP sebagai salah satu dokumen persyaratan. Tidak ada persyaratan yang rumit yang harus kamu penuhi, seperti saat mengajukan pinjaman di bank. 

 

Karena persyaratannya sederhana, proses pencairannya juga cepat. Kamu tidak perlu menunggu sampai satu atau dua minggu seperti ketika meminjam di bank. 

 

Cara Memilih Pinjaman Online Bunga Rendah

 

Saat akan memilih pinjaman online, pastikan kamu melakukan pertimbangan yang matang. Lakukan cara ini agar tidak salah memilih pinjaman online dengan bunga rendah:

 

  • Pinjaman Online yang Terdaftar OJK

 

Hal ini harus selalu kamu jadikan pertimbangan pertama. Pilihlah fintech pinjaman online yang memang resmi terdaftar di OJK. Kamu bisa mendapatkan informasi mengenai hal ini lewat situs resmi OJK.

 

Dengan memilih pinjaman online yang terdaftar OJK, kamu bisa mengadukan ke OJK apabila terjadi pelanggaran dari pihak penyedia pinjaman. Jadi, sebagai nasabah, kesejahteraanmu akan lebih terjamin. 

 

  • Memiliki kontak resmi

 

Setiap pinjaman online yang baik pasti selalu memberikan data kontak resmi kepada peminjam. Kontak resmi ini berguna untuk membantu peminjam atau nasabah ketika memerlukan informasi, membutuhkan bantuan, atau ingin melakukan pengaduan. 

 

Salah satu ciri pinjaman online bunga rendah yang tidak resmi adalah kontak yang tidak jelas, tidak memiliki alamat operasional, serta menggunakan email dari domain gratis seperti gmail

 

  • Bunga dan biaya administrasi yang jelas

 

Kamu mungkin tidak menyadari bahwa beberapa pinjaman online ilegal sengaja menyembunyikan bunga dan biaya administrasi mereka di awal. Jadi, ketika sudah mendaftar dan mengajukan pinjaman, barulah kamu tahu bahwa bunga dan biaya administrasinya ternyata sangat besar. 

 

Coba kunjungi situs resmi dari fintech pinjaman online. Di situs tersebut, biasanya mereka sudah menyebutkan besaran bunga serta biaya administrasi. Jadi, sebelum mengajukan pun kamu sudah mendapatkan informasi mengenai hal ini. 

 

Lakukan cara-cara di atas untuk memilih pinjaman online bunga rendah yang aman. Jika kamu salah memilih, bisa-bisa kamu terjebak dengan pinjaman online yang bunganya kelewat besar dan justru membahayakan keamanan data pribadimu.