SWARA – Vaksinasi Covid-19 saat ini sudah memasuki tahap kedua. Di area Jawa Tengah, ada tiga lokasi pemberian vaksin Covid, yaitu di Kota Semarang, Kabupaten Semarang, serta Kota Solo. 

 

Bagi kamu yang tinggal di Semarang, jika sudah memenuhi syarat, kamu sudah bisa mendatangi lokasi vaksin untuk vaksinasi. Saat ini, vaksinasi di Semarang juga sudah mulai diberikan untuk lansia. 

 

Lokasi Vaksin Covid-19 di Semarang

 

Dikutip dari Medcom, ada 37 puskesmas, 19 rumah sakit, serta satu Balai Layanan Kesehatan Masyarakat yang menjadi lokasi vaksin Covid di Semarang. Setiap peserta yang menerima vaksin bisa saja dipanggil ke fasilitas kesehatan yang berbeda-beda. 

 

Nantinya, kamu akan mendapat panggilan mengenai jadwal vaksin serta lokasi fasilitas kesehatan yang perlu didatangi. Jadwal yang disebutkan adalah jadwal detail untuk vaksin, mulai dari hari, tanggal, serta jam. 

 

Kamu bisa menerima vaksin dengan dua cara yang berbeda. Berikut ini penjelasannya:

 

  • Vaksinasi di fasilitas kesehatan

 

Jika memilih opsi ini, maka kamu akan mendapatkan vaksin Covid di lokasi fasilitas kesehatan Semarang yang melayani vaksinasi. Sebelumnya kamu perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. 

 

Khusus untuk masyarakat Semarang, pendaftaran bisa dilakukan melalui link http://semarang.kemkes.go.id/. Link itu berisi formulir online untuk mendaftar sebagai penerima vaksin, dengan mencantumkan data diri sesuai KTP. 

 

Akan tetapi, perlu diingat, untuk saat ini link tersebut disasar untuk masyarakat lanjut usia, yaitu berusia 60 tahun ke atas. Jadi, diharapkan yang mendatar melalui formulir online itu hanyalah masyarakat lanjut usia yang sudah memenuhi syarat. 

 

Data yang kamu cantumkan di formulir online akan masuk ke dinas kesehatan provinsi Jawa Tengah. Setelah itu, tunggu selama beberapa hari sampai kamu mendapat panggilan jadwal vaksin. 

 

  • Program vaksinasi massal

 

Apabila tidak sempat melakukan pendaftaran, kamu bisa mengikuti program vaksinasi massal. Program ini diselenggarakan oleh instansi yang bekerja sama dengan dinas kesehatan. 

 

Pelaksanaannya mungkin tidak akan dilakukan di fasilitas kesehatan seperti puskesmas atau rumah sakit. Contoh instansi yang bisa mengadakan program ini adalah organisasi pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN), Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), organisasi keagamaan, dan lain-lain.

 

Pada program vaksinasi massal, lokasi vaksin Covid Semarang akan ditentukan oleh instansi yang bersangkutan. Mereka jugalah yang akan menentukan hari dan waktu pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat lansia. 

 

Artikel Terkait: Hal-Hal yang Perlu Diketahui Tentang Vaksin Covid-19

  1. Vaksinasi Covid-19 Tahap 2 Dimulai, Pahami Alur Pelayanan di Faskes
  2. Pahami Lebih Jauh Soal Vaksin Covid-19, Ini yang Harus Kamu Tahu
  3. SWARA KAMU: Vaksin Covid-19 Beredar di Indonesia, Akankah Perekonomian Membaik?

 

Alur Pelayanan Vaksin Covid-19

 

Pelayanan vaksin Covid di Semarang memiliki alur yang serupa dengan pelayanan di fasilitas kesehatan kota-kota lainnya. Ada empat alur yang perlu kamu lalui ketika mengunjungi fasilitas kesehatan untuk vaksin. Alur tersebut adalah sebagai berikut: 

 

  • Meja 1

 

Meja 1 merupakan tempat untuk melakukan pendaftaran dan verifikasi. Kamu akan dilayani oleh petugas di meja 1 untuk melakukan pendaftaran dengan bukti e-ticket serta KTP.

 

Kamu bisa memperlihatkan hasil SMS panggilan mengenai jadwal vaksin. Kemudian, petugas akan melakukan verifikasi data, memastikan data di KTP sudah benar, serta melihat apakah kamu sudah datang di jadwal yang sesuai dengan panggilan. 

 

Petugas akan melakukan verifikasi menggunakan aplikasi Pcare Vaksinasi. Di aplikasi tersebut, terdapat data setiap peserta, dan data itu akan dicocokkan dengan KTP yang kamu bawa. 

 

  • Meja 2

 

Selanjutnya, lanjut ke tahap pemeriksaan kesehatan di meja 2. Tahap ini akan menentukan apakah kamu benar-benar layak mendapatkan vaksin atau tidak. 

 

Petugas akan melakukan pemeriksaan kesehatan fisik sederhana, yaitu pengukuran suhu tubuh serta tekanan darah. Hasil pemeriksaan akan dicantumkan dalam aplikasi Pcare Vaksinasi. 

 

Beberapa peserta bisa saja batal menerima vaksin karena hasil pemeriksaan dianggap tidak memungkinkan untuk vaksinasi. Misalnya bagi wanita yang sedang hamil atau menyusui, serta orang-orang yang memiliki kondisi komorbid tertentu. 

 

  • Meja 3

 

Setelah selesai di meja 2, kamu akan lanjut ke meja 3. Meja 3 merupakan tempat pelaksanaan vaksinasi. Seluruh fasilitas kesehatan yang menjadi lokasi vaksin Covid di Semarang pasti akan memiliki alur yang sama. 

 

Saat vial vaksin dibuka, petugas akan mencatat tanggal serta jam dibukanya vial vaksin tersebut. Kemudian, vaksin diberikan dengan cara disuntik. Proses ini akan berlangsung cukup cepat. 

 

Setelah disuntik, petugas akan mencatat data dirimu di sebuah memo. Di memo tersebut, tercantum nama, NIK, nama vaksin, serta nomor batch penerima vaksin. Nantinya, memo itu harus kamu bawa dan diserahkan ketika melanjutkan ke alur terakhir, yaitu di meja 4. 

 

  • Meja 4

 

Meja 4, yang menjadi meja terakhir pada alur pelayanan vaksinasi Covid, adalah tempat untuk mencatat data. Berdasarkan memo yang kamu bawa dari meja 3, petugas akan memasukkan data ke aplikasi Pcare Vaksinasi. 

 

Setelah pencatatan selesai, kamu akan mendapatkan kartu vaksinasi. Kartu itu adalah bukti bahwa kamu sudah melakukan vaksin Covid di lokasi fasilitas kesehatan Semarang.

 

Kemudian, kamu akan diminta untuk menunggu selama 30 menit. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila ada tanda-tanda kemunculan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Sesudah itu, barulah proses selesai dan kamu bisa pulang untuk melanjutkan aktivitas lainnya. 

 

Saat akan menerima vaksin, datanglah dengan melakukan persiapan terlebih dahulu. Ketahui bagaimana alur pelayanan vaksin supaya tidak bingung saat menjalani proses vaksinasi nantinya. 

 

Jangan lupa untuk datang ke fasilitas kesehatan sesuai lokasi penerimaan vaksin Covid Semarang yang sudah ditentukan. Datang di jam yang tepat sesuai jadwal, supaya petugas bisa melayani kamu.