SWARA – Sejak tanggal 17 Februari lalu, pemberian vaksin Covid-19 telah memasuki tahap dua, ditujukan bagi kelompok prioritas penerima vaksin. Setiap penerima vaksin nantinya akan melalui alur pelayanan vaksinasi Covid-19 di fasilitas kesehatan (faskes).

 

Untuk mengetahui apakah namamu terdaftar sebagai penerima vaksin atau tidak, kamu bisa mengeceknya langsung melalui situs pedulilindungi.id. Jika namamu sudah terdaftar, maka kamu bisa langsung menerima vaksin dengan melakukan registrasi ulang secara digital. 

 

Golongan Prioritas Penerima Vaksin Covid-19

 

Sejak awal, pemerintah sudah menetapkan 6 golongan prioritas untuk menjadi penerima vaksin. Tahap pertama sudah dilakukan pada tenaga medis dan menunjukkan hasil yang memuaskan. 

 

Sebelum memahami alur pelayanan vaksinasi Covid-19, kamu perlu terlebih dahulu mengetahui siapa saja yang menjadi penerima vaksin. Dilansir dari Kontan, di tahap kedua ini, yang akan menerima vaksinasi Covid-19 antara lain: 

 

  • Lansia 60 tahun ke atas
  • Pedagang pasar
  • Pendidik (guru, dosen, tenaga pendidik)
  • Tokoh agama dan penyuluh agama
  • Wakil rakyat, pejabat pemerintah, ASN
  • Keamanan
  • Pariwisata (petugas pariwisata, hotel, dan restoran)
  • Pelayanan publik (Damkar, BPBD, BUMN, BUMD, BPJS, kepala dan perangkat desa)
  • Pekerja transportasi publik
  • Atlet
  • Wartawan pekerja media

 

Jika kamu merasa tergolong sebagai bagian dari kelompok prioritas di atas, maka kamu bisa memeriksa statusmu di situs pedulilindungi.id. Dikutip dari Kompas, cara pengecekan dilakukan sebagai berikut: 

 

  • Buka halaman pedulilindungi.id/cek-nik
  • Masukkan nama lengkap sesuai KTP dan juga Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Centang kolom captcha ‘Saya bukan robot’, lalu klik ‘Selanjutnya’

 

Setelah melakukan langkah tersebut, kamu akan diarahkan ke halaman yang menunjukkan statusmu sebagai penerima vaksin atau bukan. Kalau kamu menjadi penerima vaksin, kamu juga akan mendapatkan SMS notifikasi dari Peduli Lindungi untuk registrasi ulang.

 

Alur Pelayanan Vaksinasi Covid-19

 

Vaksinasi di faskes manapun terdiri rangkaian alur pelayanan vaksinasi Covid-19 yang sama. Ada empat tahap yang perlu kamu lalui di alur tersebut. Berikut ini urutannya:

 

  • Meja 1: Pendaftaran dan Verifikasi

 

Meja 1 adalah tempat untuk melakukan pendaftaran serta verifikasi data. Pendaftaran dilakukan dengan memperlihatkan bukti e-ticket serta KTP.

 

Nantinya, petugas akan melakukan pemeriksaan terhadap e-ticket dan KTP tersebut untuk memastikan bahwa kamu datang di jadwal yang sesuai dengan ketentuan awal. 

 

Proses verifikasi ini dilakukan melalui aplikasi Pcare Vaksinasi. Petugas akan mencocokkan datamu pada aplikasi tersebut, lalu data akan diunduh kemudian dicetak. 

 

  • Meja 2: Pemeriksaan kesehatan

 

Alur pelayanan vaksinasi Covid-19 di meja 2 meliputi rangkaian pemeriksaan kesehatan. Kesehatan pun perlu diperiksa dulu secara keseluruhan sebelum menerima vaksin. 

 

Berdasarkan hasil pemeriksaan, petugas bisa menentukan apakah kamu layak menerima vaksin pada jadwal tersebut. Sebab, wanita yang sedang hamil, di tengah masa menyusui, serta masyarakat yang memiliki kondisi komorbid tertentu tidak diperkenankan untuk menerima vaksin.

 

Proses pemeriksaan kesehatan dilakukan dengan pengukuran suhu tubuh serta tekanan darah. Data hasil pemeriksaan akan dimasukkan oleh petugas ke aplikasi Pcare Vaksinasi. 

 

Nantinya, berdasarkan data pemeriksaan yang dicantumkan, aplikasi akan secara otomatis mengeluarkan rekomendasi apakah kamu layak menerima vaksin atau tidak.

 

  • Meja 3: Vaksinasi

 

Tahap ketiga di meja 3 adalah vaksinasi. Di sini, kamu akan diminta untuk duduk dalam posisi yang nyaman. Setelah itu, vaksin akan diberikan oleh petugas medis dengan metode suntik. 

 

Petugas akan mencatat tanggal dan jam dibukanya vaksin pada kemasan sebagai tanda penggunaan vaksin. Selain itu, petugas juga akan menuliskan namamu, NIK, nama vaksin, dan nomor batch di sebuah memo. 

 

Setelah selesai melalui proses di meja 3, kamu harus membawa memo tersebut untuk lanjut ke meja 4. Sebelumnya, kamu akan diminta untuk menunggu dulu selama 30 menit. 

 

  • Meja 4: Pencatatan Data

 

Meja 4 merupakan bagian terakhir dari alur pelayanan vaksinasi Covid-19. Di sini, petugas akan mencatat datamu berdasarkan memo yang sudah kamu bawa dari meja 3. 

 

Kemudian, petugas akan memasukkan data berupa jenis vaksin serta nomor batch ke aplikasi Pcare Vaksinasi, berdasarkan data yang ada pada memo. Setelah itu, kamu akan mendapatkan kartu vaksinasi.

 

Kartu vaksinasi tersebut berfungsi sebagai tanda bahwa kamu sudah divaksin. Di dalamnya tertera tanda tangan petugas serta stempel khusus. 

 

Setelah itu, kamu akan diarahkan ke ruang observasi dan menunggu selama 30 menit di sana. Selama menunggu di ruangan tersebut, kamu akan mendapatkan penyuluhan mengenai pencegahan Covid-19 melalui 3M dan vaksinasi. 

 

Itulah alur pelayanan vaksinasi Covid-19 yang akan kamu lalui di faskes. Sebaiknya, pahami alur ini dengan baik, supaya proses vaksinasimu bisa berjalan dengan lancar dan cepat.