SWARA – Penyebaran virus corona covid-19 memang menakutkan bagi seluruh umat manusia. Berbagai upaya untuk membantu sesama umat manusia dilakukan, salah satunya dengan berbagai tips terkait cara pencegahan  virus corona covid-19. Namun, ada beberapa hal yang terlanjur viral namun tidak perlu kamu coba karena tidak memberikan manfaat apa-apa. Bahkan, ada beberapa tips yang malah memberikan dampak yang buruk terhadap kesehatanmu. Apa sajakah itu? Cek di bawah ini!

 

1. Diffuser Antiseptik

Penting Banget! Kegunaan Diffuser untuk Kesehatan yang Harus Kamu ...

 

Belakangan sedang viral, diffuser yang berisi air dan cairan antiseptik yang digadang-gadang dapat mencegah corona covid-19. Campuran air dan cairan antiseptik dikatakan bisa membersihkan ruangan dari berbagai virus. Ternyata, tips ini menyesatkan dan bisa memberikan dampak negatif pada tubuh. Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr. dr. Zubair Djoerman tidak merekomendasikan penggunaan antiseptik dalam diffuser karena bisa masuk ke dalam tubuh melalui mata dan mulut.

 

Antiseptik mengandung berbagai zat berbahaya, misalnya chloroxylenol. Kandungan ini dapat menyebabkan hipersensitif, perubahan warna kulit, ruam, iritasi, dan kulit terbakar. Jangan sampai kamu menelan cairan ini karena dapat menyebabkan hipotensi, gagal ginjal, pneumonia, bahkan henti jantung.

 

2. Hand-sanitizer racikan sendiri

Store shelves wiped clean? Here's how you can make homemade hand ...

 

Salah satu cara untuk menjaga kebersihan adalah dengan menggunakan hand-sanitizer. Hasil riset dari Centers for Disease and Prevention menyatakan, hand-sanitizer berbahan dasar alkohol dapat membunuh mikroba dengan cepat. Karena hand-sanitizer sempat langka di Indonesia, banyak sekali orang yang berbagi informasi mengenai cara membuat hand-sanitizer sendiri. Salah satu cara yang viral adalah dengan mencampurkan alkohol 96% dan aloe vera sebanyak 500mg. Sangat tidak disarankan untuk menambah bahan di luar yang telah ditentukan ke dalam campuran alkohol. Bahkan beredar informasi bahwa racikan dengan campuran aloe vera ini sudah sesuai dengan standar World Health Organization (WHO).

 

Namun, takaran ini tidak sesuai dengan standar WHO. Menurut WHO, ada dua formula yang direkomendasikan untuk membuat hand-sanitizer sebanyak 1 liter. Cara pembuatannya pun tidak sesederhana mencampurkan dua bahan yang ada. Perlu ada penyulingan dan pendinginan bahan baku supaya bisa mendapatkan hand-sanitizer yang benar-benar dapat membunuh kuman. Kamu bisa klik di sini untuk mengetahui caranya!

 

Artikel terkait:

Banyak Negara Berlakukan Lockdown, Bentengi Keuangan dengan 6 Cara Ini di Masa Krisis!

5 Tips Nyaman Bekerja dari Rumah Sebagai Cara Social Distancing untuk Cegah Virus Corona

Mengenali Pneumonia Biasa vs Pneumonia Virus Covid 19

 

3. Sarung tangan latex untuk penggunaan sehari-hari

Microflex SG-375 Disposable Latex Gloves Medical / Exam Grade ...

 

Sarung tangan lateks biasanya digunakan oleh tim medis. Saat ini, sarung tangan lateks merupakan alat pelindung diri (APD) yang diperlukan oleh tim medis untuk merawat pasien COVID-19 di rumah sakit. Mengingat wabah corona covid-19 merupakan wabah yang besar, segala bentu pembelian APD seharusnya diprioritaskan untuk orang yang menangani pasien corona secara langsung.

 

Penggunaan APD berupa sarung tangan latex untuk sehari-hari sangatlah berlebihan. Jika memang kamu sangat terpaksa untuk keluar rumah, kamu cukup hanya mengganti baju dan mandi dengan bersih supaya virus tidak menyebar ke orang rumah. Cuci tangan dengan step-step yang disarankan oleh WHO supaya kamu dapat tetap terjaga dari serangan virus.

 

Itulah tiga hoax terkait pencegahan penularan virus corona covid-19 namun masih tetap dilakukan oleh masyarakat. Kamu tidak perlu untuk mencobanya karena ternyata tidak memiliki pengaruh positif. Tetap jaga pola makan, jangan lupa cuci tangan, dan tetap lakukan physical distancing!