Salah satu perubahan nyata yang dialami di masa pandemi adalah dengan semakin meningkatnya kesadaran akan cara hidup sehat. 

 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk hidup sehat, dan cara-cara itu tidak susah lho. Semuanya bisa diawali dengan hal sederhana yang dimulai dari diri sendiri.

 

Cara Hidup Sehat yang Mudah Diterapkan Sehari-hari

 

Memulai cara hidup sehat bisa diawali dengan membentuk kebiasaan baru. Dikutip dari Healthline.com, setidaknya dibutuhkan minimal 21 hari sampai diri kita terbiasa akan sesuatu yang baru. 

 

Sehingga, sebuah kebiasaan baru bisa menjadi rutinitas setelah melewati siklus 21 hari ini. Begitu juga jika kamu ingin mencoba gaya hidup yang lebih sehat. Berikut beberapa cara hidup sehat yang mudah diterapkan sehari-hari:

 

1. Minum air putih

 

Kedengarannya sepele, tapi minum air putih secara rutin bisa membuat tubuh lebih sehat. 

Ada beberapa manfaat yang didapatkan tubuh jika rutin minum air putih.

 

Di antaranya menjaga performa tubuh karena selalu terhidrasi dengan baik, terutama jika kamu sering berkeringat.  Asupan air putih yang pas juga mempengaruhi energi dan fungsi kerja otak. 

 

Selain itu, air putih juga bisa menghindarkan kamu dari sakit kepala dan konstipasi. Jadi pastikan selalu ada air putih di meja kerjamu, ya.

 

2. Tidur tepat waktu

 

Cara hidup sehat lainnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menjaga pola tidur. Kurangi kebiasaan begadang karena akan mempengaruhi performa tubuh keesokan harinya. 

 

Kurang tidur tidak hanya membuatmu merasa lemas seharian, tapi juga membuat sulit berkonsentrasi dan jadi kurang bersemangat.

 

Selain itu, tidur tepat waktu dan cukup juga membantu meningkatkan daya pikir serta fungsi kerja otak. Tubuh akan senantiasa segar, dan juga berpengaruh pada suasana hati. 

 

3. Cara hidup sehat dan awet muda dengan olahraga rutin

 

Ada banyak jenis olahraga yang bisa kamu pilih untuk memulai cara hidup sehat ini. Bisa disesuaikan dengan waktu dan kondisi. 

 

Jika kamu sering bekerja di dalam ruangan, olahraga outdoor seperti jogging dan lari bisa jadi pilihan.

 

Di sela kesibukan, kamu juga bisa melakukan home workout yang hanya mengandalkan video dari YouTube. Cukup 30 menit sehari, dan dampaknya akan terasa. 

 

4. Kurangi makanan berlemak

 

Menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh juga harus diperhatikan. Kamu bisa melakukan cara hidup sehat ini, salah satunya dengan mengurangi makanan berlemak dan mengandung banyak garam.

 

Bukan hanya bermanfaat dalam menjaga tubuh selalu bugar, makanan yang dijaga juga akan membuat kulit lebih sehat. 

 

5. Rutin mengonsumsi buah dan sayuran

 

Lengkapi nutrisi yang masuk ke tubuh secara seimbang, salah satunya dengan rutin mengonsumsi buah dan sayur. 

 

Selain untuk menambah energi dan mengganti gula, juga bisa menjaga kesehatan kulit. Pastikan ada buah dan sayur dalam meal plan harianmu.

 

6. Mengurangi konsumsi kafein

 

Kamu tidak bisa hidup tanpa kopi? Atau bahkan butuh bergelas-gelas kopi setiap harinya? 

 

Banyak orang yang terbiasa mengonsumsi kafein secara rutin. Tapi, sebenarnya cara lain untuk menerapkan cara hidup sehat adalah mengurangi konsumsi kafein.

 

Selain membuat tubuh bisa beristirahat tepat waktu, terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa mengakibatkan masalah pencernaan. Kamu bisa mengganti kopi dengan air putih yang lebih sehat.

 

Artikel Terkait: 5 Menu Ala Catering Sehat yang Bisa Dibuat di Rumah

 

7. Perbanyak aktivitas fisik

 

Selain lewat olahraga, kamu juga bisa menjaga tubuh tetap fit dengan memperbanyak aktivitas fisik. Aktivitas fisik penting untuk memastikan tubuhmu tetap bergerak.

 

Kamu bisa mencoba aktivitas fisik yang sederhana di rumah. Misalnya dengan bolak balik naik tangga atau berjalan kaki di dalam rumah. 

 

Aktivitas sederhana seperti itu saja sudah bisa jadi kegiatan untuk membuat tubuh selalu bergerak. Bahkan, ketika bersih-bersih rumah pun, sebenarnya kamu juga sedang mendorong tubuhmu untuk bergerak, lho.

 

8. Kurangi konsumsi gula dan makanan manis

 

Makanan dan camilan yang banyak mengandung gula memang selalu menggugah selera. Namun, jumlah yang dikonsumsi harus diperhatikan jika kamu ingin menerapkan cara hidup sehat.

 

Konsumsi gula berlebih berisiko diabetes dan membuat rentan terhadap penyakit kronis, seperti jantung dan stroke. 

 

Perlahan, mulai kurangi konsumsi gula, seperti mengganti cupcake atau boba dengan air putih.

 

9. Hentikan kebiasaan buruk

 

Untuk menerapkan cara hidup sehat, kamu bisa berhenti melakukan kebiasaan buruk yang terbukti merusak tubuh. 

 

Misalnya merokok, minum minuman beralkohol atau begadang karena berdampak buruk pada kesehatan. Ubahlah kebiasaan tersebut jadi kebiasaan yang lebih sehat.

 

10. Kelola stres

 

Pinjaman Mudah Cicilan Ringan Modal KTP

 

Penting untuk mengelola stres agar tubuh tetap sehat dan bersemangat. Pastikan kamu memiliki waktu beristirahat yang cukup.

 

Jika tiba waktunya beristirahat, kamu bisa memanfaatkan untuk me time. Bahkan, untuk hal sederhana seperti istirahat makan siang juga bisa kamu manfaatkan. 

 

Caranya dengan tidak beristirahat sambil melakukan pekerjaan, agar kamu bisa beristirahat di tengah padatnya aktivitas hari itu.

 

Manfaat Menerapkan Cara Hidup Sehat

 

Tidak sulit kan untuk menerapkan gaya hidup sehat? Cukup dengan membuat kebiasaan kecil jadi rutinitas, kamu pun bisa mendapatkan banyak manfaat.

 

Ada pun manfaat yang akan kamu rasakan di antaranya:

 

1. Terhindar dari berbagai penyakit

 

Pola hidup sehat akan membuat tubuh selalu bugar. Kamu pun menjaga banget apa saja yang kamu konsumsi dan membiarkan tubuh selalu aktif bergerak saat berolahraga. 

 

Akibatnya, kamu pun akan terhindar dari berbagai penyakit, seperti maag, migrain, atau yang berat seperti diabetes.

 

2. Jadi lebih produktif

 

Ketika tubuh terjaga kesehatannya, kamu pun jadi lebih bersemangat. Akibatnya, akan jadi lebih produktif karena selalu bersemangat. 

 

Mood yang selalu terjaga membuat pekerjaan yang tadinya terlihat berat, bisa diselesaikan dengan baik.

 

Artikel Terkait: Menu Diet Sehat Tidak Harus Mahal, Ini Rekomendasinya

 

3. Hidup jadi lebih teratur

 

Yup, tanpa disadari kamu akan menjalani pola hidup yang lebih teratur karena adanya rutinitas ini. Misalnya, setiap pagi diisi dengan berolahraga, selalu mengonsumsi makan sehat, dan beristirahat di jam yang sama.

 

Lebih jauh lagi, kamu bisa menerapkan pola ini di aspek kehidupan lainnya, sehingga hidup pun jadi lebih terorganisir.

 

4. Kesehatan mental terjaga

 

Tubuh yang sehat juga turut berpengaruh pada kesehatan mental. Dengan menerapkan cara hidup sehat, jiwa dan raga akan terjaga secara menyeluruh.

 

5. Mempercantik kulit

 

Olahraga yang rutin, tidur teratur, dan menjaga makanan yang dikonsumsi juga akan membuat kulit jadi lebih sehat dan cantik. Pastinya, akan membuatmu selalu tampak glowing.

 

Dimulai dari hal sederhana, menerapkan gaya hidup sehat akan mendatangkan banyak keuntungan. Bukan hanya untuk tubuh, tapi mental juga. 

 

Yuk, mulai terapkan cara hidup sehat ini menjadi rutinitas baru dalam kehidupan sehari-hari!