SWARA – Bagi yang pernah atau bahkan sedang mengalami sakit pada kerongkongan yang tak kunjung sembuh, kamu patut waspada terhadap kanker esofagus. Kanker ini muncul di kerongkongan dan dapat menyebar ke saluran-saluran yang ada di area tersebut. Bahkan, bisa muncul juga di bagian dalam tubuh lain yang disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan buruk dalam mengonsumsi makanan atau minuman kurang sehat. 

 

Nah, agar kamu bisa lebih waspada terhadap kanker esofagus ini, kamu bisa cek 6 gejala yang muncul pada orang yang terkena kanker esofagus di bawah ini.

 

1. Sulit menelan makanan dan minuman

Karena munculnya kanker di kerongkongan yang menutupi saluran makanan untuk lewat, kamu jadi merasa kesulitan untuk menelan. Rasanya makanan yang kamu telan seperti tersangkut di kerongkongan dan bahkan bisa menyebabkan kamu tersedak. Karena sulitnya menelan makanan, tubuh jadi memproduksi air liur lebih banyak yang justru membuat rongga mulut semakin terasa nggak nyaman dan basah. Apalagi jika sudah parah, kamu benar-benar akan merasa kesulitan menelan bahkan air sekalipun.

 

2. Dada terasa nyeri

Orang yang terkena kanker esofagus juga mengalami gejala nyeri pada dada, terutama beberapa saat setelah menelan makanan. Dada bagian tengah yang akan terasa sakit bahkan terasa seperti ditekan dan sensasi seperti terbakar. Sebaiknya segera periksakan ke dokter jika kamu sudah merasakan hal ini cukup lama.

 

3. Berat badan menurun

Penderita kanker esofagus kebanyakan akan mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis akibat susahnya menelan makanan dan minuman. Bahkan semakin diperburuk kondisinya dengan hilang nafsu makan. Daya tahan tubuh pun melemah jika kurang zat gizi dari makanan, lho, sehingga penyakit lain juga bisa bersarang dengan lebih mudah.

 

Artikel Terkait: Hal-hal yang Harus Kamu Ketahui tentang Kanker

  1. Mengenal Kanker Yang Menyerang Agung Hercules
  2. Perlu Biaya Lebih untuk Pengobatan Kanker?Pinjaman dari Tunaiku Jawabannya!
  3. Ini Fakta Penting Tentang Kanker Kulit, Wajib Tahu dan Waspada!

 

4. Mengalami gangguan pencernaan

Jika kamu merasa ada yang aneh dengan pencernaanmu, seperti buang air yang nggak lancar kamu juga perlu waspada itu adalah gejala kanker esofagus. Karena kanker ini juga bisa mempengaruhi metabolisme tubuh karena nafsu makan yang berubah dan karena kankernya sudah menjalar ke bagian tubuh yang lain. 

 

5. Sering muntah

Karena kerongkongan terasa ada yang mengganjal, penderita kanker esofagus jadi sering muntah akibat makanan yang dipaksakan masuk sulit tertelan karena adanya kanker di saluran kerongkongan. Kamu bisa pastikan dulu penyebab muntahnya apakah akibat makanan yang sulit tertelan karena kanker ini atau ada akibat lain.

 

6. Batuk berkepanjangan

Selain kerongkongan terasa sakit, penderita kanker esofagus juga sering terbatuk tiada henti. Hal ini disebabkan karena kerongkongan terasa gatal akibat tumbuhnya kanker ini. Buruknya, jika sudah parah kamu akan kesulitan minum air untuk menghilangkan batuknya karena tumbuhnya kanker di kerongkongan, sehingga batuk yang diderita akan terasa sangat menyiksa.

 

Itulah 6 gejala kanker esofagus yang perlu kamu waspadai. Jika sudah terkena gejala ini dan merasa terganggu, segeralah berobat ke dokter karena ada berbagai cara medis untuk mengatasinya, seperti terapi dan gastroenterologi yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit dalam. 

 

Untuk mencegahnya, kamu bisa menjaga diri kamu agar terhindar dari kanker esofagus dengan cara berhenti merokok karena kandungan zat pada tembakau rokok bisa memengaruhi kerongkongan. Hindari pula alkohol karena zatnya terlalu keras untuk diterima oleh kerongkongan, perbanyak konsumsi buah dan sayur karena memiliki nutrisi yang baik, dan olahraga untuk mempertahankan berat badan ideal agar terhindar dari beragam penyakit termasuk kanker. Semoga bermanfaat dan tetap sehat, ya!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

PAULUS RISANG   PAULUS RISANG 

 

 

CTABARU3

Tunaiku