Sudah makin dekat, anggaran Imlek sudah harus diatur dari sekarang, lho. Tahun ini, Imlek jatuh pada 1 Februari 2022, bagi orang Tionghoa, perayaan ini adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu. 

 

Untuk anak-anak dan yang belum menikah, tentu mereka sangat senang karena bisa mendapatkan angpao sebagai pemasukan mereka. Dan bagi keluarga yang sudah menikah, tentu menjadi momen untuk berkumpul dan saling berbagi kebersamaan.

 

Bagi orang yang sudah menikah, mungkin pengeluaran di momen Imlek ini cukup besar, apalagi terkait membagikan angpao. 

 

Membuat anggaran Imlek menjadi penting agar keuangan tidak bocor setelah berpesta dan bersenang-senang bersama.

 

Tips mengatur anggaran Imlek agar keuangan tidak bocor

 

Mengatur anggaran Imlek memang gampang gampang susah, tapi ini akan membantu kamu dalam memperkirakan pengeluaran selama momen Imlek tersebut. 

 

Berikut adalah tips yang bisa kamu praktekkan untuk membuat anggaran Imlek dan menghemat di momen Imlek:

1. Anggaran Imlek untuk makan malam

 

Bujet  yang pertama perlu kamu siapkan adalah bujet untuk makan malam Imlek. 

 

Tradisi makan malam ini mengharuskan ada 5, 7, atau 9 jenis makanan di atas meja. Kamu bisa menyesuaikan lauk makan malam dengan bujet kamu. 

 

Jika kamu hanya sanggup 5 jenis lauk pauk boleh saja, tapi jika mau 7 atau 9 lauk pauk juga boleh asalkan masih dalam bujet yang kamu sediakan. Untuk menghemat bujet, kamu bisa memasak sendiri masakan tersebut dan tidak beli dari luar sehingga lebih hemat.

 

Selain itu, apabila kamu berkumpul dengan keluarga besar saat makan malam Imlek ini, kamu juga bisa mengajak anggota keluarga lainnya untuk saling membawa lauk pauk. 

 

Mungkin porsinya akan menjadi lebih besar, tapi pasti akan lebih hemat dibandingkan kamu memasak atau membeli 5 sampai 9 jenis lauk pauk sendirian.

 

Artikel terkait: Minimalis dan Cantik, Yuk Percantik Rumah dengan 7 Dekorasi Imlek Ini

2. Tentukan anggaran untuk hiasan Imlek, bisa juga menggunakan hiasan tahun lalu

 

Untuk menghadirkan nuansa Imlek yang lebih kental, tentunya rumah bisa dihias dengan hiasan nuansa Imlek seperti lampion, pohon angpao, dan ornamen-ornamen Imlek. 

 

Jika kamu sudah pernah membeli hiasan Imlek tersebut, tentu kamu bisa menggunakan hiasan tahun lalu untuk menghemat anggaran. 

 

Namun jika tidak, kamu harus menentukan anggaran Imlek untuk hiasan dan jangan sampai kamu belanja lewat dari bujet. 

 

Pertimbangkan untuk membeli hiasan ini lewat marketplace karena biasanya harga lebih terjangkau. 

 

Beli juga hiasan Imlek yang tidak mengandung makna shio tertentu sehingga kamu bisa gunakan lagi di tahun depan.

3. Menyediakan anggaran Imlek untuk hampers

 

Seperti hari-hari besar lainnya, kita tidak luput untuk memberikan hampers atau hantaran kepada orang-orang yang merayakan juga, atau orang-orang yang kita anggap dekat dan berjasa dalam hidup kita. 

 

Jika kita tidak menyediakan anggaran untuk hampers, tentu pengeluarannya menjadi tidak terkontrol.

 

Langkah pertama untuk membuat anggaran Imlek yang paling penting adalah mendata orang yang perlu kita berikan hampers. Belilah hampers sesuai bujet kamu dan jangan sampai karena tidak enak hati, keuangan kamu jadi terseok-seok. 

 

Camilan Imlek seperti nastar atau kue-kue kering lainnya bisa menjadi pilihan karena harganya terjangkau dan orang di sekitar kamu pasti menyukainya.

4. Siapkan anggaran untuk angpao

 

Anggaran Imlek yang paling besar tentu jatuh pada bujet angpao untuk orang yang belum menikah dan orang tua kita. Hal yang paling awal perlu kamu lakukan adalah dengan mendata penerima angpao sehingga lebih mudah untuk menyiapkan nominalnya.

 

Kamu bisa menyiapkan angpao yang lebih besar untuk orang tua kamu sebagai tanda terima kasih dan hormat kepada orang tua kamu. 

 

Kamu juga boleh memberikan lebih kepada saudara-saudara terdekatmu, sebagai momen memberi uang jajan lebih kepada mereka. Catat semua angpao yang kamu rencanakan untuk berikan.

 

Selanjutnya, siapkan angpao sejumlah yang kamu mampu. Hal yang perlu kamu ingat, Imlek bukanlah ajang untuk memperlihatkan siapa yang lebih sukses dengan memberi angpao yang lebih besar. 

 

Imlek adalah momen kebersamaan, di mana penerima angpao mendoakan si pemberi angpao agar memiliki kekayaan lebih berlimpah. Jangan sampai makna itu hilang dan membuat keuangan kita bocor karena kita memaksakan diri.

 

Artikel terkait: Cara Seru Nikmati Hari Raya Imlek Bareng Keluarga di Tengah Pandemi, Virtual tapi Tetap Seru

 

Demikian tips mengatur anggaran Imlek agar keuangan kamu tidak bocor saat menyambut Tahun Baru Imlek. Untuk tahun 2022 ini, mungkin kamu bisa menggunakan uang gaji kamu di bulan Januari untuk mempersiapkan Imlek, karena Tahun Baru Imlek jatuh di awal Februari.

 

Karena kita tahu pengeluaran di momen Imlek ini tidak sedikit, sebaiknya kamu mempersiapkan anggaran sedini mungkin dengan menyisihkan setiap bulan setiap gajian. 

 

Kamu bisa mengumpulkan di reksadana pasar uang atau di tabungan berbunga tinggi dari bank digital yang sedang mencoba masuk ke pasar menggantikan bank konvensional. 

 

Dengan begitu, Tahun Baru Imlek 2023 kamu sudah lebih siap secara dana dan tinggal menikmati momen saja.