SWARA – Tahun ini, perayaan Imlek mungkin akan terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Meskipun pandemi menghalangi kamu untuk berkumpul dengan keluarga besar, kamu tetap bisa menikmati suasana Imlek dengan menghias rumah bertema dekorasi Imlek.

 

Meramaikan rumah dengan dekorasi Imlek bisa membantu kamu untuk merasakan suasana Imlek di situasi pandemi ini. Kalau kamu tertarik untuk mulai mendekorasi rumah, berikut beberapa inspirasi yang bisa ditiru:

 

  • Hiasan angpao bermotif

 

Imlek selalu identik dengan angpao, yaitu amplop yang biasanya digunakan untuk membagikan uang ke sesama anggota keluarga. Umumnya, angpao untuk Imlek berwarna merah. Namun, terkadang ada juga angpao yang mengombinasikan warna merah dengan warna lain.

 

Kamu bisa menggunakan angpao dengan motif unik untuk hiasan rumahmu. Misalnya dengan menggantungkan angpao di langit-langit ruangan atau menjadikannya sebagai hiasan meja.

 

Untuk mendapatkannya, kamu bisa membeli angpao di toko alat tulis maupun toko dekorasi. Harga angpao beragam, umumnya dimulai dari Rp10 ribu per paket. 

 

  • Karangan bunga

 

Karangan bunga selalu menjadi item dekorasi yang bagus untuk suasana apapun, termasuk Imlek. Supaya karangan bunga yang dibuat cocok dijadikan dekorasi Imlek, kamu bisa menggunakan warna merah secara dominan dalam karangan tersebut.

 

Untuk membuatnya, kamu bisa menggunakan tanaman hias kemudian merangkai tangkainya menjadi bentuk lingkaran. Setelah itu, tambahkan dekorasi berwarna merah, seperti pita dan angpao, supaya karangan itu terlihat seperti karangan bunga untuk Imlek.

 

Kamu bebas menggunakan bunga dan tanaman hias apa saja untuk membuat karangan bunga ini. Harga untuk membuat satu karangan bunga tergantung pada jenis bunga yang kamu gunakan.

 

Bila ingin lebih hemat biaya, kamu bisa menggunakan tanaman palsu. Akan tetapi, hasilnya tentu tidak akan sebagus tanaman asli. 

 

  • Dekorasi dengan lampion

 

Dari tahun ke tahun, lampion selalu menjadi salah satu item populer untuk dekorasi Imlek. Tahun ini, kamu juga bisa memanfaatkan item ini untuk menghias rumahmu. 

 

Pilih lampion dengan bentuk dan motif yang cantik. Kemudian, lampion itu bisa kamu pajang di sekitar rumah supaya nuansa rumah menjadi lebih semarak. 

 

Ketika akan merayakan Imlek, kamu bisa memadamkan lampu di rumahmu dan hanya mengandalkan pencahayaan dari lampion saja. Hal ini akan mendatangkan suasana baru di rumah dan membuat Imlek terasa semakin seru.

 

Untuk lampion, kamu bisa membelinya di toko dekorasi maupun toko yang menjual perabotan rumah. Lampion yang benar-benar bagus dan bisa menggantikan fungsi lampu LED biasanya memiliki harga mulai dari Rp160 ribu. 

 

  • Pohon angpao

 

Pernahkah kamu melihat pohon angpao untuk dekorasi Imlek? Biasanya, pohon yang digunakan adalah pohon sakura buatan. Kemudian, lembar-lembar angpao digantungkan di ranting-rantingnya.

 

Nah, kalau di perayaan Imlek biasanya angpao yang digantung di pohon ini diisi dengan uang. Nantinya, tamu-tamu yang datang berkunjung bisa menarik angpao dari pohon. Mereka yang beruntung akan mendapatkan angpao dengan nominal yang memuaskan.

 

Tahun ini kamu bisa menjadikan pohon angpao sekadar hiasan saja. Sebab, tentunya kamu tidak bisa menerima tamu seperti perayaan Imlek biasanya.

 

  • Lukisan kaligrafi

 

Kaligrafi merupakan seni menulis indah dengan pena. Biasanya, kaligrafi berisi huruf-huruf Mandarin yang diukir dengan indah menggunakan cat air. 

 

Seringkali, hiasan berupa lukisan kaligrafi dijadikan pelengkap dalam dekorasi Imlek. Bukan sekadar indah dan mempercantik ruangan, sebagian orang juga percaya bahwa setiap guratan pada kaligrafi memiliki makna. Sehingga, kaligrafi dianggap bisa mendatangkan keberuntungan.

 

Jadi, dengan menggunakan item dekorasi ini, kamu bisa menjalankan tradisi sambil berupaya mempercantik ruangan di rumahmu. 

 

  • Barang-barang antik

 

Barang antik juga sering dijadikan hiasan untuk meramaikan suasana Imlek. Biasanya, barang-barang antik ini memiliki motif yang unik dan bisa mendukung terbangunnya suasana Imlek di rumah.

 

Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan barang antik untuk menghias ruangan. Barang antik itu bisa berupa vas bunga, alat makan, tempat duduk, dan lain sebagainya.

 

Akan tetapi, barang antik yang original biasanya memiliki harga yang cukup mahal, bisa mencapai lebih dari Rp1 juta.

 

  • Chinese knot

 

Kamu mungkin familiar dengan dekorasi chinese knot. Dekorasi ini hampir selalu digunakan saat perayaan Imlek. Biasanya, chinese knot digantungkan di bawah lampion sebagai penambah dekorasi.

 

Banyak orang percaya bahwa chinese knot ini melambangkan kebahagiaan dan kebebasan. Bentuknya menyerupai pita berwarna merah yang diikat dengan simpul khusus. 

 

Supaya suasana Imlek semakin terasa, kamu bisa menggantungkan chinese knot di sekitar rumahmu. Misalnya di pintu rumah, di jendela, di langit-langit ruangan, dan lain-lain.

 

Itulah beberapa ide dekorasi Imlek yang bisa kamu jadikan inspirasi. Dengan dekorasi ini, kamu tetap bisa merayakan Imlek dengan meriah, walaupun tidak bisa bertemu dengan keluarga seperti Imlek biasanya.