Membuat daftar belanja bulanan adalah salah satu rutinitas rumah tangga penting yang perlu dilakukan agar pengeluaran bulanan dapat lebih hemat. Meski belum menikah sekalipun, daftar belanja bulanan untuk anak kost juga diperlukan agar pengeluaran bisa lebih terkontrol.

 

Tanpa adanya daftar belanja bulanan, kamu relatif akan membelanjakan uangmu tanpa terkontrol. Namun sebaliknya, dengan adanya daftar belanja bulanan maka kamu akan disiplin dalam membelanjakan kebutuhan keluargamu.

 

Manfaat Membuat Daftar Belanja Bulanan

 

Kamu bisa menyusun daftar belanja bulanan berdasarkan kebutuhan yang pasti dibeli setiap bulannya. Hal ini bertujuan agar kamu tidak membeli banyak barang yang sebetulnya tidak terlalu dibutuhkan atau penting.

 

Membuat daftar belanja bulanan bisa menjadi langkah ampuh untuk menghemat sekaligus mengontrol biaya pengeluaran.

 

Keuntungan utama yang bisa kamu dapatkan dari rutinitas membuat daftar belanja bulanan adalah kamu akan lebih disiplin untuk membeli sesuai dengan daftar kebutuhan keluargamu. 

 

Pengeluaran rumah tanggamu akan terkontrol karena kamu hanya berbelanja sesuai daftar belanja bulanan.

 

Barang yang Wajib Dibeli saat Belanja Bulanan

 

Untuk membantumu membiasakan diri dalam menyusun dan merancang daftar belanja bulanan, saya akan uraikan daftar kebutuhan bulanan yang umumnya menjadi kebutuhan pokok keluarga di Indonesia.

 

1.   Karbohidrat

 

Beras atau nasi putih kerap dipilih sebagai opsi karbohidrat paling umum bagi keluarga Indonesia. Melansir Fat Secret, setiap 100 gram nasi putih mengandung karbohidrat sebesar 27,9 gram.

 

Selain nasi putih, sumber karbohidrat kompleks lain yang juga bisa menjadi opsi sumber karbohidrat di antaranya biji-bijian, beras merah, kentang, dan roti gandum, dan oatmeal.

 

2. Sayuran

 

Berbeda dengan bahan makanan sumber karbohidrat, kamu tidak dapat berbelanja sayuran untuk memenuhi kebutuhan satu bulan penuh.

 

Menyimpan sayuran lebih dari sepekan meski di dalam lemari pendingin sekalipun, akan mengurangi kualitas dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.Sebaiknya daftar belanja sayuran dibuat untuk memenuhi kebutuhan sepekan demi menjaga kualitasnya.

 

Meskipun begitu, terdapat juga beberapa jenis sayuran yang usianya bisa awet meskipun disimpan lebih dari sepekan seperti kentang, buncis, dan jagung.

 

3.   Protein

 

Bahan makanan yang menjadi sumber protein terbagi menjadi sumber protein hewani seperti berbagai jenis daging merah, ikan, dan ayam; serta sumber protein nabati seperti tahu, tempe,dan jamur.

 

Baik sumber protein hewani dan nabati, bisa memiliki usia konsumsi yang panjang jika disimpan di lemari pendingin. 

 

Maka dari itu, daftar belanja bulanan untuk bahan makanan yang menjadi sumber protein dapat kamu sesuaikan dengan rencana menu makananmu dalam sebulan ke depan.

 

4.   Minuman

 

Biasanya kamu juga memerlukan minuman seperti susu, teh, kopi, maupun jus dalam kemasan untuk melengkapi daftar belanja bahan makanan dalam sebulan. 

 

Daftar ini dapat kamu sesuaikan dengan preferensi dan kebiasaan keluargamu dalam mengonsumsi minuman.

 

5.   Bumbu masak

 

Berbelanja bumbu dapur tentunya perlu disesuaikan dengan stok yang tersisa di dapurmu.

 

Biasanya terdapat beberapa jenis bumbu dapur yang wajib ada di dapur keluarga Indonesia di antaranya gula, garam, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, berbagai jenis cabai, jahe, kunyit, lengkuas, kencur, jeruk nipis, dan lain-lain.

 

Pinjaman Uang Online Mudah Cicilan Ringan 20 Bulan

 

Saat ini berbagai jenis bumbu dapur tersebut juga telah tersedia dalam bentuk kemasan bubuk sehingga membuat penggunaan dan penyimpanannya menjadi lebih praktis.

 

6. Buah-buahan

 

Sama seperti sayuran, kamu juga tidak dapat berbelanja buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan satu bulan penuh. Untuk menjaga kesegarannya, sebaiknya daftar belanja buah-buahan dibuat untuk memenuhi kebutuhan sepekan.

 

Daftar belanja buah pun dapat disesuaikan dengan preferensi anggota keluarga. Tidak perlu mahal-mahal, buah dengan harga murah saja sudah cukup memenuhi kebutuhan vitamin.

 

Misalnya buah seperti pisang, pepaya, atau jeruk.

 

7. Perlengkapan mandi

 

Perlengkapan mandi sebenarnya mengacu kepada produk yang disimpan dan juga digunakan di kamar mandi mulai dari, sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi, hingga handuk.

 

8. Perlengkapan kebersihan

 

Sementara itu, perlengkapan kebersihan adalah produk yang diperlukan untuk kebersihan rumah seperti karbol, sabun pel, sabun cuci piring, dan lain sebagainya.

 

9. Perlengkapan mencuci

 

Jika keluargamu tidak menggunakan jasa laundry, maka jangan lupa untuk membeli perlengkapan mencuci seperti deterjen, pewangi pakaian, dan pelembut pakaian.

 

Sama seperti bumbu dapur, belanja perlengkapan mandi, kebersihan, dan mencuci juga perlu disesuaikan dengan stok yang masih tersedia di rumahmu.

 

Artikel Terkait: Belanja Jangan Berlebihan, Berikut Pertimbangan Membeli Alat Masak Baru

 

Contoh Daftar Belanja Bulanan Rumah Tangga dan Harganya

 

Berikut kami memberikanmu estimasi daftar belanjaan bulanan untuk keluarga dengan satu anak. Harga yang saya sampaikan berikut hanya estimasi karena fluktuasi harga bahan pangan dari pekan ke pekan sangat tinggi.

 

Jenis Belanjaan Produk Estimasi Harga
Karbohidrat Beras (5 kilogram) Rp55.000
Roti tawar gandum (2 bungkus) Rp37.000
Oatmeal  (800 gram) Rp40.500
Protein Daging Sapi (1 kilogram) Rp115.000
Ayam (2 kilogram) Rp56.000
Ikan tongkol (1 kilogram) Rp20.000
Telur (1 kilogram) Rp19.500
Sayur dan Buah (untuk 1 pekan) Sawi (1 ikat) Rp3.500
Kangkung (1 ikat) Rp4.500
Daun selada Rp4.000
Pepaya (500 gram) Rp5.500
Melon (500 gram) Rp7.500
Wortel (500 gram) Rp8.500
Kentang (500 gram) Rp9.000
Minuman Susu (1 liter) Rp15.000
Kopi hitam (165 gram) Rp11.000
Teh celup (isi 30) Rp8.500
Minuman soda (1,5 liter) Rp12.000
Jus kemasan (1 liter) Rp20.000
Bumbu dapur Bawang merah (250 gram) Rp7.000
Bawang putih (200 gram) Rp10.500
Bawang bombay (1 kilogram) Rp17.500
Cabai merah (500 gram) Rp18.000
Perlengkapan mandi Sabun (550 mililiter) Rp35.000
Sampo (340 mililiter) Rp37.000
Pasta gigi (190 gram) Rp15.000
Perlengkapan cuci/kebersihan Cairan pembersih toilet Rp9.500
Deterjen + pewangi (1 liter) Rp30.000
Sabun pel lantai (780 mililiter) Rp13.500
Sabun cuci piring (450 mililiter) Rp4.500
Total harga belanja bulanan Rp 632.000

Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan

 

Sekali lagi saya ingatkan bahwa menyusun anggaran dan daftar belanja bulanan menjadi hal yang paling penting karena seluruh acuan pengeluaranmu berasal dari sini. 

 

Dengan mematuhi daftar belanjaan yang sebelumnya telah kamu buat maka kamu akan menghemat uang belanja bulananmu.

 

Artikel Terkait: Hemat Uang Belanja, Lakukan 8 Cara Irit Ampuh Ini

 

Ada baiknya, sebelum menyusun anggaran dan daftar belanja bulanan, kamu mendahulukan untuk membayar tagihan rutin seperti token listrik, iuran keamanan, asuransi, tabungan deposito, dan cicilan rumah.

 

Dengan begitu, kamu bisa tahu berapa sisa uang yang bisa dianggarkan untuk berbelanja bulanan. 

 

Bila saran dan masukan yang saya paparkan di atas dipraktekkan dengan seksama, saya yakin kamu akan bisa menghemat anggaran belanja bulananmu. Selamat menabung.