Agar bisa memenuhi kebutuhan konsumsi makanan keluarga, kamu mungkin perlu berbelanja alat masak yang lengkap. Ini menjadi tantangan baru, karena masa pandemi membuat orang-orang menganggap bahwa masakan rumah jauh lebih menyehatkan.

 

Di sisi lain, banyaknya alat masak yang diperlukan terkadang membuat pengeluaran bulanan pun menjadi tak terkontrol. Sehingga, perlu kiat khusus untuk mempertimbangkan pembelian peralatan dapur baru.

 

Pertimbangan Pembelian Alat Masak Baru

 

Terdapat banyak sekali alat masak yang baru-baru ini muncul dengan tujuan untuk mempermudah kegiatan memasak. Seringkali, begitu datang waktunya untuk membeli, sulit rasanya untuk memilih alat masak apa yang benar-benar dibutuhkan.

 

Untuk menghindari pembelanjaan yang berlebihan, kamu bisa mempersiapkan daftar alat masak yang mau dibeli terlebih dahulu. Adapun, berikut pertimbangan yang bisa kamu ambil dalam melakukan pembelian alat masak baru:

 

1. Budget yang sesuai

 

Kegiatan menetapkan anggaran atau budgeting yang sesuai akan selalu menjadi pertimbangan utama dalam setiap transaksi pembelian barang termasuk alat masak. Perlu diketahui bahwa beberapa alat masak juga ditawarkan dengan harga yang tidak murah.

 

Penting bagi kamu untuk memilih alat masak yang sesuai dengan budget yang kamu tentukan sendiri. Jangan sampai kantong jadi bolong hanya karena membeli alat masak, ya.

 

2. Menyesuaikan dengan kebutuhan serta fungsi alat masak

 

Sebelum membeli alat masak, kamu sudah harus mempertimbangkan pemilihan alat masak yang pas dengan jumlah anggota keluarga yang ada di rumah. Karenanya, kamu disarankan membeli alat masak dengan mengestimasi berapa orang yang tinggal di dalam rumah. 

 

Jika anggota rumah tidak terlalu banyak, maka kamu bisa mempertimbangkan pembelian alat masak dan alat makan dalam jumlah yang lebih sedikit.

 

Penting juga untuk memilih alat masak yang mudah digunakan dan tidak terlalu rumit untuk dioperasikan. Sebagai contoh, kamu juga bisa mempertimbangkan pembelian alat masak serbaguna seperti pisau serbaguna, atau teflon yang berguna sebagai panci sekaligus juga wajan.

 

3. Desain Alat Masak

 

Kamu perlu mempertimbangkan pemilihan desain pada alat masak yang sesuai dengan konsep dapur. Misalnya kalau rumahmu memiliki interior bertema modern kontemporer, kamu bisa membeli alat dapur yang klasik dengan desain kayu.

 

Desain alat masak juga tidak terbatas hanya dari material pembuatnya semata. Carilah bentuk, pola dan warna alat masak yang sesuai dengan preferensi kamu. 

 

Isilah dapur dengan alat masak berwarna cerah dengan pola yang tidak terlalu ramai untuk memberikan kesan yang tenang saat menyantap makanan.

 

Artikel Terkait: 4 Hal yang Dapat Dilakukan untuk Hemat Air di Dapur

 

Mengganti Alat Masak Menjadi yang Lebih Terjangkau

 

Tidak selamanya membeli alat masak baru akan memberikan manfaat yang tepat guna untuk keluarga. Untuk menghemat biaya agar pengeluaran alat masak tak lagi membengkak, kamu juga bisa mengganti alat masak dengan yang lebih terjangkau. 

 

Beberapa pilihan alat masak tersebut adalah sebagai berikut:

 

1. Memilih alat masak serbaguna

 

Kamu bisa memilih alat masak serbaguna, seperti blender serbaguna yang bisa membantu kamu mencampur dan mengemulsi bumbu dapur, buah-buahan hingga daging. 

 

Memilih blender serbaguna akan jauh lebih menguntungkan dibandingkan membeli juicer, food chopper, mesin pencacah sayur dan food processor secara terpisah.

 

Pertimbangkan juga pembelian smart rice cooker yang tidak hanya berfungsi sebagai penanak nasi, tetapi juga berguna untuk memanaskan, merebus, mengukus, membuat kue dan yogurt hanya dengan satu alat.

 

Pinjaman Uang Online Mudah Cicilan Ringan 20 Bulan

 

2. Menggunakan alat masak tradisional

 

Meskipun kehadiran alat masak pintar dan serbaguna memiliki magnet tersendiri di era saat ini, namun praktik memasak dengan alat masak sederhana belum ditinggalkan oleh orang-orang karena dipercaya memberikan rasa yang lebih otentik dan lezat.

 

Beberapa rekomendasi alat masak tradisional yang mungkin akan sangat berguna bagi kamu adalah cobek atau ulekan, parutan, talenan kayu, tampah, irus dan sutil.

 

3. Pertimbangkan material alat masak yang tepat

 

Kamu lebih disarankan untuk memilih spatula dengan bahan anti lengket seperti stainless steel yang anti karat, relatif lebih ringan dan bahannya tahan akan goresan.

 

Artikel Terkait: Salurkan Bakat Masak dengan Ikutan Cooking Class di Sekitaran Jakarta

 

Pilihlah juga alat makan seperti piring yang terbuat dari bahan kaca, keramik dan kayu yang terbukti lebih aman jika digunakan untuk menaruh makanan yang panas dan dingin. 

 

Adapun, kamu tidak disarankan untuk memilih piring berbahan melamin, plastik, aluminium dan bahkan styrofoam karena memiliki risiko berbahaya bagi kesehatan.

 

Nah, dengan mengetahui tips dan rekomendasi tersebut, semoga kamu bisa lebih bijak memilih alat masak yang tepat guna untuk keluarga dan tidak membuat kantong jebol. Ingat, jangan asal membeli alat masak hanya karena promo dan diskon saja, ya.