Belakangan ini banyak muncul istilah healing bagi mereka yang sedang lelah dengan pekerjaan. Tak ayal, banyak yang mencari rekomendasi tempat healing untuk sekedar melepas penat rutinitas.

 

Kelelahan karena bekerja adalah hal yang lumrah terjadi. Kondisi ini bahkan melahirkan istilah baru di kalangan para pekerja yakni burnout

 

Untuk mengatasi hal ini, berhenti sejenak untuk menyegarkan kembali pikiran menjadi penting. Dengan begitu, memberikan beberapa rekomendasi tempat healing adalah hal yang paling dicari. 

 

Rekomendasi Tempat Healing

Keterbatasan waktu menjadi salah satu pertimbangan pekerja untuk menentukan tempat healing yang tepat. Makanya, rekomendasi tempat healing yang ideal untuk pekerja kantoran tidak perlu jauh dan merogoh kocek terlalu dalam. 

 

Kamu pun bisa menemukan rekomendasi tempat healing yang tepat. Bahkan yang berada di dalam kota, pengeluaran minimal atau bahkan sambil berolahraga.

 

Nah, berikut rekomendasi tempat healing yang bisa kamu pertimbangkan jika kamu berada di sekitar kawasan Jakarta: 

 

1. Hutan Kota GBK

Ruang kota hijau ini berada di pusat kota Jakarta tepatnya di Gelora Bung Karno (GBK). Permukaan tanahnya yang berbukit-bukit membuat banyak orang memanfaatkan kawasan ini sebagai tempat piknik, area bermain anak, berolahraga atau sekedar lokasi foto yang apik. 

 

Hutan Kota bertambah sejuk karena areanya dilengkapi taman rumput, kolam trembesi, banku taman, toilet, ruang ganti, mushola yang membuat lokasi ini bertambah nyaman. 

 

Tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan untuk bisa masuk ke lokasi Hutan Kota GBK. Namun, rekomendasi tempat healing di tengah kota ini hanya beroperasi pada hari Selasa hingga Minggu pukul 06.00 WIB – 10.00 WIB dan pukul 15.00 WIB – 16.00 WIB. 

 

2. Taman Menteng

Ruang terbuka hijau ini adalah spot favorit warga Jakarta karena memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari jogging track, ruang serbaguna dengan desain yang kekinian hingga taman yang bisa seringkali menjadi tempat orang bersantai. 

 

Taman Menteng juga dilengkapi oleh lapangan basket untuk berolahraga dan air mancur sebagai area bermain. Di sekitar Taman Menteng, kamu juga bisa menemukan area kuliner yang memanjakan lidah. Untuk masuk ke area ini, tidak ada biaya masuk yang harus kamu keluarkan. 

 

Taman ini pun bisa diakses setiap hari dari pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB. 

 

Artikel terkait:

Pentingnya Self Care untuk Kesehatan Mental

5 Manfaat Berkebun, Ternyata Baik untuk Kesehatan Mental

 

3. Pantai PIK 2

Pantai PIK 2 adalah area wisata yang sedang naik daun saat ini karena lokasinya yang strategis tepat di pesisir pantai di Jakarta Utara. Daerah wisata ini dulunya merupakan pantai reklamasi yang cocok untuk menjadi rekomendasi tempat healing. 

 

Pasirnya yang putih membuat banyak orang bisa bersantai sembari bermain bersama anak, piknik bersama keluarga, jogging atau menikmati matahari terbit. Jangan khawatir akan kelaparan atau kehausan saat berkeliling menikmati pemandangan alam di Pantai PIK 2, karena terdapat berbagai resto, kafe dan tempat makan kekinian di sekitaran kawasan tersebut. 

 

Untuk bisa sampai ke PIK 2, kamu tidak akan dipungut biaya namun kamu tetap harus membayar biaya parkir untuk kendaraan yang kamu bawa. Cara lain kamu bisa menuju kawasan ini dengan menggunakan transportasi umum dengan menggunakan layanan bus Transjakarta. 

 

4. Wisata Kepulauan Seribu

Wisata alam dengan unsur air yang masih berada di area Jakarta untuk menjadi rekomendasi tempat healing kamu adalah Kepulauan Seribu. 

 

Idealnya, kamu memang perlu menghabiskan waktu bermalam di sana untuk bisa benar-benar menikmati pemandangan alam.

 

Akses menuju Kepulauan Seribu umumnya adalah kapal cepat via Ancol dan kapal feri via Muara Angke. Biasanya mematok ongkos sekitar Rp85 ribu hingga Rp375 ribu untuk sekali jalan. Ada banyakrekomendasi tempat healing paling populer di Kepulauan Seribu. Misalnya, Pulau H (Pulau Tengah), Pulau Macan, Pulau Sepa, Pulau Pari dan Pulau Kelapa Dua.

 

5. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol tampaknya tepat dijadikan salah satu tempat healing untuk berakhir pekan dikarenakan wahananya yang cukup banyak dan menarik. 

 

Beberapa wahana menarik diantaranya Dunia Fantasi, Seaworld, Allianz Ecopark, Faunaland, Atlantis Water Adventure, Ocean Dream Samudra, Pasar Seni hingga Pantai Ancol. 

 

Tiket masuk ke Taman Impian Jaya Ancol bisa jadi berbeda tergantung dari wahana yang kamu pilih. Akses dari Pintu Masuk Ancol dikenakan biaya Rp25 ribu. Namun, itu sudah bebas biaya untuk memasuki kawasan Pantai Ancol, Pasar Seni dan Allianz Ecopark. 

 

Biaya tambahan diperlukan ketika masuk ke wahana seperti Dunia Fantasi, Ocean Dream Samudera, Seaworld dan wahana menarik lainnya. 

 

6. Kebun Raya Bogor

Ruang hijau terbuka yang cukup luas untuk dipertimbangkan sebagai rekomendasi tempat healing adalah Kebun Raya Bogor. Dengan luas tanah sekitar 47 hektar, Taman Raya Bogor dipenuhi oleh 900 lebih jenis tanaman. 

 

Di area yang masih berhubungan dengan Istana Kepresidenan, kamu bisa bersantai di Kebun Raya Bogor sembari bersepeda atau sekedar piknik bersama keluarga. 

 

Artikel terkait:

7 Rekomendasi Wisata Bogor, Cocok untuk Self Healing

4 Rekomendasi Wisata Healing Bernuansa Alam

 

Pengelola Kebun Raya Bogor juga membuka kelas edukasi agar pengunjung bisa mempelajari berbagai jenis tanaman, teknik dasar berkebun dan merawat tanaman hias yang bisa diikuti umum. 

 

Jam buka Kebun Raya Bogor terbatas hanya dari pukul 08.00 hingga 16.00. Pembelian tiket bisa dilakukan secara online dan terbagi atas kriteria turis lokal atau mancanegara. Berkunjung di hari kerja atau akhir pekan dengan kisaran harga Rp16.500 hingga Rp26.500. 

 

Di atas adalah rekomendasi tempat healing yang bisa kamu pertimbangkan untuk dikunjungi jika dalam keadaan lelah dan penat setelah bekerja. Pastikan untuk menyegarkan kembali pikiran agar bisa tetap produktif di hari kerja nantinya, ya.