Beranda > Gaya Hidup > Ingin Ciptakan Lingkungan Hijau dan Sehat di Rumahmu? Yuk, Ikuti Tipsnya!

Ingin Ciptakan Lingkungan Hijau dan Sehat di Rumahmu? Yuk, Ikuti Tipsnya!

Artikel ini ditulis oleh:
TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Ingin Ciptakan Lingkungan Hijau dan Sehat di Rumahmu? Yuk, Ikuti Tipsnya!watermark

TUNAIKU.COM – Sadar nggak, kalau makin ke sini, kebutuhan itu semakin banyak? Harga barang kebutuhan dan gaya hidup pun terus mengalami kenaikan harga. Padahal, soal gaji, ya, segitu-segitu saja. Kalau mengalami kenaikan, nggak begitu signifikan.

 

Inilah saatnya buat kita berhemat! Mengerjakan pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan sepertinya harus segera dimulai. Upaya itu tentu harus didukung dengan pola hidup hemat. Ettt, hidup hemat itu bukan melarat, ya! Hidup hemat bisa dilalui dengan cara-cara kreatif yang juga sehat. Menanam sayur-sayuran di kebun contohnya!

 

Selain hemat, menanam sendiri sayuran di kebun merupakan langkah untuk memiliki hidup sehat. Nilai plusnya, halaman rumahmu jadi lebih cantik dan asri, lho. Kamu pun jadi betah berlama-lama di rumah.

 

Tertarik menanam sayur-sayuran yang membuat halamanmu jadi asri dan hidup lebih hemat? Berikut tips dari IDN Times yang bisa kamu lakukan!

 

Artikel Terkait: Pekerjaan Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan

  1. 5 Ide Bisnis Sampingan yang Nggak Mengganggu Pekerjaan Utama
  2. 14 Bisnis Sampingan Mahasiswa yang Beromzet Puluhan Juta Rupiah
  3. 7 Media Massa untuk Publikasikan Tulisanmu

 

1. Manfaatkan botol bekas yang disusun terhubung

1

Miris sekaligus sedih ketika melihat berita bangkai paus sampai daratan tempo hari. Setelah dibedah isi perutnya sampah semua! Mayoritas sampah-sampah itu sampah plastik, lagi! Apakah dengan melihat paus malang itu, kamu nggak tergerak untuk berupaya mengurangi sampah-sampah yang sudah berserakan di mana-mana?

 

Sebenarnya nggak usah muluk-muluk. Kamu bisa memulai dari diri sendiri dengan mengggunakan botol plastik bekas sebagai media tanaman. Agar menarik, kamu bisa mengkreasikan bentuknya seunik mungkin lalu bisa disusun terhubung. Kebunmu pun selain segar juga cantik!

 

2. Gantung pot di papan bekas

Punya banyak papan bekas yang nggak terpakai? Kamu bisa memanfaatkannya menjadi media tanaman, lho. Caranya adalah tanam sayuran dalam pot-pot kecil. Lalu gantung pot-pot tadi pada papan bekas yang disusun secara unik.

 

3. Satukan dengan hewan peliharaan

3

Tentu kamu sudah tahu bahwa kotoran hewan bisa jadi pupuk alami terbaik untuk tanaman. Nah, buat yang memelihara ayam atau kelinci, kamu bisa menyatukan mereka dengan kebun. Tentu kamu harus membuat kandangnya agar hewan peliharan nggak mengacak-acak tanamanmu, ya.

 

Artikel Terkait: Baca Ini Buat Kamu yang Ingin Berkebun di Rumah

  1. Tips Berkebun Sederhana Bersama Anak untuk Isi Akhir Pekan
  2. Berkebun di Halaman Kecil? Ini 6 Tanaman yang Bisa Jadi Pilihan
  3. Percantik Rumah dengan Menanam 5 Tanaman Merambat ini

 

4. Kawat untuk tanaman merambat

Selain tanam, ada juga beberapa jenis tanaman yang merambat. Nah, bentuk tanaman ini akan jadi unik jika kamu memberikan media yang pas. Kamu bisa menjadikan kawat sebagai media tanaman merambatmu. Kemudian, aturlah kawat tadi dalam berbagai bentuk sesuai selera.

 

5. Bikin blok tanaman

5

Dalam mengonsumsi sayuran tentu kamu akan memilih bermacam-macam sayuran agar bisa berganti menu setiap harinya. Untuk itu, sangat diperlukan menanam lebih dari satu jenis sayuran di kebun. Nah, agar rapi, kamu bisa membaginya ke dalam beberapa blok sesuai dengan jenis tanaman. Ini khusus buat kamu yang memiliki halaman lebih luas, ya!

 

Itu dia beberapa ide manarik tentang menanam sayuran di kebun yang bisa kamu coba. Mana yang paling menarik minatmu?

 

*Sumber gambar: IDNTimes

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

Tunaiku

 

 

CTABARU1

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett