SWARA – Bagi sebagian orang, menjalankan ibadah puasa bersama dengan pasangan sah dan halal merupakan suatu berkah dan juga hal yang menyenangkan. Terutama, buat pasangan yang baru saja menikah, pasti mereka sangat menunggu-nunggu momen Ramadan ini.

 

Hal tersebut bisa jadi karena adanya perubahan drastis yang terjadi di kehidupan mereka. Mungkin, yang sebelumnya selalu sendiri saat berbuka dan sahur, kini setelah menikah mereka bisa menikmati momen berbuka dan sahur bersama dengan pasangannya.

 

Bisa berdampak positif

 

Selain itu, momen-momen ibadah saat bulan Ramadan juga bisa dilakukan secara bersama-sama. Semua itu tentunya akan berdampak positif dalam kehidupan di diri seseorang yang baru saja menikah.

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang aktivitas saat berpuasa

  1. Tips dan Trik Agar Tetap Semangat Beraktivitas Saat Berpuasa
  2. Tetap Fit Saat Jogging Walau Sedang Berpuasa
  3. Ide Buka Puasa Seru Bareng Keluarga Besar Agar Enggak Sekadar Makan

 

Dampak positif tersebut seharusnya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, terutama saat bulan Ramadan. Karena, momentum Ramadan yang penuh berkah ini, akan semakin lengkap jika bisa dijalankan dengan maksimal dan khusyuk bersama pasangan kalian masing-masing.

 

Kemudian, ada nggak sih perbedaan lain yang bisa dirasakan ketika menjalankan ibadah puasa saat sudah menikah?

 

  1. Tak ada lagi ‘masak-masak sendiri, makan-makan sendiri

 

Saat sudah menikah, kamu nggak perlu lagi khawatir dan bingung untuk mencari santapan berbuka ataupun sahur. Kamu dan pasangan bisa menyiapkan makanan secara bersama-sama, kemudian bisa menyantapnya juga secara bersama-sama.

 

Semua momen yang dikerjakan secara bersama-sama tentunya akan membuat hati dan perasaan menjadi lebih senang. Selain itu, secara tidak sadar, kamu dan pasangan juga bisa mempererat hubungan pernikahan agar lebih lengket dan romantis.

 

  1. Waktu lebih teratur dan terorganisasi

 

Berbeda saat kamu masih sendiri, saat sudah memiliki pasangan, kamu bisa mengatur waktu secara lebih terorganisasi. Terutama saat momen Ramadan, seluruh jadwal kegiatan atau aktivitas harian bisa berubah 180 derajat.

 

Hal ini disebabkan oleh adanya jadwal sahur dan berbuka puasa yang tidak ada di bulan-bulan lainnya. Namun, kalau kamu sudah punya pasangan, nggak perlu khawatir lagi!

 

Kalian bisa mengatur waktu dan membagi tugas secara bersama-sama. Lalu, kalian berdua juga bisa saling melengkapi satu sama lain supaya seluruh agenda bisa dilakukan dengan baik.

 

  1. Saling mengingatkan dalam hal kebaikan

 

Salah satu tujuan dari pernikahan adalah bisa saling mengingatkan dalam hal kebaikan. Terutama saat bulan Ramadan, banyak sekali momen yang bisa kamu lakukan dalam hal meraih kebaikan tersebut.

 

Seperti contoh, salat Tarawih bersama, tadarus Alquran, mendengarkan kajian di masjid, serta berbuka dan sahur bersama. Jadi, jangan lewatkan semua kesempatan baik tersebut, ya!

 

Artikel Terkait: Tips dan trik menarik seputar puasa

  1. 7 Cara Ampuh Usir Kantuk dan Lemas Tanpa Perlu Batal Puasa
  2. 7 Tips Hemat Ala Anak Kosan Saat Hadapi Bulan Puasa
  3. Cegah 6 Penyakit yang Sering Muncul Saat Puasa Ini

 

  1. Ibadah menjadi lebih khusyuk

 

Saat sudah menikah, pastinya sang istri akan menyiapkan berbagai keperluan saat bulan Ramadan. Jadi, kamu nggak perlu lagi memikirkan hal tersebut dan tentunya bisa lebih khusyuk lagi dalam beribadah.

 

Nah, itu tadi adalah beberapa alasan yang membuat berpuasa saat sudah menikah terasa lebih menyenangkan. Namun, kembali lagi, menjalankan ibadah puasa saat bulan Ramadan haruslah dijalankan dari hati, tidak perlu memikirkan keberadaan pasangan.

 

Jadi, selamat beribadah dan yuk, #Berbagi5enyuman dengan pasanganmu!


dhandyDhandy Dwi Yustica