SWARA – Minggu lalu saya dikasih tahu oleh salah satu teman kantor soal situs streaming gratis terbaru. “Kak, coba nonton di nites.tv, deh. Dia katanya situs streaming gratis yang dibikin sama pemerintah Amerika dan legal.”

 

Waw, menarik.

 

Pas saya cek situs tersebut, jujur senang banget karena koleksi film dan series-nya banyak banget, lengkap. Bahkan ada film yang sudah lama saya cari, yaitu Bring It On, film tentang anak SMA dan kehidupan cheerleader mereka di mana Kirsten Dunst masih sungguh belia. Bikin saya jadi nostalgia masa SMA.

 

Tapi ketika kemarin saya coba untuk mengakses situs nites.tv kembali, situs tersebut tidak dapat diakses. Hmm..kenapa, ya?

 

Kabarnya lagi kena banned

Setelah saya cari tahu, ternyata menurut beberapa sumber, memang Nites.tv ini sedang dihentikan dulu aktivitasnya. Dikutip dari akun Twitter Nites.tv sendiri, mereka mengatakan kalau memang sedang ada masalah terkait dengan copyright dari film-film yang mereka sediakan di situs mereka.

 

nites.tv

 

Hmm…berarti sebenarnya situs ini nggak legal, dong? Sebagai anak yang anti pembajakan (sorry, lagi bangun citra cewek idealis), aku termakan janji manis.

 

Karena sebenarnya memang situs ini semacam too good to be true, sih. Kontennya bisa diakses secara gratis, kualitasnya HD, dan bebas iklan. Biasanya situs streaming film yang gratis pasti ada iklannya yang cukup mengganggu. Tapi yang namanya gratisan, pasti ada konsekuensinya.

 

Nah, masih diambil dari akun Twitter yang sama, sepertinya situs Nites.tv ini tidak akan sepenuhnya jadi non-aktif, tapi ditutup untuk sementara sampai masalah legalitasnya menemukan titik cerah dan bisa menyajikan film dan series secara legal.

 

Baca juga: 5 Series Yang Wajib Kamu Tonton di Nites.tv!

 

Apa itu copyright?

 

Ternyata terlibat masalah copyright atau hak cipta bukan hanya dialami oleh Nites.tv saja, tapi banyak juga dialami oleh para content creator di Youtube. Biasanya para Youtuber ini terkena masalah copyright karena memakai lagu orang lain tanpa izin atau tidak berbayar untuk musik di kontennya.

 

Kenapa kita nggak bisa pakai lagu orang sembarangan di konten kita atau meng-upload ulang film orang lain di situs gratis dengan sembarangan? Karena karya-karya itu dilindungi oleh hukum hak cipta (copyright) yang memang tugasnya melindungi karya tersebut dari pemakaian tanpa izin atau duplikasi. Hanya si pencipta karya dan orang yang memiliki otoritas atas karya tersebut yang berhak untuk memproduksi ulang karya-karya tersebut.

 

Apa jadinya kalau kita tetap nekat memakai karya orang lain tanpa izin? Kalau di YouTube, biasanya tiba-tiba musik yang kita pakai di video mendadak hilang. Nah, kalau kejadiannya seperti Nites.tv, ya situsnya jadi non-aktif sampai masalah copyright diluruskan.

 

Nonton di situs resmi saja

 

Mau nonton film dengan tenang, tanpa diteror masalah copyright? Lebih baik kita tetap memilih situs streaming yang memang legal dan resmi izinnya. Memang jadinya berbayar, tapi dijamin kualitasnya nggak mengecewakan.

 

Untuk situs streaming berbayar yang resmi di Indonesia ada Netflix, HOOQ, Viu, Catchplay, Iflix, Genflix, dan HBO GO. Untuk biaya berlangganannya, dimulai dari Rp30.000-Rp169.000 per bulan. Tinggal kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.

 

Baca juga: Tanpa Perlu Bajak, Ini 10 Aplikasi Nonton Gratis di Android

 

Kalau buatmu biaya langganan ini terlalu mahal, kamu bisa coba buka akun barengan dengan teman-teman. Tinggal langganan family pack dan bayarnya dibagi rata, deh. Lebih hemat, nonton film pun jadi lega.