SWARA – Perkembangan teknologi sangatlah cepat. Apalagi smartphone, rasanya selang beberapa hari saja sudah ada ponsel yang lebih baru. Rasanya ingin tukar tambah ponsel yang lebih baru setiap hari. Berbagai kelebihan ponsel dengan merk yang berbeda-beda sangat mengikuti perkembangan zaman.

 

Tapi, fitur-fitur ponsel seperti apa sih yang paling diharapkan gadget-freak untuk ada di smartphone?

 

 

1. Fingerprint in display

 

 

Hasil gambar untuk samsung s10 fingerprint

 

 

Daripada sensor fingerprint diletakkan di bagian belakang ponsel, mendingan diletakkan di layar deh. Karena kadang rasanya sulit untuk mencari sensor fingerprint di belakang ponsel, apalagi kalau sedang buru-buru.

 

Walaupun sensor fingerprint in display dianggap lambat tapi ini jauh lebih memudahkan untuk dicari dan memberikan layar yang lebih luas dibandingkan meletakkan sensor di tombol home.

 

Sudah ada beberapa smartphone yang memiliki fitur ini, misalnya Samsung S10, Huawei Mate 20 Pro, dan One Plus 6T.

 

 

2. Desain body yang compact

 

 

Hasil gambar untuk iphone se compact

 

 

Bagi pengguna yang memiliki tangan kecil dan biasa mengaplikasikan ponsel menggunakan satu tangan, pasti terasa ribet untuk mengaplikasikan ponsel yang besar dengan dua tangan.

Saat ini, sebagian ponsel sudah menerapkan desain body yang compact namun dengan ukuran layar yang jauh lebih luas agar tetap bisa diaplikasikan dengan satu tangan.

 

Ada beberapa ponsel yang sudah menerapkan desain ini seperti iPhone SE, Pixel 3, dan Xperia XZ2 Compact.

 

 

3. Layar tanpa notch

 

 

Hasil gambar untuk notchless phone

 

 

Notch alias poni yang ada di atas sering mengganggu ketika pengguna sedang berselancar menggunakan internet. Kepuasan melihat layar akan sedikit berkurang. Untuk itu beberapa produsen smartphone memutuskan untuk meniadakan notch dan memotong ukuran layar sesuai notch.

 

Ponsel yang tidak memiliki notch misalnya Samsung S9, XiaoMi Mix 3, dan Asus ROG Phone.

 

 

4. Kamera depan tersembunyi

 

 

Hasil gambar untuk oppo find x selfie camera

 

 

Dengan menyembunyikan kamera di dalam bodi smartphone seperti di Oppo Find X, layar akan semakin terlihat penuh sehingga kepuasan pengguna dalam melihat layar semakin tinggi.

Inovasi ini juga akan berpengaruh pada keamanan pengguna karena kamera hanya bisa diakses ketika diinginkan. Penyadapan kamera akan sulit terjadi.

 

 

Artikel terkait Teknologi: Foto-foto Yuk!

Kamu Hobi Foto-foto atau Selfie? Ini Dia 5 Smartphone dengan Kamera Terbaik Sepanjang 2018

5 Fungsi Kamera Ponsel Selain Swafoto, Biar Makin Maksimal dan Permudah Aktivitas

7 Aplikasi Photo Editor yang Mempercantik Foto dan Bikin Keren

 

 

5. Baterai minimal 4000 mAH

 

 

Hasil gambar untuk motorola e4 plus hands on

 

 

Penggunaan smartphone di berbagai keadaan membuat baterai smartphone terkuras dengan cepat. Bermain game, mendengarkan musik, hingga browsing seharian dapat menghabiskan daya, untuk itu baterai ukuran jumbo sangat dibutuhkan. Misalnya seperti yang dilakukan Motorola Moto E4 Plus yang memiliki baterai 5000 mAH.

Menggunakan powerbank tidak selalu membantu, karena powerbank dapat kehilangan kemampuannya untuk mengisi, apalagi jika sering dipakai dan jatuh. Baterai ukuran besar membuatmu tidak usah pusing mencari colokan dan powerbank.

 

 

6. Fast-charging

 

 

Hasil gambar untuk oppo f9 pro

 

 

Baterai dengan daya besar, dipadukan dengan fitur fast charging adalah idaman setiap orang yang selalu sibuk. Inovasi ini sangat memudahkan orang-orang yang memiliki banyak kesibukan. Tidak perlu menghabiskan waktu banyak untuk charge smartphone.

Beberapa ponsel yang menawarkan fitur ini adalah OPPO F9 Pro dan Nokia X6 2018.

 

 

7. Foldable phone

 

 

Hasil gambar untuk huawei mate x

 

 

Kemampuan ini memungkinkan smartphone untuk dilipat sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin mengoperasikan ponsel dengan satu tangan, kamu bisa melipat ponsel agar nyaman digenggam. Jika ingin menonton film, kamu bisa kembali melebarkan layar smartphone. Beberapa ponsel yang bisa dilipat di antaranya adalah Samsung Galaxy Fold, dan Huawei Mate X.

 

 

8. OS Murni Tanpa Bloatware

 

 

Hasil gambar untuk essential phone

 

 

Penggunaan OS Android murni dari Google tentunya akan lebih mudah dibandingkan dengan yang telah ditambah berbagai fitur yang katanya memudahkan pengguna. Motorola Z2 Play, Nokia 8, dan Essential Phone.

Seringkali beberapa merk ponsel memberikan aplikasi tambahan yang katanya berguna namun tidak pernah digunakan oleh pengguna. Sayangnya, aplikasi ini tidak bisa dihapus kecuali dengan sistem root.

 

 

9. Jaminan upgrade OS

 

 

Hasil gambar untuk update software phone

 

 

Pembaruan OS berguna untuk memperbaiki bug yang sering terjadi di versi software sebelumnya. Adanya jaminan upgrade ke OS yang jauh lebih tinggi adalah salah satu alasan pengguna ponsel membeli merk tertentu.

 

Namun, ada kalanya beberapa tipe ponsel sudah tidak lagi menerima OS terbaru karena sudah lama. Namun kamu tetap bisa upgrade OS dengan cara root, dengan berbagai resikonya seperti smartphone mati total.

 

 

10.  Optimalisasi virtual assistant

 

 

Hasil gambar untuk google assistant

 

 

Berbagai virtual assistant seperti Cortana milik Microsoft, Google Asistant, Siri dari Apple, Bixby buatan Samsung maupun Alexa ciptaan Amazon akan mempermudah pengguna smartphone. Kamu dapat mengaplikasikan smartphone secara lebih mudah untuk mengakses berbagai menu, menelepon, ataupun mendengarkan music.

11.  Kamera ganda

 

 

Hasil gambar untuk nokia 9

 

 

Sangat disayangkan apabila ada smartphone yang memiliki beberapa kamera namun hanya berfungsi di saat-saat tertentu. Smartphone masa kini menawarkan beberapa kamera di ponsel, mulai dari satu kamera, hingga lima kamera belakang alias pentacamera yang ada di Nokia 9.

 

Fitur apa yang sudah dimiliki oleh ponselmu?

 

 


Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas