Beranda > Gaya Hidup > 5 Fungsi Kamera Ponsel Selain Swafoto, Biar Makin Maksimal dan Permudah Aktivitas

5 Fungsi Kamera Ponsel Selain Swafoto, Biar Makin Maksimal dan Permudah Aktivitas

PAULUS RISANGPaulus Risang
5 Fungsi Kamera Ponsel Selain Swafoto, Biar Makin Maksimal dan Permudah Aktivitaswatermark

TUNAIKU.COM – Setiap ponsel keluaran terbaru tentu sudah dibekali fitur kamera. Fitur  ini selalu jadi salah satu spesifikasi yang paling dicari oleh setiap pengguna gadget. Kamera ponsel biasanya kamu gunakan untuk mengambil foto dan selfie yang menarik guna di-upload ke sosial media. Tapi, fungsi kamera ponsel nggak hanya itu aja lho! Ada fungsi-fungsi lainnya yang bisa mempermudah aktivitas kita. Salah satunya seperti scanning kode QR yang bisa langsung menuju ke link web tertentu dari kode QR yang kita foto.

Ternyata masih banyak lho kegunaan lain kamera ponsel selain untuk berfoto. Pengen tahu apa saja fungsi kamera selain buat mengambil foto? Yuk, lanjut baca artikelnya!

1. Mencari info dari gambar yang diambil

Zaman sekarang teknologi makin canggih, termasuk teknologi virtual asisten yang bisa membantu kamu mencarikan info tentang segala hal yang kamu butuhkan. Tiga besar virtual asisten yang paling terkenal adalah Google Assistant, Siri, dan Bixby. Ketiganya sudah otomatis terinstal pada masing-masing platform ponsel.

Sebagai contoh Google Assistant dengan fitur Google Lens-nya, dia akan membantumu mencari info tentang bangunan, hewan, bahkan jenis bunga yang kamu foto menggunakan kamera.

Setelah mengambil gambar dengan kamera, kamu bisa buka gambar tersebut dengan aplikasi Google Photos dan klik logo Google Lens di bawah layar. Google akan membantumu memberi informasi terkait apa yang kamu foto. Jadi nggak perlu susah-susah lagi ngetik di pencarian Google deh.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Smartphone dengan Kamera Terbaik

  1. Kamu Hobi Foto-foto atau Selfie? Ini Dia 5 Smartphone dengan Kamera Terbaik Sepanjang 2018
  2. 5 Smartphone dengan Kamera Bokeh Terbaik, Harganya Dibawah 5 Juta
  3. 7 Smartphone Android Terbaik dengan Kualitas Kamera di Atas 15 MP

2. Melihat rasi bintang dengan kamera ponsel

Kamera dengan pengaturan tertentu memang bisa menciptakan foto milky way atau rasi bintang yang indah, tapi dengan bantuan aplikasi kamu bisa melihat peta rasi bintang dengan keterangan lengkapnya lho. Jadi kamu nggak cuma bisa lihat titik bintang yang ada di langit tapi juga info langsung itu rasi bintang apa yang sedang kamu lihat melalui kamera ponsel.

Kamu hanya cukup menginstal aplikasi bernama Star Walk 2 yang ada di Play Store dan App Store, namun ponselmu harus punya hardware bernama gyroscope ya untuk membantu menangkap gerakan posisi ponsel.

CTABARU1

Mobile Site CTA

3. Menerjemahkan bahasa dengan mudah

Google translate menjadi pilihan yang efektif saat kamu ingin menerjemahkan suatu bahasa sehingga saat ini kamus berupa buku yang tebal sudah nggak perlu kamu bawa. Dengan bantuan kamera, ternyata Google Translate ini bisa semakin memudahkan kita saat akan menerjemahkan bahasa asing lho!

Buka aplikasi Google Translate, pilih menu kamera yang ada di dalamnya dan langsung mengarahkan kamera ke tulisan berbahasa asing, lalu Google Translate akan otomatis menerjemahkan tulisan bahasa asing yang sudah kamu foto ke bahasa yang kamu inginkan. Jadi lebih mudah, karena kamu nggak perlu lagi menuliskan secara manual ke aplikasi Google Translate.

4. Melakukan scanning tulisan

Kalau biasanya kamu sedang malas mencatat tulisan penting atau tugas kuliah lalu memotonya dan menyalin ulang tulisan dari foto, sekarang kamu udah nggak perlu repot-repot lagi lho! Soalnya sudah ada aplikasi yang bisa memoto tulisan dan mengkonversikan gambar berisi tulisan itu ke dalam file-file berbasis dokumen kayak Microsoft Word atau PDF. Salah satu aplikasi yang terbaik adalah Microsoft Office Lens yang bisa diinstal ke ponsel android maupun iOS.

Kamu hanya perlu memastikan tulisan yang kamu foto terlihat jelas dibantu dengan pencahayaan yang memadai. Pastikan hasil konversi ke dalam dokumennya kamu baca ulang ya karena terkadang ada tulisan yang nggak terkonversi dengan sempurna.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Kamera Murah

  1. 10 Kamera Pocket Termurah Buat Abadikan Momen Terbaikmu
  2. Cek Tipe Kamera Digital Sebelum Membeli, Begini Caranya!
  3. 8 Kamera Pocket Harga 1 Jutaan Terbaik 2018, Mumpuni dan Nggak Kalah dari DSLR

5. Bermain games berbasis AR

Augmented Reality (AR) menjadi salah satu teknologi canggih yang berhasil diciptakan untuk ponsel. Di sosial media seperti Instagram Story atau Snapchat kamu juga sudah bisa menikmati teknologi menggabungkan gambar dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata melalui kamera ponsel ini. Nggak hanya di sosial media, sekarang sudah cukup banyak aplikasi atau games yang memanfaatkan teknologi ini, sebut saja Pokemon Go yang sempat sangat booming.

Aplikasi menarik lainnya yang bisa kamu coba seperti Augment yang bisa menambahkan benda digital ke dalam lingkungan nyata melalui kamera ponsel. Kamu cukup membuka aplikasi dan memilih benda apa yang akan kamu munculkan di lingkungan yang dibidik melalui kamera.

Ponsel-ponsel Google Pixel juga sudah membekali kamera ponselnya dengan fitur ini dengan menggandeng tokoh-tokoh film terkenal seperti Star Wars hingga Spiderman, sehingga menjadikan bermain AR makin seru.

Itulah fungsi-fungsi keren kamera ponsel yang ternyata nggak cuma bisa buat berfoto selfie doang. Yuk, maksimalkan kamera ponselmu!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett