Edukasi & Inspirasi Finanasial dari Amar Bank

 

Sebelum bertransaksi, ada baiknya kamu mulai menyisir beberapa tips beli HP baru. Karena banyak orang yang menggunakan penghasilan untuk barang konsumtif seperti membeli HP.

 

Banyak orang merasa bersalah setelah membeli barang konsumtif. Tapi, sebenarnya kamu bisa beli HP tanpa rasa bersalah kalau bisa mengelolanya dengan baik, lho.

 

Tips Beli HP Baru yang Bisa Dicoba

 

Kamu harus bijak waktu beli HP baru. Jangan sampai, pembelian tersebut bikin kamu mengalami kesulitan keuangan ke depannya. Misalnya jadi tidak bisa bayar utang, atau jadi tidak mampu memenuhi kebutuhan makan sehari-hari.

 

Sebenarnya, sah-sah saja jika kamu benar-benar ingin membelanjakan penghasilanmu untuk membeli HP baru, namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar tidak kecewa di kemudian hari.

 

Kamu bisa pakai Senyumku buat nabung untuk beli HP baru, lho. Cari tahu di sini.

 

1. Menyesuaikan dengan kebutuhan

 

Cara yang pertama, sesuaikan pembelian HP dengan kebutuhan dan budget yang ada. Perhatikan spesifikasi HP yang akan dibeli, mulai dari prosesornya, kapasitas memori, baterai, desain, dan ukuran layar.

 

Selain itu, perhatikan apakah HP yang kamu beli dijual secara legal. Caranya dengan mengecek nomor seri IMEI (international mobile equipment identity) di bagian punggung perangkat atau dengan membuka fitur pengaturan dan menu tentang ponsel.

 

Setelahnya, kamu bisa mengunjungi laman khusus Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yaitu https://imei.kemenperin.go.id/ untuk memeriksa legalitas nomor IMEI pada ponsel.

 

Artikel Terkait: 5 Smartphone Ini Bisa Jadi Pilihan untuk Kamu Para Pecinta Fotografi

 

2. Menentukan waktu yang tepat untuk membeli handphone

 

 

Tips berikutnya adalah menentukan waktu pembelian. Jika kamu ingin mendapatkan penawaran yang bagus, salah satu tipsnya adalah dengan membeli HP bukan di masa-masa penjualan HP sedang ramai, seperti saat menjelang hari raya. 

 

Kamu juga bisa mencoba memanfaatkan promo yang sering diadakan oleh penjual smartphone. Pintar-pintarlah mencari toko dengan harga yang paling bersaing, namun dengan kualitas yang tetap terjamin.

 

Nah, sambil menunggu waktu yang tepat untuk membeli HP, yuk siapkan dananya dari sekarang. Pakai Senyumku dari Amar Bank untuk mulai menabung. Cari tahu di sini!

 

3. Membandingkan harga dengan toko online

 

Setelah mengetahui smartphone apa yang ingin kamu beli dan waktu yang tepat untuk segera melakukan pembelian, kamu juga perlu membandingkan harga antara toko online dan offline.

 

Tak jarang, meskipun promo yang dilakukan oleh toko online dan offline terlihat hampir sama, namun harga yang ditawarkan bisa jadi sedikit berbeda.

 

Artikel Terkait: 5 Ide Bisnis Bermodal Smartphone yang Bikin Untung Besar

 

Umumnya, harga smartphone di platform marketplace jauh lebih menarik karena menampilkan bonus cashback, goodie bag atau case, hingga promo bebas ongkos kirim. 

 

Diatas adalah tips beli hp baru yang bisa kamu pertimbangkan. Agar kamu tidak merugi, ada baiknya  kamu melakukan banyak riset untuk menentukan jenis smartphone yang dibutuhkan dan rutin mengecek harga di berbagai platform

 

Ingin mempersiapkan tabungan dari sekarang? Coba pakai Senyumku dari Amar Bank aja! Kamu bisa manfaatkan fitur celengan dan dapatkan bunga untuk tabunganmu. Langsung cek DI SINI.