Sebelum bertransaksi, ada baiknya kamu mulai menyisir beberapa tips beli HP baru. Karena seperti yang kita tahu bersama, salah satu kebiasaan yang paling banyak dilakukan orang saat menerima Tunjangan Hari Raya (THR) menjelang lebaran tiba adalah menggunakannya untuk membeli barang-barang konsumtif seperti HP.

 

Namun, tahukah kamu sebenarnya bagaimana bisa mengelola uang dengan baik sehingga kamu bisa memiliki HP baru tanpa rasa bersalah? Apa yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli HP baru dengan dana THR?

 

Alokasi Dana THR untuk Beli HP Baru

 

Salah satu hal yang paling ditunggu karyawan menjelang hari raya Idul Fitri adalah menerima dana THR. Bagi karyawan yang sudah bekerja selama 12 bulan penuh, THR yang ia terima bisa mencapai satu kali gaji pokok. 

 

Sementara, bagi mereka yang belum bekerja selama 12 bulan penuh, maka THR yang didapatkannya akan disesuaikan dengan masa kerjanya.

 

Umumnya, banyak orang mengalokasi dana THR ini untuk berbelanja kebutuhan lebaran seperti membeli makanan, pakaian baru dan sedekah. Namun, tak sedikit juga orang yang membelanjakan uang tersebut untuk membeli barang elektronik terkhususnya smartphone.

 

Dilansir dari Katadata, sebuah survei oleh perusahaan berbasis aplikasi Snapchart menerangkan bahwa 6 persen dari 1.000 responden pada tahun 2019, menyatakan akan menggunakan dana THR untuk berbelanja. 

 

Adapun, 91 persen diantaranya akan berbelanja di e-commerce. Sementara itu, jika dilihat dari kategori barang, responden pria berminat untuk membelanjakan dana THR untuk membeli produk digital seperti smartphone.

 

Idealnya, kebutuhan konsumsi baik berbelanja makanan, pakaian hingga produk digital hanya mengambil 50 persen dari total THR yang diberikan. Mengingat masa pandemi Covid-19 belum benar-benar usai, pakar finansial menyarankan masyarakat untuk lebih bijak mengalokasikan dana THR untuk keperluan dana darurat, investasi hingga sedekah. Ini juga perlu kamu pertimbangkan sebagai tips beli HP baru.

 

Artikel Terkait: Cara Memaksimalkan Penggunaan Smartphone

  1. 5 Smartphone Ini Bisa Jadi Pilihan untuk Kamu Para Pecinta Fotografi
  2. SWARA KAMU: 5 Cara Jadi Youtuber Pemula Hanya Bermodalkan Smartphone
  3. 5 Ide Bisnis Bermodal Smartphone yang Bikin Untung Besar

 

Tips Beli HP Baru yang Bisa Dicoba

 

Penyesalan memang selalu datang terlambat. Bagi kamu yang belum menerima THR, penting sekali untuk mempertimbangkan banyak hal sebelum akhirnya melakukan transaksi untuk pembelian suatu barang. 

 

Jangan sampai pembelian barang tersebut membuat kamu mengalami kesulitan keuangan ke depannya. Misalnya, kamu jadi tidak bisa membayar utang, tidak mampu membeli kebutuhan makanan saat hari raya, dan tidak bisa sama sekali bersedekah.

 

Sebenarnya, sah-sah saja jika kamu benar-benar ingin membelanjakan dana THR untuk membeli HP baru, namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar tidak kecewa di kemudian hari.

 

1. Menyesuaikan dengan kebutuhan

 

Cara cermat membelanjakan uang THR untuk kebutuhan membeli HP baru yang utama adalah menyesuaikan budget dan kebutuhan masing-masing. Dengan demikian, kamu sangat dianjurkan untuk memperhatikan spesifikasi produk seperti sistem operasional yang digunakan baik Android atau iOS, prosesor, kapasitas memori, kapasitas baterai, hingga desain dan ukuran layar.

 

Pinjaman Mudah Cicilan Ringan Modal KTP

 

Satu hal yang juga penting adalah dengan membeli smartphone baru dari toko resmi berlisensi. Cara mengetahui legalitas hp kamu adalah dengan mengecek nomor seri IMEI (international mobile equipment identity) di bagian punggung perangkat atau dengan membuka fitur pengaturan dan menu tentang ponsel.

 

Setelahnya, kamu bisa mengunjungi laman khusus Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yaitu https://imei.kemenperin.go.id/ untuk memeriksa legalitas nomor IMEI pada ponsel.

 

2. Menentukan waktu yang tepat untuk membeli handphone

 

Salah satu tips beli hp baru menjelang lebaran adalah menentukan waktu pembelian. Jika kamu ingin mendapatkan penawaran yang bagus, salah satu tipsnya adalah dengan membeli handphone dua minggu sebelum hari raya lebaran. 

 

Secara spesifik, toko ritel fisik penjualan handphone biasanya akan menggelar banyak promosi dan memberikan diskon tepat pada waktu mayoritas karyawan mendapatkan dana THR yakni dua minggu sebelum hari raya besar.

 

Kesempatan ini sendiri bisa kamu gunakan untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti potongan harga atau cicilan kredit yang lebih ringan jika melakukan pembelian dengan menggunakan kartu kredit.

 

Kadang kala, demi mengalokasikan dana THR yang tepat, kamu perlu pintar membaca situasi dan tidak terburu-buru melakukan transaksi demi mendapatkan harga yang sesuai. Kuncinya, kamu hanya perlu bersabar.

 

3. Membandingkan harga dengan toko online

 

Setelah mengetahui smartphone apa yang ingin kamu beli dan waktu yang tepat untuk segera melakukan pembelian, kamu juga perlu membandingkan harga antara toko online dan offline.

 

Tak jarang, meskipun promo yang dilakukan oleh toko online dan offline terlihat hampir sama, namun harga yang ditawarkan bisa jadi sedikit berbeda. Umumnya, harga smartphone di platform marketplace jauh lebih menarik karena menampilkan bonus cashback, goodie bag atau case, hingga promo bebas ongkos kirim. 

 

Tawaran seperti ini pastinya dapat membantu kamu meringankan beban dan memaksimalkan keuntungan, bukan?

 

Diatas adalah tips beli hp baru yang bisa kamu pertimbangkan. Agar kamu tidak merugi di kemudian hari, ada baiknya memang kamu melakukan banyak riset untuk menentukan jenis smartphone yang dibutuhkan dan rutin mengecek harga di berbagai platform.