Seiring dengan perkembangan zaman di dunia digital, kamu bisa beli gadget online tanpa perlu ke toko. Walaupun ini memudahkan, tapi kalau tidak berhati-hati juga bisa mendatangkan kerugian.

 

Ketika membeli secara online, kamu tidak bisa melihat barang yang akan dibeli dalam wujud fisik. Kamu mungkin berisiko mendapat barang yang cacat, rusak, atau bahkan palsu.

 

Cara Bijak Beli Gadget Online

 

Memang di era teknologi ini, kewaspadaan kita terhadap pelaku-pelaku penipuan harus lebih tinggi. Namun bukan berarti membeli gadget online tidak memiliki nilai positif. 

 

Berikut adalah hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan untuk kamu yang mau membeli gadget secara online:

 

1. Pelajari spesifikasi gadget yang diinginkan

 

Pastikan kamu mempelajari dan mengetahui gadget apa yang kamu inginkan. Perhatikan spesifikasinya, apakah bisa menyokong kebutuhan kamu. 

 

Dengan begitu, gadget bisa kamu pakai untuk jangka waktu yang lebih lama. Setelah itu, cari tahu berapa harga pasarannya, mulai dari harga di toko online sampai offline.

 

Harga di toko online mungkin lebih murah, tapi cek lagi harga tersebut dengan toko online lainnya, supaya kamu bisa dapat harga yang murah tapi tetap normal. 

 

2. Pilih toko online yang resmi

 

Jika kamu hendak beli gadget online di marketplace, saran saya kamu memilih toko online yang resmi. Toko yang resmi biasanya sudah terdaftar menjadi agen dari merek produk yang ingin kamu beli. 

 

Ini akan memberikan rasa aman ketika kamu membeli gadget. Kalau tidak ada toko online resmi, bisa juga pilih toko yang sudah dapat predikat best seller.

 

3. Perhatikan deskripsi produk dengan seksama

 

Pastikan deskripsi produk yang dicantumkan toko online di lapak miliknya sesuai dengan spesifikasi yang kamu cari di internet.

 

Apabila spesifikasi yang tidak sesuai di deskripsi produk, tanyakan kepada toko online yang bersangkutan mengenai kejelasan produk yang dijualnya. 

 

Toko online yang bertujuan untuk menipu biasanya tidak serius saat menuliskan deskripsi produk. 

 

4. Jika memungkinkan, carilah toko online yang memiliki lokasi dekat dengan kamu

 

Kalau lokasi tokonya dekat, kamu bisa beli gadget dengan sistem pembayaran COD. Ini bisa menghindari penipuan, karena kamu bisa mengecek langsung barang fisiknya sebelum membayar.

 

Hal ini juga akan mengurangi risiko barang cacat akibat pengiriman, misalnya karena pengemasan yang kurang aman atau pemilihan jasa kurir yang kurang tepat. 

 

5. Selesaikan transaksi lewat marketplace

 

Hindari beli gadget online lewat media sosial. Karena, jika terjadi penipuan, maka tidak akan ada pihak yang bertanggung jawab atas kerugian kamu. 

 

Jika kamu menyelesaikan transaksi lewat marketplace, uang yang kamu bayar baru akan diteruskan ke penjual apabila sudah ada konfirmasi pembelian. Pihak marketplace akan bertanggung jawab untuk transaksi yang aman. 

 

6. Waspada jika kamu menemukan promosi yang tidak masuk akal

 

Tentunya toko online saat ini berlomba-lomba untuk memberikan promosi yang terbaik. Namun jika dirasa promosi yang diberikan tidak masuk akal, kamu harus tetap waspada. 

 

Sangat jarang untuk produk gadget memberikan diskon besar-besaran seperti diskon 70% atau buy 1 get 1. 

 

Biasanya diskon yang besar-besaran tersebut hanya diberikan untuk gadget yang memiliki goresan dan cacat agar toko online tidak menanggung kerugian yang besar.

 

Artikel Terkait: Memilih Gadget yang Sesuai Kebutuhan

  1. 3 Tips Beli HP Baru 
  2. 8 Gadget yang Ramah Lingkungan

 

Manfaat Beli Gadget Online

 

Dari segi finansial, ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan membeli gadget secara online

 

1. Meringankan pembayaran

 

Kamu jadi bisa tidak harus mengeluarkan biaya yang besar sekaligus, karena banyak marketplace yang menyediakan sistem pembayaran pay later

 

Sistem ini memungkinkan kamu untuk mencicil pembayaran dengan bunga mulai dari 0 persen.

 

2. Harga lebih murah

 

Selain itu, gadget yang dibeli secara online umumnya juga memiliki harga yang lebih murah. Jadi kamu bisa berhemat lebih banyak dibandingkan dengan membeli gadget secara langsung di toko fisik.

3. Mudah membandingkan harga

 

Salah satu keuntungan lainnya adalah kamu lebih bisa membandingkan harga. Karena, kamu cukup melihat beberapa toko online di marketplace untuk membandingkan harga. 

 

Tentunya kamu yang mau beli gadget online harus paham dan mengetahui sisi positif dan negatif dari hal yang kamu lakukan.

 

Metode apapun yang kamu pakai, harapannya kamu bisa memanfaatkan gadget yang kamu beli sesuai dengan kebutuhan secara maksimal.