Beranda > Gaya Hidup > Cari Tahu Penyebab Oli Motor Berkurang dan Cara Mengatasinya!

Cari Tahu Penyebab Oli Motor Berkurang dan Cara Mengatasinya!

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
Cari Tahu Penyebab Oli Motor Berkurang dan Cara Mengatasinya!watermark

TUNAIKU.COM – Entah kamu sadari atau nggak, volume oli motor ternyata bisa berkurang. Setiap kali ganti oli, saya suka salfok dengan volume oli yang tinggal sedikit. Kok bisa, sih? Memang oli motor itu seperti bensin yang bisa habis, ya?

 

Buat para cewek yang buta banget soal motor, pengetahuan dasar seperti ini tentu sangat diperlukan. Tujuannya adalah agar kamu tahu bagaimana cara merawat motor dan nggak bingung kapan harus membawanya ke bengkel.

 

Dikutip dari Gridoto.com, beberapa hal ini yang menyebabkan oli motor berkurang.

 

Artikel Terkait: Tips Perawatan Motor

  1. Motor Suka Mogok Mendadak? Kenali 5 Penyebab Ini!
  2. 5 Cara Tepat Merawat Rem Motor Agar Awet dan Bikin Aman Perjalanan
  3. Ini Tips Merawat Motor Sport Agar Tungganganmu Lebih Awet

 

1. Suhu mesin yang terlalu panas

Jika kamu salah memilih campuran bahan bakar, suhu mesin bisa meningkat tajam. Nah, ketika hal ini terjadi, kamu harus rela kalau oli motor berkurang. Saat suhu terlalu panas, sangat besar kemungkinan oli motor menguap.

 

Dari setiap masalah yang ada, kamu bisa tetap melakukan antisipasi, kok. Caranya, selalu cek volume oli mesin saat pemakaian mencapai 2 ribu kilometer. Lebih-lebih buat kamu yang sering naik motor di jalanan macet.

 

2. Terjadi kebocoran

Wah, seram juga kalau volume oli berkurang karena kebocoran. Hal serupa tengah saya alami baru-baru ini. Salah satu motor di rumah, olinya selalu menetes ke lantai.

 

Setelah dibawa ke bengkel, motor saya pun divonis mengalami kebocoran karena paking yang sobek. Paking yang sobek, jelas nggak bisa menahan oli. Karena itulah oli berceceran ke lantai. Biar nggak menetes terus sampai habis, segera bawa motor ke bengkel resmi untuk diperbaiki.

 

3. Seal klep dimakan usia

Ternyata oli bisa terbakar sedikit demi sedikit ketika terjadi kebocoran di seal klep. Seal klep yang sudah dimakan usia, kondisinya akan menjadi getas. Hal ini bisa bikin oli masuk ke ruang bakar.

 

Saat itulah, oli akan terbakar sedikit demi sedikit sampai habis kalau nggak segera diperbaiki. Kerusakan ini bisa kamu cek dengan melihat ada atau nggaknya asap tipis di knalpot. Satu lagi, kamu juga bisa mengantisipasinya dengan memastikan pemasangan seal klep sudah sempurna. Sehingga, saat diisi nggak meluber kemana-mana.

 

Artikel Terkait: Perawatan Motor Matic

  1. Pengendara Matic, Ini Alasan Kick Starter Penting untuk Kamu Gunakan Supaya Performa Motormu Tetap Baik
  2. 5 Cara Merawat Motor Matic yang Wajib Diketahui agar Tahan Lama
  3. Tips Rawat Motor Matic Supaya Awet Terus!

 

4. Nggak rutin ganti oli

Oli motor saya sempat habis karena lupa nggak diganti berbulan-bulan. Montir hanya bisa geleng-geleng kepala karena kelalaian saya ini. Pantas saja motor sama sekali nggak nyaman saat dikendarai.

 

Oli yang nggak rutin atau malah jarang diganti, tentu saja akan habis. Hal ini dikarenakan adanya penguapan oli. Kalau terus-terusan dipakai tanpa diganti secara rutin, komponen motor bisa rusak, lho!

 

Dengan mengetahui penyebab volume oli motor berkurang, kamu bisa melakukan tindakan antisipasi. Jangan sampai motor rusak karena kamu lalai dalam melakukan perawatan motor, deh.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

CTA1 Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett