Beranda > Gaya Hidup > Biar Smartphone-mu Lebih Awet, Jangan Melakukan 5 Kebiasaan Ini!

Biar Smartphone-mu Lebih Awet, Jangan Melakukan 5 Kebiasaan Ini!

Biar Smartphone-mu Lebih Awet, Jangan Melakukan 5 Kebiasaan Ini!watermark

TUNAIKU.COM Smartphone kini menjadi salah satu benda yang kita andalkan untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Nggak kebayang deh repotnya kalau gadget yang satu ini tiba-tiba ngadat. Makanya, ponselmu perlu dirawat dengan benar supaya performanya tetap optimal.

 

Nah, agar smartphone-mu tetap awet, sebaiknya kamu segera menanggalkan lima kebiasaan buruk dalam memperlakukan ponsel berikut ini.

 

1. Membiarkan ponsel di-charge semalaman

Apakah kamu sering membiarkan ponselmu di-charge semalam suntuk saat tidur? Meski ponsel-ponsel terkini memiliki fitur untuk mengatur overcharge, terlalu sering membiarkannya di-charge terlalu lama bisa memperpendek umur baterai.

 

Padahal, daya ponselmu umumnya sudah penuh setelah pengisian selama 1-2 jam, terlebih pada ponsel yang memiliki fitur fast charging. Sebaiknya, cabut kabel charger begitu baterai ponselmu mencapai 100%.

 

2. Memainkan ponsel saat sedang di-charge

Suka main game atau menelusur media sosial lewat smartphone-mu? Kalau ya, sebaiknya kamu nggak melakukannya dalam keadaan ponsel sedang di-charge. Pasalnya, memainkan ponsel saat mengisi daya membuat baterai ponsel kamu jadi lama terisi dan cepat nge-drop.

 

Selain itu, suhu yang tinggi juga bisa merusak komponen di dalamnya, bahkan hingga bikin ponsel meledak! Saat di-charge, sebaiknya letakkan saja ponselmu, atau matikan saja bila perlu.

 

3. Membiarkan baterai ponsel hingga terkuras habis

Kalau kamu suka menggunakan ponsel hingga daya baterainya benar-benar habis, sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Soalnya, sering-sering membiarkan ponsel kehabisan daya bisa memperpendek usia baterai. Lebih baik, segera lakukan isi ulang daya pada saat baterai masih berada di kisaran 15-25%.

 

4. Memakai charger imitasi yang kualitasnya rendah

Penggunaan charger imitasi berkualitas rendah juga bisa mengganggu kinerja ponselmu, lho. Charger semacam ini biasanya dibuat dengan komponen yang tidak sesuai standar, sehingga output arus dayanya pun seringkali tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh ponselmu. Imbasnya, ponselmu bisa jadi lemot dan baterainya jadi lebih mudah rusak.

 

5. Menaruh smartphone di dekat alat elektronik

Suka menaruh ponsel di dekat PC, televisi, atau di atas kulkas? Hati-hati, sebab alat-alat elektronik, terutama yang menggunakan tegangan tinggi, memiliki radiasi elektromagnetik yang lama-lama bisa merusak komponen di dalam ponselmu. Jadi, pastikan kamu meletakkannya di tempat yang jauh dari alat-alat elektronik tersebut.

 

Di antara lima kebiasaan buruk di atas, mana yang paling sering kamu lakukan, Kawan Tunaiku? Yuk, hindari kebiasaan di atas mulai dari sekarang biar smartphone-mu semakin awet!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett