Beranda > Gaya Hidup > Berapa Sih Standar Gaji untuk Gaya Hidup Fancy? Yuk, Cermati Perkiraan Ini

Berapa Sih Standar Gaji untuk Gaya Hidup Fancy? Yuk, Cermati Perkiraan Ini

Berapa Sih Standar Gaji untuk Gaya Hidup Fancy? Yuk, Cermati Perkiraan Iniwatermark

TUNAIKU.COM – Status sebagai pegawai atau karyawan memang banyak diincar. Pasalnya pekerjaan ini memungkinkanmu mendapatkan gaji tetap setiap bulannya. Dengan gaji tetap, kamu pun bisa memenuhi kebutuhanmu sehari-harinya. Makan, tempat tinggal, pakaian, hingga dana liburan dan senang-senang.

 

Nah, untuk bisa mencukupi semua kebutuhanmu, sebenarnya berapa sih nominal gaji yang kamu butuhkan? Khususnya buat kamu yang punya gaya hidup fancy, seperti rajin nongkrong di kafe atau liburan ke luar kota, sebenarnya berapa gaji ideal yang harus kamu punya? Yuk, cermati perhitungan ini.

 

Sisihkan uang untuk sewa kos bulanan

Biaya yang nggak bisa ditawar adalah biaya tempat tinggal atau kosmu. Misalnya untuk menyewa satu kamar dengan kamar mandi di dalam, kamu butuh dana sebesar 1 juta sampai 2 juta rupiah di Jakarta. Kamar kos dengan harga ini tentu sudah termasuk nyaman. Biasanya selain ada fasilitas kamar mandi di dalam, ada juga tambahan AC dan perlengkapan lainnya

 

Penuhi kebutuhan sehari-hari dulu

Bagi kamu yang masih lajang dan hidup di kota besar seperti Jakarta atau Surabaya, bisa menggunakan estimasi ini. Misalnya untuk biaya makan sehari-hari, kamu harus menyisihkan sekitar Rp 2,5 juta per bulannya. Angka ini sudah termasuk biaya makan, beli sabun, pasta gigi, detergen, hingga bayar listrik bagi yang tinggal sendiri di kosan.

 

Sisihkan uang biaya transportasi dan beli pulsa

Untuk sehari-harinya, kamu pastilah harus menyisihkan uang untuk biaya transporatasi. Misalnya saja dari kosan menuju kantor tempatmu bekerja, kamu harus naik kendaraan umum atau menggunakan kendaraan pribadi. Selain itu, kamu juga membutuhkan dana untuk beli pulsa atau langganan internet misalnya. Dana sebesar Rp 1 juta bisa jadi kamu butuhkan setiap bulannya.

 

Dana untuk senang-senang atau liburan? Boleh aja, kok

Kamu yang masih muda tentu susah menghilangkan kebutuhan untuk senang-senang. Nongkrong di kafe, nonton film di bioskop, hingga liburan ke luar kota atau luar negeri pastinya kamu butuhkan sesekali. Untuk kebutuhan yang satu ini kamu akan butuh dana agak besar. Sekitar Rp500 ribu akan cukup untuk sekadar nongkrong dan nonton di bioskop selama sebulan. Sementara untuk liburan ke luar kota atau luar negeri, kamu harus menyisihkan lebih dari Rp 3 juta.

 

Jangan lupa dana asuransi dan investasi

Anak muda di era ini harus melek akan kebutuhan asuransi dan investasi. Jangan cuma fokus untuk bisa hidup fancy, punya tempat tinggal nyaman, dan bisa makan enak. Kamu haruslah memikirkan kebutuhan jangka panjang. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah menyisihkan sebagian dari uang gajimu untuk asuransi atau investasi. Dana yang dibutuhkan untuk kebutuhan ini berkisar Rp1 juta sampai Rp2 juta.

 

Nah, kalau dihitung-hitung, total dana yang kamu butuhkan dalam satu bulan kurang lebih 8-10 jutaan. Kira-kira apakah gajimu sekarang sudah mendekati atau memenuhi nominal itu? Kalau ternyata belum, kamu tentu harus mengubah gaya hidupmu. Kebutuhan seperti nongkrong dan liburan itu bisa jadi yang kamu kurangi. Kesuksesan seseorang nggak diukur dari seberapa mewah gaya hidupnya, kok!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett