Beranda > Gaya Hidup > ART Tak Kembali Setelah Lebaran? Ini Kiat Atasinya

ART Tak Kembali Setelah Lebaran? Ini Kiat Atasinya

HENDRATANU WIJAYAHendratanu Wijaya
ART Tak Kembali Setelah Lebaran? Ini Kiat Atasinyawatermark

TUNAIKU.COM – Seminggu sebelum dan seminggu setelah Lebaran, biasanya rumah-rumah sudah mulai ditinggalkan Asisten Rumah Tangga (ART) untuk mudik.

 

Nggak jarang, ART yang berjanji akan datang kembali, tiba-tiba memberi kabar kalau nggak bisa kembali bekerja. Bahkan, nggak sedikit yang menghilang tanpa kabar begitu saja.

 

Pada akhirnya kamu pun sering dibuat kelimpungan karena hal ini, terlebih kalau kamu yang setiap hari harus pergi bekerja. Oleh karena itu, perlu diketahui berbagai alternatif lain yang bisa kamu pilih untuk menjaga kebersihan rumah saat ART pergi.

 

Artikel terkait: Aneka tips di kala ramadan

  1. 6 Tips Berhemat Ibu Rumah Tangga di Bulan Ramadan, Yuk Contek Caranya!
  2. Kiat Menjaga Hawa Nafsu Supaya Bisa Belanja Cerdas Selama Ramadan
  3. Finansialmu Aman Selama Ramadan Walau Harga Pokok Melangit!

 

Pembantu infal

Salah satu jasa yang paling populer dipilih untuk menggantikan ART yang nggak kembali dari mudik adalah “Pembantu Infal”, yakni pembantu yang bekerja musiman, antara satu hingga dua pekan.

 

Untuk menggantikan ART yang sedang pulang kampung, pembantu infal memang kerap dijadikan solusi bagi pemilik rumah. Hanya saja, sering kali pembantu infal memasang tarif yang cukup mahal, dan dalam hitungan harian.

 

Jasa pembersih rumah daring

Sejak diperkenalkan jasa bersih-bersih rumah online, minat jasa pembantu infal memang sedikit menurun. Pada salah satu layanan Gojek, Go-Clean menawarkan jasa bersih-bersih rumah yang bisa dipesan secara online. Keuntungan lainnya dari layanan ini ialah tarif yang ditetapkan relatif lebih terjangkau, Rp35.000–Rp 45.000 per jam, tergantung apakah pengguna menyewa jasa dengan alat atau enggak.

 

Ditambah lagi layanan pesan antar makanan dari beberapa penyedia transportasi online. Nggak perlu repot-repot masak. Jadi yang biasa dikerjakan ART sudah bisa dikerjakan lewat aplikasi.

 

Laundry kiloan

Selain bersih-bersih, pekerjaan ART mencuci dan menggosok kini pun bisa disiasati.

Kalau memasak dan bersih-bersih rumah bisa lewat pembantu infal dan layanan online, untuk urusan mencuci pakaian kamu bisa pakai jasa laundry kiloan. Dengan adanya jasa ini, urusan mencuci dan menggosok pakaian yang cukup membebani kalau ditangani sendirian, dengan adanya jasa ini pun menjadi alternatif yang sangat membantu.

 

Selain itu, jasa laundry kiloan menawarkan beberapa paket cuci berdasarkan lama pengerjaan. Ada yang satu hari jadi, ada yang cukup menunggu selama delapan jam, dan jika ingin lebih hemat bisa menggunakan paket yang biasa selama tiga hari.

 

Kendati demikian, nggak sedikit yang mengaku kehilangan satu atau dua pakaian, atau pakaian dengan bahan tertentu rusak ketika proses pengerjaan. Hal tersebut memang sangat disayangkan.

 

Artikel terkait: Jaga kesehatan di bulan puasa

  1. Cegah 6 Penyakit yang Sering Muncul Saat Puasa Ini
  2. Bebas Sakit Maag Saat Puasa? Lakukan 5 Tips Ampuh Ini Aja!
  3. 5 Tips Atur Waktu Agar Ibadah dan Bekerja Dapat Berjalan Beriringan Selama Puasa

 

Nah, jadi sudah nggak perlu pusing jika setelah lebaran nanti tiba-tiba kamu menerima kabar kurang mengenakkan terkait kepulangan ART ya.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett