Beranda > Gaya Hidup > 7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Agar Menjadi Konsumen Online Shop yang Bijak

7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Agar Menjadi Konsumen Online Shop yang Bijak

7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Agar Menjadi Konsumen Online Shop yang Bijakwatermark

TUNAIKU.COM – Untuk kamu yang hobi shopping, kedatangan Harbolnas pasti ditunggu-tunggu banget, kan? Untuk yang masih asing dengan istilah ini, Harbolnas merupakan kependekan dari Hari Belanja Online Nasional. Saat pertama kali diadakan di 2012, tepatnya tanggal 12 Desember 2012 di Indonesia, Harbolnas diikuti oleh 7 e-Commerce nasional.

 

Seiring berjalannya waktu, e-Commerce yang mengikuti Harbolnas jadi tambah banyak. Pada tanggal 12 Desember 2016 kelak, diperkirakan akan ada lebih 140 e-Commerce berpartisipasi. Wah! Kemungkinan besar online shop-mu bakal ikut nih!

 

Dari tahun ke tahun, Harbolnas selalu disambut dengan antusias. Nah, supaya pengalaman shopping-mu tetap menyenangkan, ini 7 hal yang harus kamu ketahui untuk menjadi konsumen online shop yang bijak.

 

  1. Perhatikan keamanan situs online shop

Cara paling gampang untuk mengecek keamanan situs adalah dengan melihat url yang tertera di status bar. Situs yang aman biasanya akan didahului dengan ‘http’ atau ‘https’ dan ada ikon gembok kecil di pojok kanan atas URL bar. Dua tanda ini menunjukkan bahwa laman website sudah terenkripsi alias aman diakses.

 

  1. Baca dengan baik kebijakan yang diberlakukan

Untuk proses pengiriman barang, pastilah kamu akan diminta untuk memasukkan informasi pribadi seperti alamat dan nomor telepon. Pastikan bahwa ada poin yang menyebutkan bahwa data pribadi tidak akan diberikan ke pihak lain. Selain itu, baca juga ketentuan pengembalian barang, apakah diganti dengan barang lain atau uang kembali.

 

  1. Pilih cara pembayaran yang paling aman dan nyaman

Untuk membayar, biasanya kamu akan diberikan beberapa alternatif. Bisa melalui transfer, debit, kredit, atau COD. Untuk COD dan transfer ATM walaupun agak repot, memang paling aman sih. Sedangkan untuk debit dan kredit, berhati-hatilah saat memberikan informasi dan selalu log out setelah transaksi, ya. Ini untuk menghindari kebobolan kartu kredit seperti yang pernah terjadi beberapa waktu lalu.

 

  1. Simpan bukti transaksi untuk jaga-jaga apabila ada komplain

Detail transaksi yang harus kamu simpan ini termasuk bukti pembayaran, detail barang, hingga syarat pengembalian. Jika barang yang sampai nggak sesuai janji, kamu bisa mengajukan keluhan dengan menyertai bukti transaksi yang ada.

 

  1. Membandingkan harga total, nggak hanya satu produk aja

Harga produk yang kamu incar memang kelihatannya murah nih. Tapi, gimana kalau ditambah dengan ongkos kirim dan pengemasan? Bandingkan lagi dengan online shop lain deh. Siapa tahu ada yang bebas ongkir atau diskon tambahan.

 

  1. Amankan juga gadget yang kamu pakai dari serangan virus

Nggak hanya barang belanjaan dan tokonya yang harus aman, gadget yang kamu gunakan pun harus terlindungi dari virus, spyware, dan firewall. Caranya, instal dan update software antivirus di gadgetmu secara berkala.

 

  1. Supaya nggak terkecoh, teliti lagi detail barang sebelum masuk keranjang

Sering kan lihat kasus barang yang diterima berbeda dengan yang ada di layar gadget? Semakin detail informasi yang diberikan semakin baik. Jangan gampang tergoda apabila melihat ada barang bermerek dengan harga sangat miring. Siapa tahu ada cacat atau bahkan ternyata KW murahan. Nggak mau kan?

 

Itulah dia 7 hal yang harus kamu ketahui untuk menjadi konsumen online shop yang bijak. Kamu juga bisa lho belanja di JD.ID, karena sedang ada promo cashback Rp 300.000 jika kamu berbelanja menggunakan Tunaiku. Info lengkapnya ada di sini. Selamat menyambut Harbolnas, Kawan Tunaiku!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett