Beranda > Gaya Hidup > 7 Desain Hunian Mezzanine, Solusi Tepat untuk Rumah Sempit

7 Desain Hunian Mezzanine, Solusi Tepat untuk Rumah Sempit

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
7 Desain Hunian Mezzanine, Solusi Tepat untuk Rumah Sempitwatermark

TUNAIKU.COM – Jika ingin membuat rumah sempit terlihat lebih luas, kamu bisa mempertimbangkan desain mezzanine. Desain mezzanine bisa jadi solusi tepat untuk kamu yang tinggal di lahan sempit tetapi butuh banyak ruang. Dengan memanfaatkan seluruh lahan secara maksimal, kamu bisa mendapatkan rumah idaman tanpa perlu beli tanah yang luas.

Mezzanine adalah desain yang menggunakan balkon terbuka di dalam ruangan. Dalam satu ruangan, kamu bisa membaginya menjadi beberapa area bertingkat. Tangga kayu atau besi sering dipakai untuk menghubungkan antar bagian balkon.

 

Balkon terbuka ini bisa difungsikan untuk berbagai kebutuhan. Seperti untuk ruang tidur, ruang kerja, perpustakaan mini, sampai ruang bersantai, lho! Kamu bisa mencontoh desain di bawah ini, kalau ingin mencoba desain mezzanine.

 

1. Ruang tidur dengan ruang penyimpanan

Apakah kamu sedang membutuhkan ruang penyimpanan sekaligus tempat tidur? Tenang saja,  kamu bisa memanfaatkan satu ruang sempit untuk dua kebutuhan ini sekaligus kok. Jika ada ruangan sempit di pojokan rumah dengan bentuk yang cekung, bisa dijadikan tempat penyimpanan dan ruang tidur.

 

Artikel Terkait: Inspirasi Dekorasi Kamar Tidur

  1. Ini Dia Inspirasi Dekorasi Kamar untuk Anak Milenial
  2. Sontek Dekorasi Kamar Anak Seleb Indonesia yang Kekinian dan Unik
  3. Yuk, Desain Kamar Kos Bergaya Vintage dengan Cara Mudah Ini

 

Caranya, bagi satu ruangan ini menjadi dua bagian atas dan bawah. Bagian balkon atas untuk tempat tidur, sementara bagian bawahnya untuk ruang penyimpanan. Tambahkan tirai di bagian ruang penyimpanan agar terlihat rapi.

 

2. Dinding kaca untuk pagar

Kalau ingin menjadikan area balkon terbuka sebagai ruang tidur, pastikan dulu kamu memasang pagar di sekitarnya demi menjaga keamanan. Selain pagar kayu atau besi, kamu bisa memakai kaca untuk pagar, lho. Dengan memakai kaca, bisa membuat kamar tidurmu lebih mewah, elegan, modern, dan minimalis. Paket komplit dalam satu ruangan saja!

 

3. Mezzanine di atas kamar mandi

Jika lahan yang kamu beli benar-benar sempit, bisa menerapkan ide desain mezzanine ini. Kamu bisa membuat balkon terbuka di atas kamar mandi. Nantinya, di bawah tangga bisa kamu jadikan sebagai ruang bersantai. Agar nggak lembab, pastikan ventilasi berfungsi secara maksimal, ya.

CTABARU1

Mobile Site CTA

4. Teras di dalam rumah

Bagi sebagian orang, keberadaan ruang bersantai sangatlah penting. Namun, apalah daya kalau nggak ada lagi lahan untuk bikin teras. Daripada kecewa berlarut-larut, kamu bisa mencoba ide desain mezzanine yang memungkinan setiap orang memiliki teras. Namun, terasnya berada di dalam rumah, he-he.

Kamu bisa memanfaatkan balkon terbuka sebagai ruang bersantai. Agar bisa melihat pemandangan luar, kamu bisa memakai jendela kaca dengan ukuran lebar dan panjang. Letakkan kursi, meja, dan rak buku. Kamu pun bisa ngeteh sore-sore sambil melihat sunset dari balik jendela kaca.

 

5. Kamar tidur di balkon

Kalau kamu tipe petualang dan pencinta desain unik, mesti mencoba desain mezzanine ini. Kamu bisa memanfaatkan area super sempit untuk tempat tidur. Manfaatkan ruangan sempit di pojokan rumah untuk tempat tidur dua lantai.

Lalu, tambahkan tangga kayu di tembok. Pastikan untuk menambahkan pagar di sekeliling tempat tidur agar kamu nggak jatuh dari ketinggian.

 

6. Mezzanine dengan walk in closet

Kamu yang punya banyak koleksi baju dan sepatu bisa menerapkan desain mezzanine dengan walk in closet. Pada bagian atas balkon terbuka, bisa dijadikan sebagai kamar tidur utama.

 

Artikel Terkait: Ide Dekorasi Apartemen Studio

  1. 5 Ide Dekorasi Apartemen Studio yang Bikin Hunian Makin Nyaman
  2. Lakukan 7 Cara Ini untuk Membagi Apartemen Studio Jadi Beberapa Ruangan
  3. 7 Rekomendasi Ide Penataan Apartemen Studio Agar Terlihat Lapang

 

Dan ruangan sempit di bawahnya bisa dijadikan walk in closet. Selintas, rumahmu terlihat seperti butik, lho. Namun, ini dia sisi artistik dari desain ruangan ini.

 

7. Mezzanine tiga lantai

Nggak hanya dua lantai, kamu bisa membuat ruang balkon terbuka tiga lantai, lho. Jika bangunan rumahmu cukup tinggi, desain ini sangat mungkin untuk direalisasikan. Lantai dasar bisa dijadikan sebagai dapur dan balkon kedua untuk ruang keluarga. Baru deh balkon ketiga untuk kamar tidur. Keren banget!

Tuh, kan, banyak banget cara untuk mengakali rumah sempit. Silakan pilih desain yang memang sesuai dengan kebutuhanmu.

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett