Beranda > Gaya Hidup > 5 Rekomendasi Software Untuk Lindungi Browser dari Jebakan Virus

5 Rekomendasi Software Untuk Lindungi Browser dari Jebakan Virus

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
5 Rekomendasi Software Untuk Lindungi Browser dari Jebakan Viruswatermark

TUNAIKU.COM – Kamu pernah mendengar istilah jebakan batman?Istilah ini ramai disebut oleh warganet dari forum-forum dunia maya seperti Kaskus dan Indowebster. Jebakan batman ini merupakan istilah untuk link-link di internet yang di duga mengandung virus, konten berbahaya, dan konten-konten lain yang enggak diharapkan.


Kalau kamu pernah trauma membuka jebakan batman tersebut. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindarinya, salah satunya dengan memasang software untuk melindungi browser. Ada banyak software, namun di sini akan dijelaskan sebagian software yang direkomendasikan.

 

Artikel terkait:Tips dan trik agar media sosial dan gawaimu lebih aman.

  1. Hindari Akun Instagram Palsu Agar Tidak Tertipu, Ini Cara Mengeceknya
  2. Ini Cara Tepat Memulihkan dan Mengatasi Facebook atau Email yang Terkena Spam
  3. Alasan Penting Rutin Bersihkan Cache-Cookies di Gawai Android Plus Cara untuk Membersihkannya

 

1. ipty.de/av

Software ini namanya agak sulit dibaca, tetapi yang penting kita tau fungsinya lah ya hehe. ipty.de/av rutin memberikan informasi penting mengenai website yang baru saja kamu buka atau link yang bakal kamu buka selanjutnya. Tampilannya yang sederhana dan enggak ribet, membuat kamu bisa lebih mudah mengoperasikannya. Bisa dibilang software ini cukup bisa diandalkan untuk membantumu menghindari jebakan batman.

 

2. Safe Preview – AdBlock

Safe Preview memberikan fitur klik kanan sebuah link untuk melihat seberapa aman link tersebut. Fitur yang paling hebat yang dihadirkan oleh Safe Preview adalah tab yang diberi nama is it safe?Melalui tab tersebut, software ini akan memberikan hasil pengecekan keamanan link dari berbagai perangkat antivirus seperti Avast, Dr.Web, McAfee, hingga Norton. Selain itu, Safe Preview juga memasang tambol khusus di sebelah pencarian Google yang memungkinkanmu untuk tahu link yang akan dibuka aman atau enggak.

CTABARU2

Mobile Site CTA

3. Dr.Web

Perangkat ini bisa kamu aktifkan di browser Google Chrome dan Mozilla Firefox. Extension bisa dengan mudah memberikanmu notifikasi menganai keamanan link yang hendak dibuka. Biasanya akan ada penjelasan link apa yang bisa dikatakan bersih dan aman dari gangguan virus. Kalau kamu sudah memasang perangkat ini di browser, selanjutnya akan ada pemberitahuan mengenai keamanan link, dengan melakukan klik pada tombol Check with Dr.Web. Kamudian akan muncul halaman Popup dengan informasi lengkapnya.

 

4. Secure Browsing

Secure Brwosing bisa dibilang sebagai salah satu software yang paling powerfull. Setiap kali perangkat ini terpasang di browser, maka enggak lama setelah itu kamu akan menerima informasi detail mengenai keamanan semua elemen yang ada dalam website. Bayangkan kamu bisa mengetahui keamanan link, keamanan file-file yang diunduh, bahkan kamu bisa tahu sebuah foto yang ada aman atau enggak jika dibuka. Secure Browsing bekerjasama dengan perangkat antivirus populer seperti VirusTotal, Avira, BitDefender, Comodo Inspector, dan lain sebagainya.

 

5. VirusTotal chromizer

Layanan berikutnya ada VirusTotal chromizer. Perangkat ini enggak kalah canggih dengan perangkat keamanan lainnya. Dengan software ini, kamu akan disuguhkan berbagai fitur yang sayang banget buat kamu lewatkan. Datebase perangkat ini cukup kuat, VirusTotal akan melakukan pemeriksaan terhadap link, file, hash, hingga alamat IP. Layanan yang diberikan juga membuatkan halaman khusus untuk mengetahui informasi keamanan link, bahkan kamu juga bisa tahu informasi terkait halaman lain yang dicurigai mengandung jebakan batman.


Nah, teknologi canggih enggak terlepas dari berbagai risiko. Namun, ia juga menghadirkan perangkat canggih yang bisa mengatasi berbagai ancaman.  

Artikel terkait: Belum lama beli mobil. Ini dia beberapa cara maintenance-nya.

  1. 5 Tips Mudah Merawat Cat Mobil Agar Lebih Awet dan Tetap Kinclong
  2. 7 Alasan Penting untuk Mempunyai Kamera Dashboard Mobil
  3. Semua Hal tentang Asuransi untuk Mobil Bekas yang Wajib Kamu Tahu

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett