Beranda > Gaya Hidup > 5 Pos Keuangan yang Wajib Disiapkan Ibu Hamil

5 Pos Keuangan yang Wajib Disiapkan Ibu Hamil

5 Pos Keuangan yang Wajib Disiapkan Ibu Hamilwatermark

TUNAIKU.COM – Hamil adalah salah satu momen paling menyenangkan bagi wanita. Selain kamu bisa merasakan gimana serunya mengandung dan punya anak, di momen ini biasanya kamu juga bakal dimanja suami dan keluarga.

Tapi, tahukah kamu bahwa ibu hamil itu ternyata butuh banyak pengeluaran? Vaksin, check up kandungan, USG, hingga belanja keperluan bayi merupakan pengeluaran yang nggak bisa dilewatkan. Tanpa persiapan dan kepiawaian mengelola keuangan, bukan nggak mungkin kamu akan kewalahan lho. Untuk itu, artikel ini akan membantumu dengan mengulas 5 pos keuangan yang wajib disiapkan ibu hamil!

Pos #1 – Biaya perawatan ibu hamil

Bagi ibu hamil, pos keuangan pertama yang harus disiapkan adalah untuk biaya perawatan kehamilan. Pos biaya ini dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan seperti tes berbagai jenis vaksin, check up dokter kandungan secara berkala, dan USG. Kebutuhan itu bisa digolongkan sebagai kebutuhan perawatan yang utama, sedangkan masih ada juga lho kebutuhan perawatan tambahan. Beberapa yang juga diperlukan ibu hamil adalah suplemen, nutrisi, senam hamil, atau pijat kehamilan.

Pos 2# – Biaya untuk keperluan bayi

Selain dana untuk perawatan ibu hamil, pos lain juga wajib disiapkan untuk memenuhi biaya keperluan bayi. Bagaimana pun, kamu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anakmu, kan? Keperluan seperti box bayi, baju, aksesoris, selimut, stroller, mainan, hingga bedak atau minyak telon adalah yang dibutuhkan. Meski kelihatannya sepele, kebutuhan-kebutuhan ini bakal lumayan menguras kantongmu, lho. Tapi asalkan sudah menyiapkan pos keuangan secara khusus, kamu nggak perlu khawatir kehabisan uang.

Pos 3# – Biaya persiapan kelahiran

Satu dari 5 pos keuangan yang wajib disiapkan ibu hamil ini juga nggak kalah pentingnya. Menjelang kelahiran jabang bayi, ibu hamil mungkin akan membutuhkan biaya khusus. Biaya yang disediakan misalnya untuk menginap di rumah sakit dan biaya konsultasi dengan dokter kandungan menjelang kelahiran. Biaya yang harus disiapkan tentu sangat beragam, tergantung rumah sakit dan dokter yang kamu pilih, serta berapa lama waktu yang dibutuhkan sebelum kelahiran.

Pos 4# – Biaya melahirkan

Biaya untuk melahirkan jelas butuh pos keuangan khusus. Seperti diketahui, saat ini biaya kelahiran bayi terbilang tinggi khususnya bagi kamu yang menjalani operasi caesar. Biaya melahirkan biasanya juga akan membengkak apabila kamu ingin menjajal model persalinan yang baru misalnya dengan waterbirth. Untuk persalinan normal hanya akan membutuhkan waktu 2 sampai 3 hari di rumah sakit, sedangkan kamu yang menjalani caesar umumnya butuh waktu antara 4 sampai 5 hari di rumah sakit.

Pos 5# – Biaya pasca melahirkan

Setelah melahirkan, bukan berarti kebutuhanmu dan bayimu selesai. Untuk itu kamu juga harus menyiapkan pos keuangan untuk biaya pasca melahirkan. Pasalnya, bayi juga perlu diperiksa secara rutin dan mendapatkan asupan gizi serta vitamin yang cukup. Bayi juga membutuhkan berbagai jenis vaksinasi seperti BCG, Hepatitis B, Polio, DPT, HB, HIB, dan Campak. Selain itu, penting juga memiliki pos keuangan khusus untuk mencukupi kebutuhan makanan sehat untuk ibu yang menyusui.

Itu tadi 5 pos keuangan yang wajib disiapkan ibu hamil. Bagi kamu yang sedang menjalani program kehamilan, sebaiknya mulai siapkan pos-pos keuanganmu mulai sekarang, ya. Jangan sampai saat hamil nanti, kamu kewalahan untuk memenuhi semua kebutuhan-kebutuhan itu. Selamat mencoba, ya!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett