Beranda > Gaya Hidup > 5 Cara Sederhana Untuk Hidup Sehat

5 Cara Sederhana Untuk Hidup Sehat

5 Cara Sederhana Untuk Hidup Sehatwatermark

TUNAIKU.COM – Kesehatan jadi hal penting yang harus diperhatikan. Tanpa tubuh dan pikiran yang sehat, mustahil kamu bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar. Pergi kuliah, bekerja, atau menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, semua dapat diselesaikan asalkan kondisi tubuhmu prima.

Lantaran pentingnya kesehatan, banyak orang sengaja melakukan berbagai cara agar tubuh tetap sehat. Ada yang memilih rajin pergi ke gym, sewa personal trainer, hingga langganan katering diet. Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya ada cara sederhana untuk hidup sehat?

Lebih banyak minum air putih daripada yang berwarna

Untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satu caranya adalah dengan memperbanyak minum air putih. Setidaknya tubuh membutuhkan air putih sebanyak 8 sampai 10 gelas air per harinya. Hal ini penting agar tubuh tidak kekurangan cairan atau dehidrasi. Selain itu, konsumsi air yang cukup akan membuat kulit tubuh lebih kencang dan kerja aliran darah ke otak pun menjadi lebih lancar.

Perbanyak jalan kaki setiap hari

Selain konsumsi air putih, cara sederhana untuk hidup sehat dapat dilakukan dengan perbanyak jalan kaki. Misalnya kamu bisa membiasakan untuk naik angkutan umum setiap pulang pergi kerja, sehingga mau tak mau kamu harus jalan kaki juga. Selain itu, kamu bisa membiasakan diri untuk tidak manja kalau hanya jalan kaki ke warung atau minimarket di dekat rumah. Dengan terbiasa jalan kaki, tubuhmu akan lebih sehat dan bugar.

Jangan malas naik turun tangga

Mulai sekarang sebaiknya kamu membiasakan diri untuk naik turun dengan tangga. Jangan manja dengan memilih eskalator atau lift, karena naik turun tangga justru akan membuat tubuh lebih sehat. Jika dilakukan dengan rutin, kebiasaan naik turun tangga ini dapat menurunkan berat badan, tekanan darah, kadar kolesterol jahat dalam tubuh, hingga mencegah enyakit berbahaya seperti serangan jantung dan stroke.

Perbanyak makan buah dan sayur

Menjaga kesehatan tubuh berarti menjaga pola makan. Data WHO menyebutkan bahwa 63% kematian manusia di dunia disebabkan karena pola makan yang tidak sehat. Makanan berlemak dan tinggi gula adalah contohnya. Untuk itu sebaiknya kamu membiasakan diri untuk memperbanyak asupan buah dan sayur. Toh selain sehat, konsumsi buah dan sayur bisa jadi menghemat pengeluaranmu.

Jangan korupsi waktu istirahatmu

Meski sering disepelekan, perkara waktu istirahat sebenarnya sangat penting. Kebanyakan dari kamu mungkin lebih suka mengurangi waktu istirahat untuk menyelesaikan pekerjaan atau nongkrong dan begadang. Padahal, hal seperti ini jelas tidak baik untuk kesehatanmu. Bagaimana pun tubuh butuh istirahat yang cukup. Waktu 6 sampai 8 jam wajib kamu sediakan agar tubuhmu bisa beristirahat dan tetap sehat.

Nah, itu tadi 5 cara sederhana untuk hidup sehat yang bisa kamu praktikkan. Setidaknya dengan mulai menjalani hidup sehat, kamu bisa menjaga tubuh tetap sehat dan tidak sakit-sakitan. Dengan begitu kamu pun bisa menjaga pos dana kesehatanmu tetap utuh, dan kamu pun bisa memanfaatkannya untuk keperluan yang lain.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett